Sukses

Manfaat Sehat Aktivitas Wall Climbing

Siapa bilang wall climbing hanya untuk mereka yang pro? Pemula juga bisa mendapatkan manfaat dari olahraga ini!

Klikdokter.com, Jakarta Wall climbing mungkin masih terbilang asing di kalangan masyarakat karena termasuk kelompok olahraga ekstrem. Padahal, olahraga ini mulai banyak digemari sejak masuk menjadi salah satu nomor cabang olahraga yang dilombakan di Asean Games 2018 lalu. Ditambah dengan banyaknya prestasi yang diraih Indonesia di nomor olahraga ini.

Pada olahraga wall climbing, orang harus memanjat sebuah dinding yang didesain sedemikian rupa untuk menyerupai tebing berbatu. Dinding yang digunakan dilengkapi dengan bebatuan buatan untuk pijakan kaki dan tangan, sehingga wall climbing merupakan sebuah olahraga yang melatih hampir seluruh koordinasi tubuh sekaligus.

Dulu, wall climbing merupakan olahraga yang hanya bisa dilakukan beberapa orang. Salah satunya dikarenakan fasilitas dinding yang belum banyak tersedia untuk publik. Namun kini, siapa pun bisa mencoba wall climbing dengan semakin menjamurnya fasilitas olahraga ini di mana-mana.

Baik seorang pro ataupun pemula, semua bisa mendapatkan manfaat dari wall climbing untuk kesehatan dan kebugaran. Manfaat olahraga ini pun tak terbatas bagi kesehatan fisik saja tetapi juga kesehatan mental dan kemampuan otak.

Wall climbing sebagai 'total body workout'

Seperti yang tadi telah disebutkan, olahraga wall climbing merupakan olahraga yang dapat melatih kekuatan dan koordinasi berbagai kelompok otot sekaligus. Saat memanjat dinding, Anda akan menggunakan dan melatih otot-otot di area perut, punggung, pundak, lengan atas dan bawah, paha, betis, bokong, bahkan jari-jari tangan dan kaki.

Tak hanya melatih otot, olahraga wall climbing juga memberikan manfaat serupa latihan kardio. Wall climbing akan meningkatkan frekuensi detak jantung dan membakar kalori setara dengan berlari selama 8-11 menit. Studi juga menyatakan bahwa wall climbing dapat membakar energi setara dengan latihan naik turun tangga dan joging.

Dengan olahraga wall climbing, Anda bisa mendapatkan manfaat latihan beban dan kardio sekaligus. Dengan begitu, olahraga ini baik untuk membantu menurunkan risiko berbagai penyakit metabolik dan penyakit kronis. Sebut saja penyakit jantung, hipertensi atau tekanan darah tinggi, dan kolesterol.

Melatih otak dengan wall climbing

Sebagai sebuah olahraga yang kompleks, wall climbing tak hanya menuntut kekuatan fisik tetapi juga kesehatan mental dan kerja otak yang baik. Saat melakukan wall climbing, Anda akan dituntut untuk menggunakan dan melatih kemampuan pengambilan keputusan atau judgment, kemampuan pemecahan masalah, serta koordinasi mata dan otot.

Saat melakukan olahraga ini, Anda juga akan melatih kemampuan visuo spasial, yaitu kemampuan memperkirakan jarak dan ruang yang akan melatih kemampuan otak. Selain itu, wall climbing juga akan mengajari Anda bagaimana mengalahkan rasa takut, menjadi pribadi yang lebih percaya diri, dan tak mudah putus asa. Aktivitas fisik ini juga dapat membantu menekan level stres akibat adanya produksi norepinefrin.

Bagi Anda yang belum pernah mencoba dan penasaran ingin merasakan manfaat sehat dari olahraga wall climbing, jangan ragu untuk mencoba. Pastikan Anda mengunjungi fasilitas wall climbing yang sudah memenuhi standar, terutama terkait standar pengamanan seperti penggunaan tali dan harness. Jangan lupa juga untuk melakukan pemanasan sebelum melakukan wall climbing, selamat mencoba!

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar