Sukses

7 Makanan Pembangkit Energi Ini Lebih Ampuh dari Kopi

Kopi memang ampuh untuk meningkatkan energi. Tapi sebenarnya, ada makanan lain yang bisa membuat Anda semangat seharian.

Klikdokter.com, Jakarta Kondisi tubuh kelelahan tentu sangat tidak mengenakkan, karena Anda jadi kehilangan energi untuk beraktivitas. Biasanya, meminum kopi ampuh untuk menyelamatkan hari Anda. Akan tetapi, ada beberapa makanan pembangkit energi yang ternyata bisa lebih baik dari kopi.

Tidur 7-8 jam sebenarnya adalah cara paling mudah agar energi Anda tetap terjaga seharian penuh. Akan tetapi, ada banyak faktor juga yang bisa membuat Anda justru merasa kelelahan meski sudah istirahat cukup.

Beberapa makanan tertentu juga bisa menjadi penyokong stamina. “Makanan adalah bahan bakar alami. Ketika Anda mengonsumsi makanan yang tepat dengan kombinasi yang tepat pula, ini benar-benar bisa mengisi tubuh Anda,” ujar ahli gizi Jenna A. Werner, R.D.

Dilansir Runner’s World, berikut ini deretan makanan yang bisa menjadi sumber energi untuk Anda selain kopi:

1. Alpukat

"Lemak dari alpukat bisa meningkatkan penyerapan nutrisi dalam makanan yang Anda konsumsi. Kandungan seratnya juga memperlambat kenaikan dan penurunan gula darah setelah makan. Hal ini membuat tingkat energi Anda lebih stabil,” kata Jessica Beacom, R.D., salah satu pendiri The Real Food Dietitians.

1 dari 3 halaman

Selanjutnya

2. Pisang

Dilengkapi dengan karbohidrat, potasium, dan nutrisi baik lainnya, pisang dapat dijadikan pilihan makanan sebelum berolahraga. Menurut Werner, kandungan-kandungan di dalam pisang mampu memberikan suntikan energi dengan cepat.  Potasium dalam pisang juga membantu Anda tetap terhidrasi. Sementara itu, kandungan fitokimia dalam pisang turut membantu pemulihan setelah olahraga.

3. Sayuran berdaun hijau

Menurut Beacom, sayuran berdaun hijau sangat bermanfaat untuk meningkatkan stamina. Ini karena sayuran berdaun hijau memiliki kalsium, serat, asam folat, magnesium, vitamin (A, C, E, K), dan besi yang bisa mencegah anemia. Perlu diketahui bahwa anemia merupakan penyebab utama kelelahan, terutama pada wanita.

4. Ubi jalar

Beacom menyebut ubi jalar sangat sempurna untuk menambah energi. “Ubi adalah sumber karbohidrat kompleks yang kaya energi dan tinggi serat yang bermanfaat untuk memperlambat laju pencernaan. Dengan begitu, energi dilepaskan dengan cara yang lambat dan stabil,” ujarnya.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

5. Dark chocolate

Meski terasa pahit, dark chocolate punya manfaat luar biasa untuk meningkatkan energi Anda. Dark chocolate adalah sumber kafein dan teobromine yang baik. Dua hal itu merupakan stimulan alami yang dapat membangkitkan energi dan suasana hati. "Di dalam dark chocolate juga ada antioksidan, yang dapat meningkatkan aliran darah serta oksigenasi otak dan otot," kata Beacom.

6. Buah bit

Bit mungkin masih terdengar asing di telinga Anda. Tapi buah yang berwarna merah keunguan ini manfaatnya sungguh luar biasa bagi tubuh. "Bit mengandung nitrat dan antioksidan alami yang bisa meningkatkan aliran darah serta oksigenasi otak dan otot Anda,” jelas Beacom.

7. Air putih

Percuma jika Anda sudah mengonsumsi makanan yang sudah disebutkan di atas tetapi malah kekurangan air putih. Air putih sangat bermanfaat bagi tubuh bila Anda meminumnya dengan cukup, yakni sehari minimal 2 liter. Kekurangan cairan dapat memicu dehidrasi, dan kondisi ini bisa membuat Anda lemas dan sulit berkonsentrasi.

Deretan makanan pembangkit energi tersebut bisa membantu menjaga ketahanan tubuh Anda. Tidak ada salahnya untuk mencoba, jadi Anda tidak melulu bergantung pada kopi. Selain itu, makan dengan benar, cukup tidur, dan cukup bergerak adalah tiga kunci untuk meningkatkan stamina tubuh.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar