Sukses

5 Pembersih Wajah Alami yang Bisa Anda Buat di Rumah

Ingin punya pembersih wajah tanpa bahan dasar kimia? Bisa! Coba saja buat lima pembersih alami ini di rumah. Mudah, kok.

Klikdokter.com, Jakarta Seharian mengenakan riasan wajah dan beraktivitas di luar rumah dan terkena polusi udara, tentu membuat wajah Anda ditumpuki banyak kotoran penyebab kulit kusam serta jerawat. Oleh sebab itu, ritual membersihkan wajah amat penting untuk Anda lakukan. Anda bisa memakai micellar water, susu pembersih dan toner-nya, hingga facial foam.

Namun demikian, hampir semua pembersih wajah terbuat dari bahan kimia. Mungkin pernah terlintas dalam benak Anda untuk menggunakan pembersih wajah yang terbuat dari bahan alami.

Kalau Anda ingin sesekali membersihkan wajah dengan bahan alami yang murah meriah, beberapa benda ini dapat Anda pakai. Penasaran apa saja bahan alami yang bisa dijadikan ramuan pembersih wajah? Dilansir dari Reader’s Digest, simak penjelasannya di bawah ini.

1. Minyak kelapa sebagai pembersih wajah alami

Bahan dan metode alami ini sangat cocok untuk tipe kulit kering dan tidak direkomendasikan untuk kulit berminyak yang mudah jerawatan. Biasanya, di pengujung hari, wajah sudah tampak kusam. Nah untuk Anda yang berwajah kering, kembalikan kecerahan kulit dengan cara:

  • Pijat minyak kelapa pada kulit wajah secara menyeluruh selama 30 detik.
  • Setelah itu, tempelkan handuk hangat pada wajah selama 15-30 detik untuk membuka pori-pori. Lalu, angkat minyak di wajah secara perlahan (ditepuk-tepuk bukan dilap secara kasar). Dengan begitu, kulit Anda yang kering dan kusam itu menjadi lebih lembap dan cerah seketika.

2. Cuka apel sebagai pembersih wajah alami

Jika minyak kelapa tidak cocok untuk kulit berminyak dan mudah berjerawat, beda halnya dengan ramuan cuka apel. Pasalnya, cuka apel dapat membantu memulihkan tingkat pH kulit untuk membantu meredakan jerawat, mencegah pori-pori tersumbat, dan membawa kondisi kulit ke kondisi normal (pH 5.5, tidak terlalu berminyak dan tidak terlalu kering). Cara mengaplikasikannya adalah sebagai berikut:

  • Campurkan cuka apel secukupnya dengan air, lalu kocok.
  • Lalu, tuangkan campuran tersebut ke kapas dan jadikanlah sebagai toner untuk mengangkat sisa-sisa kotoran yang masih menempel di wajah.
  • Setelah kering, gunakan skin care harian Anda (pelembap ataupun krim lainnya).
1 dari 2 halaman

Selanjutnya

3. Yoghurt sebagai pembersih wajah alami  

Jika Anda sudah lama tidak melakukan perawatan kulit di pusat perawatan, membersihkan wajah dengan yoghurt bisa jadi alternatif. Sebab, yoghurt kaya akan protein serta asam laktat yang membantu proses detoksifikasi kulit. Yoghurt juga dapat menyingkirkan sel-sel kulit mati melalui pengelupasan kulit dan mengencangkan pori-pori. Kabar bahagianya, yoghurt boleh diterapkan untuk semua tipe kulit wajah, baik berminyak maupun kering. Adapun cara untuk mengaplikasikannya adalah:

  • Oleskan yoghurt ke wajah, lalu pijat menggunakan ujung jari ke seluruh area wajah.
  • Kemudian, diamkan hingga 5-10 menit.
  • Bilas dengan air hangat lalu keringkan dengan handuk bersih dengan cara ditepuk-tepuk.

4.  Minyak zaitun sebagai pembersih wajah alami

Sama seperti minyak kelapa, memanfaatkan minyak zaitun sebagai pembersih wajah hanya cocok untuk tipe kulit kering. Sebab, kandungan antioksidan dan lemak baiknya dapat membantu mengurangi radikal bebas. Selain itu, minyak zaitun juga dapat meredakan iritasi atau terbakarnya kulit karena sinar matahari. Untuk mengaplikasikan minyak zaitun, caranya adalah sebagai berikut.

  • Sediakan ½ cangkir minyak zaitun, ¼ cangkir vinegar (cuka), dan ¼ cangkir air matang.
  • Campur jadi satu dan jadikan ramuan ini sebagai pengganti krim malam atau toner Anda untuk memudarkan bintik-bintik hitam, membunuh bakteri, dan membuat kulit lebih halus.

5.  Madu dan Lemon sebagai pembersih wajah alami

Jika dicampurkan, keduanya akan menjadi pembersih wajah alami yang sempurna. Sebab, madu dan lemon kaya akan antioksidan yang bisa menangkal bakteri penyebab jerawat dan memperlambat proses penuaan kulit. Apalagi, kandungan vitamin C pada lemon dapat mencerahkan kulit. Cara mengaplikasikan madu dan lemon menjadi pembersih wajah adalah sebagai berikut.

  • Campurkan 2 sendok teh madu dengan 1 sendok teh perasan air lemon.
  • Lalu oleskan ke wajah Anda. Biarkan ramuan tersebut bekerja dengan sendirinya menyerap segala “racun” yang membuat kulit wajah bermasalah.
  • Diamkan sejenak, lalu bilaslah dengan air hangat.

Itulah lima bahan pembersih wajah alami yang bisa Anda coba di rumah. Jika Anda mengaplikasikannya secara teratur, siapa tahu ramuan alami tersebut justru lebih bermanfaat ketimbang pembersih wajah berbahan kimia. Lagipula, bahan-bahan di atas sangat mudah dijumpai dan tanpa efek samping yang berbahaya. Meski demikian, Anda tetap harus jeli memperhatikan setiap ada gejala gangguan pada kulit, seperti gatal atau iritasi. Jika Anda mengalami gejala tersebut, segera periksa ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

[HNS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar