Sehat dan Bugar

Manfaat Sehat Aktivitas Wall Climbing

dr. Valda Garcia, 16 Des 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Siapa bilang wall climbing hanya untuk mereka yang pro? Pemula juga bisa mendapatkan manfaat dari olahraga ini!

Manfaat Sehat Aktivitas Wall Climbing

Wall climbing mungkin masih terbilang asing di kalangan masyarakat, karena termasuk kelompok olahraga ekstrem. Kendati begitu, kini olahraga ini mulai banyak dilirik. Bahkan, tidak sedikit sarana olahraga umum yang menawarkan fasilitas wall climbing.

Pada olahraga wall climbing, orang harus memanjat sebuah dinding yang didesain sedemikian rupa menyerupai tebing berbatu. Dinding yang digunakan dilengkapi dengan bebatuan buatan untuk pijakan kaki dan tangan.

Wall climbing punya banyak manfaat karena termasuk olahraga yang melatih hampir seluruh koordinasi tubuh sekaligus.

Baik seorang pro ataupun pemula, semua bisa mendapatkan manfaat kesehatan dan kebugaran dari wall climbing. Tak terbatas hanya untuk kesehatan fisik, tetapi juga untuk kesehatan mental dan kemampuan otak.

Berikut adalah manfaat olahraga wall climbing yang sayang untuk dilewatkan:

1. Melatih Kekuatan Otot

Ketika melakukan aktivitas wall climbing, seluruh bagian otot tubuh akan bekerja untuk menjaga tubuh bertahan pada tumpuan dan tidak jatuh. Inilah mengapa wall climbing bermanfaat untuk melatih seluruh kekuatan otot Anda.

2. Melatih Koordinasi

Seperti yang telah disebutkan, wall climbing merupakan olahraga yang dapat melatih kekuatan otot. Selain itu, koordinasi berbagai kelompok otot sekaligus juga dilatih.

Saat memanjat dinding, Anda akan menggunakan dan melatih otot-otot di area perut, punggung, pundak, lengan atas dan bawah, paha, betis, bokong, bahkan jari-jari tangan dan kaki. Ketika melangkah, koordinasi tubuh sangat penting untuk menjaga keseimbangan.

3. Menyehatkan Jantung

Tahukah Anda, melakukan wall climb juga serupa dengan latihan kardio? Olahraga yang satu ini dapat meningkatkan frekuensi detak jantung Anda, seperti kardio. 

Karena itu, wall climbing bisa menjadi salah satu pilihan olahraga untuk menguatkan jantung dan pembuluh darah.

Artikel Lainnya: Tak Semua Olahraga Cocok untuk Anda, Ini Tandanya!

4. Membakar Kalori

Studi menyatakan bahwa wall climbing dapat membakar energi setara dengan latihan naik turun tangga dan joging. 

Disebut bahwa wall climbing bisa membakar kalori sebanding dengan berlari selama 8-11 menit. 

5. Kombinasi Kardio dan Angkat Beban

Dengan olahraga wall climbing, Anda bisa mendapatkan manfaat tidak hanya kardio, tetapi juga latihan beban sekaligus. Namun, tidak perlu khawatir akan beban yang berlebih karena yang Anda lawan adalah beban tubuh sendiri.

Artikel Lainnya: Efek Mendengarkan Musik Upbeat Saat Olahraga

6. Menurunkan Risiko Penyakit Kronis

Dengan melatih otot dan jantung, olahraga ini baik untuk membantu menurunkan risiko berbagai penyakit metabolik dan penyakit kronis. Sebut saja penyakit jantung, hipertensi atau tekanan darah tinggi, dan kolesterol.

7. Baik untuk Mental

Sebagai sebuah olahraga yang kompleks, wall climbing tak hanya menuntut kekuatan fisik, tetapi juga kesehatan mental dan kerja otak yang baik.

Saat melakukan wall climbing, Anda akan dituntut untuk menggunakan dan melatih kemampuan pengambilan keputusan atau judgment, kemampuan pemecahan masalah, serta koordinasi mata dan otot.

Saat melakukan olahraga ini, Anda juga akan melatih kemampuan visuo spasial, yaitu kemampuan memperkirakan jarak dan ruang yang akan melatih kemampuan otak. 

Selain itu, wall climbing akan mengajari Anda bagaimana mengalahkan rasa takut, menjadi pribadi yang lebih percaya diri, dan tak mudah putus asa. Aktivitas fisik ini juga dapat membantu menekan level stres akibat adanya produksi norepinefrin.

Bagi Anda yang ingin merasakan manfaat dari wall climbing untuk kebugaran jasmani, jangan ragu untuk mencoba.

Pastikan Anda mengunjungi fasilitas wall climbing yang sudah memenuhi standar, terutama terkait standar pengamanan seperti penggunaan tali dan harness. Jangan lupa juga untuk melakukan pemanasan sebelum melakukan wall climb

Dapatkan informasi menarik lain seputar gaya hidup sehat dengan membaca artikel di aplikasi KlikDokter.

[WA]

Olahragawall climbing

Konsultasi Dokter Terkait