Sukses

5 Pelajaran Sekolah Ini Bisa Bikin Anak Makin Sehat

Tak sekadar mengejar nilai akademik yang baik, sekolah juga memiliki mata pelajaran yang bisa bikin anak makin sehat.

Klikdokter.com, Jakarta Apa tujuan Anda menyekolahkan anak? Apakah untuk pintar, cerdas, dan punya masa depan cemerlang? Ya, sekolah memang bisa menuntun anak untuk meraih hal-hal tersebut. Tapi lebih dari itu, sekolah ternyata juga memiliki pelajaran yang bisa membuat anak makin sehat, fisik maupun mental.

Hari Guru Nasional yang jatuh pada 25 November lalu, tampaknya bisa membangun kesadaran bahwa para guru ternyata tidak hanya bisa membangun generasi yang cerdas. Selain memotivasi murid untuk berprestasi dalam bidang akademik, guru juga bisa menginspirasi anak-anak didik untuk bisa terus menjaga kesehatan mereka. Salah satu caranya adalah dengan mengajarkan sejumlah mata pelajaran yang membangun kesadaran anak akan kesehatan, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Pejalaran untuk tubuh lebih sehat

Beragam manfaat sehat bisa didapatkan dengan berbagai cara, termasuk melalui pelajaran yang didapatkan di sekolah. Berikut adalah beberapa pelajaran di sekolah dan beragam manfaat sehatnya untuk anak:

1. Matematika

Meski terdiri dari banyak angka dan rumus, matematika ternyata juga berperan dalam menunjang kesehatan tubuh anak. Menurut dr. Karin Wiradarma dari KlikDokter, matematika bisa membantu anak berpikir dengan cara yang kreatif untuk memecahkan masalah.

"Matematika bisa digunakan untuk menyelesaikan masalah kehidupan sehari-hari. Mulai dari yang sederhana seperti memasak dan berbelanja, hingga yang rumit dan menyangkut profesi seperti teknik dan finansial,” kata dr. Karin.

Matematika, lanjut dr. Karin, dapat mengasah kemampuan penalaran dan analisis anak. Hal ini tentunya dibutuhkan di berbagai bidang pekerjaan yang akan anak lakukan ketika dewasa kelak.

2. Pramuka

Dalam pramuka, terdapat banyak jenis aktivitas yang mendidik anak untuk hidup lebih disiplin. Misalnya, memecahkan sandi, menjelajah alam, baris-berbaris, dan sebagainya.

"Kegiatan-kegiatan pada pramuka bermanfaat untuk perkembangan fisik maupun mental pada anak dan remaja. Itu karena pramuka banyak melibatkan aktivitas yang memerlukan daya ingat, daya pikir, serta penentuan strategi," ujar dr. Nitish Basant Adnani dari KlikDokter.

3. Biologi

Pelajaran ini mengajak anak untuk belajar tentang alam, tubuh manusia, lingkungan, dan kesehatan. "Pelajaran biologi bisa membuat anak paham hidup sehat, karena belajar tentang alam, rumah, manusia, dan lingkungan,” kata dr. Fiona Amelia dari KlikDokter.

Menurut dr. Fiona, lewat pelajaran ini, anak bisa tahu tentang kuman-kuman penyebab penyakit, bagaimana pencegahannya, dan bagaimana penyembuhannya. Selain itu, dalam biologi, anak juga belajar tentang tubuh secara umum dan fungsi-fungsinya. “Hal ini membuat anak bisa menjaga kondisi tubuhnya dengan lebih baik lagi," tambah dr. Fiona.

4. Penjaskes

Di saat pelajaran penjaskes alias pendidikan jasmani dan kesehatan, anak akan diminta untuk melakukan beragam aktivitas fisik. Hal ini tentu saja bisa membuat tubuh anak lebih sehat, baik dari luar maupun dalam. Penelitian menunjukkan, aktivitas fisik atau olahraga yang dilakukan secara rutin setidaknya 30 menit dalam sehari mampu menunjang kesehatan jantung dan otak.

5. Ilmu sosial

Ilmu sosial meliputi pejalaran sejarah, sosiologi, geografi, dan lainnya. Secara garis besar, kesemua pelajaran yang termasuk ilmu sosial biasanya berkaitan dengan hubungan antar sesama manusia. Dalam hal ini, menurut dr. Fiona, anak bisa mendapatkan manfaat sehat secara emosi lewat tumbuhnnya sifat simpati dan empati.

Itulah beberapa pelajaran di sekolah yang bisa membuat anak makin sehat, baik secara fisik maupun mental. Sebagai orang tua, berikan dukungan penuh pada si Kecil, agar apa yang dipelajarinya di sekolah bisa terserap dan diaplikasikan sempurna dalam kehidupan sehari-hari.

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar