Sukses

Singkirkan Lemak Pinggang dengan Makanan Ini

Lemak pinggang mengganggu penampilan atau aktivitas Anda sehari-hari? Singkirkan dengan konsumsi makanan ini!

Klikdokter.com, Jakarta Ketika Anda mengonsumsi makanan terlalu banyak, lama-kelamaan lemak bisa menumpuk di bagian pinggang. Ya, lemak pinggang yang membuat penampilan seseorang seperti sedang menggunakan tas pinggang.

Menurut dr. Alberta Jesslyn Gunardi dari KlikDokter, lemak yang menumpuk di pinggang memang sangat mengganggu. Selain membahayakan kesehatan, lemak pinggang juga dapat memengaruhi penampilan dan menurunkan kepercayaan diri.

“Ada dua jenis lemak, yakni lemak subkutan dan viseral. Lemak subkutan terdapat di bawah kulit dan dapat terlihat saat Anda mencubit kulit. Sedangkan lemak viseral terdapat di antara organ dalam ruang perut Anda. Lemak yang berlebihan pada tubuh akan menumpuk di sekitar pinggang dan perut, sehingga menyebabkan perut buncit,” ujar dr. Jesslyn.

Tips singkirkan lemak pinggang

Penyebab lemak pinggang yang paling utama adalah kebiasaan makan yang tidak tepat. Karenanya, cara efektif memangkas lemak tersebut adalah mengontrol pola makan dan jenis makanan yang dikonsumsi sehari-hari.

Adapun beberapa makanan yang bisa Anda jadikan sebagai pilihan sehari-hari, karena dapat membantu memangkas lemak di pinggang. Makanan tersebut, di antaranya:

  1. Oat dan kacang

Mengurangi lemak pinggang dapat dilakukan dengan meningkatkan jumlah serat larut yang Anda konsumsi. Makanan yang kaya serat larut, termasuk oat dan kacang-kacangan.

Targetkan sebanyak 25–35 gram serat per hari, terutama jika Anda adalah penderita diabetes. Serat larut melakukan pekerjaan yang jauh lebih baik dalam membantu sistem pencernaan, juga dalam hal mengatur kadar gula darah di dalam tubuh.

  1. Pisang

Pisang adalah sumber gizi yang baik, karena potasium dalam pisang terbukti dapat membantu “menyiram” cairan ekstra dari sistem tubuh. Maksudnya, jika Anda memasukkan terlalu banyak lemak pada tubuh karena sering makan asin, makanan tinggi potasium seperti pisang dapat membantu menyingkirkan lemak tersebut.

  1. Semangka

Layaknya pisang, semangka juga tergolong sebagai buah yang tinggi potasium. Sebuah penelitian dari University of Kentucky menemukan bahwa minum jus semangka tanpa tambahan apa pun dapat menurunkan kadar lemak dan kolesterol jahat dari dalam tubuh.

  1. Probiotik

Probiotik adalah bakteri baik yang dapat membantu menyehatkan sistem pencernaan. Para peneliti dari University of Manitoba di Kanada mengungkap, orang-orang yang mengonsumsi yoghurt probiotik secara rutin dan teratur memiliki kesempatan untuk menghilangkan 3–4 persen lemak tubuh, termasuk di pinggang.

  1. Timun

Timun tinggi akan kandungan air dan rendah kalori. Itu membuatnya menjadi makanan yang baik untuk menyingkirkan lemak pinggang. Ditambah, timun kaya akan serat larut yang sanggup mengisi perut dan membuat Anda kenyang lebih lama.

  1. Pepaya

Pepaya layak ditambahkan sebagai menu jika Anda ingin memangkas lemak pinggang. Hal ini karena pepaya mengandung banyak enzim proteolitik yang membuat pencernaan lebih mudah dan merupakan sumber serat, vitamin A maupun vitamin C yang bahkan lebih banyak dari jeruk.

  1. Cokelat hitam

Cokelat hitam mengandung lebih dari 60 persen kakao yang memiliki antioksidan tinggi. Makanan ini dapat mengurangi peradangan dan mengekang hasrat Anda untuk mengonsumsi makanan manis.

Sebuah studi yang dilakukan Universitas San Diego menemukan bahwa orang yang makan cokelat hitam secara teratur memiliki Indeks Massa Tubuh (IMT) yang lebih stabil ketimbang yang orang tidak makan cokelat sama sekali.

Pastikan Anda mengonsumsi makanan di atas sesuai porsi yang dianjurkan. Dampingi pula dengan berolahraga secara rutin dan teratur, agar efektivitasnya dalam menyingkirkan lemak pinggang bisa lebih optimal. Jadi, selamat mencoba!

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar