Sukses

Manfaat Berpikir Positif untuk Kesehatan Tubuh dan Mental

Berpikir positif akan mendatangkan banyak kebaikan untuk kesehatan tubuh sekaligus mental Anda. Apa saja manfaatnya?

Klikdokter.com, Jakarta Bisakah manusia dilatih untuk berpikir positif? Mungkin Anda sudah mengetahui satu-dua hal mengenai konsep “the power of positive thinking”. Percaya atau tidak, banyak dari masalah yang terjadi disebabkan oleh pikiran, bukan tubuh. Karena itu, belajar mengadopsi pandangan hidup yang lebih sehat dan konstruktif akan sangat memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh dan mental seseorang.

Bila dikaji berdasarkan aspek sosial, berpikir positif dapat menghindarkan dari berbagai masalah. Misalnya, saat Anda berusaha untuk lebih sabar dalam menghadapi sesuatu, kebiasaan berpikir positif dapat menyelamatkan diri untuk tidak terpancing emosi dan mungkin beradu mulut dengan orang lain.

Sementara itu, memiliki pikiran yang negatif dapat membuat Anda cenderung terburu-buru dalam mengambil keputusan. Namun jika seseorang mendahulukan pikiran positif, ia akan lebih terbuka dan fleksibel dalam menghadapi masalah.

Tak heran jika pikiran positif dapat membuat Anda lebih matang dalam mengambil keputusan. Jauh di balik manfaatnya secara sosial, berpikir positif dipercaya dapat memberikan kebaikan bagi kesehatan tubuh dan mental Anda. Dilansir Verywell Mind dan Liputan6, ini fakta-fakta medisnya:

  1. Meningkatkan sistem imun tubuh

Beberapa tahun terakhir, para peneliti meyakini bahwa pikiran Anda dapat memiliki efek yang kuat pada tubuh. Sebuah studi menemukan bahwa aktivasi di area otak yang terkait dengan emosi negatif dapat menyebabkan respons sistem kekebalan lebih lemah terhadap vaksin flu. Sementara itu, riset lainnya menyebutkan bahwa orang-orang yang optimis memiliki daya tahan tubuh kuat.

Saat seseorang bahagia dan optimis, hormon oksitosin, yang sering disebut dengan hormon cinta, akan bekerja ke seluruh tubuh. Ia juga memengaruhi kondisi tubuh lainnya, khususnya meningkatkan sistem imun.

  1. Mencegah sederet penyakit

The Mayo Clinic melaporkan sejumlah manfaat kesehatan terkait berpikir positif, seperti menurunnya risiko kematian akibat masalah kardiovaskular, risiko depresi yang berkurang, dan meningkatnya angka harapan hidup.

Sementara itu, beberapa peneliti lain menyebut bahwa orang-orang yang berpikir positif dapat menjalani gaya hidup yang lebih sehat. Dengan mengatasi stres lebih baik, hal itu dapat meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan mereka.

  1. Menciptakan kepribadian yang lebih tangguh

Ketika berhadapan dengan tantangan, orang dengan pikiran positif biasanya lebih berfokus untuk memperbaiki masalah. Daripada menyerah, mereka yang berpikir positif dapat berusaha semaksimal mungkin untuk berusaha terlebih dahulu.

Dengan memelihara emosi positif, seseorang dapat memetik manfaat jangka pendek dan jangka panjang, termasuk mengelola tingkat stres, mengurangi depresi, dan melakukan perencanaan yang matang untuk masa depan.

  1. Kecil peluangnya terkena stroke

Hidup dengan optimis memperlambat munculnya plak pada arteri Anda. Perlu diketahui bahwa plak ini merupakan salah satu penyebab munculnya penyakit stroke. Hasil penelitian terbaru dari University of Michigan menemukan bahwa Anda yang terbiasa berpikir positif dalam hidup memiliki risiko stroke yang lebih rendah.

  1. Meredam stres lebih baik

Pikiran positif dapat membuat seseorang lebih tenang saat ditimpa masalah. Ketimbang memikirkan hal-hal yang tidak penting, mereka akan menyusun rencana tanpa mesti berlarut-larut dalam tekanan.

Orang pesimis, di sisi lain, menganggap bahwa situasi yang dihadapi berada di luar kendali mereka dan tidak ada yang dapat dilakukan untuk mengubahnya. Hal ini berujung pada stres tak berkesudahan.

Percayalah bahwa berpikir positif akan membuat hidup Anda lebih mudah sekaligus lebih sehat, dari sisi kesehatan tubuh maupun kesehatan mental. Anda dapat melatih otak Anda untuk selalu optimis, misal dengan hal sesederhana tertawa, mengucap syukur, atau olahraga. Yuk, biasakan diri untuk berpikir positif dari sekarang!

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar