Sukses

Manfaat Tai Chi untuk Penyakit Paru Obstruktif Kronis

Tak hanya baik untuk jantung, tai chi juga efektif untuk menunjang kesehatan penderita Penyakit Paru Obstruktif Kronis atau PPOK.

Klikdokter.com, Jakarta Tai chi merupakan jenis olahraga yang dituding sangat bermanfaat untuk menunjang kesehatan jantung. Selain itu, seni bela diri asal Negeri Tirai Bambu itu juga diyakini sebagai salah satu teknik pengobatan yang paling efektif untuk membantu meningkatkan kualitas hidup penderita penyakit paru obsruktif kronis atau PPOK.

Perlu Anda ketahui, PPOK adalah istilah kolektif yang digunakan untuk menggambarkan berbagai penyakit pernapasan, termasuk emfisema, bronkitis kronis, dan beberapa bentuk asma. Secara mengejutkan, 251 juta orang di seluruh dunia mengalami penyakit ini, dan 3,17 juta di antaranya mengalami kematian.

Sejauh ini belum ada obat yang benar-benar mampu menyembuhkan PPOK. Terapi yang ada biasanya hanya bertujuan untuk meringankan tingkat keparahan gejala sehingga kualitas hidup penderita bisa lebih terjaga.

Adapun beberapa terapi yang biasanya diberikan pada kasus PPOK, yaitu rehabilitasi paru yang meliputi perawatan teknik pernapasan, pola makan dan jenis olahraga yang bisa dilakukan. Salah satu teknik serupa rehabilitasi paru yang diduga bisa memberikan manfaat signifikan untuk PPOK adalah tai chi.

Manfaat tai chi untuk PPOK

Sebuah studi baru yang diterbitkan dalam jurnal Chest mengungkapkan bahwa tai chi bisa sama efektifnya dengan rehabilitasi untuk mengobati PPOK. Namun, tai chi dalam hal ini harus dilakukan dengan cara yang baik dan benar. Dengan kata lain, tai chi untuk mengatasi PPOK harus di bawah pengawasan ahli atau tenaga profesional terlatih.

Faktanya, tai chi telah terbukti memiliki banyak manfaat kesehatan. Seni bela diri yang berfokus pada teknik pernapasan ini tidak hanya meningkatkan keseimbangan dan fleksibilitas, tetapi juga membantu menurunkan tekanan darah serta meningkatkan kesehatan jantung. Dengan adanya manfaat tersebut, tim peneliti yang dipimpin oleh Prof. Yuan-Ming Luo dari Laboratorium State Key of Respiratory Disease di Guangzhou berhipotesis bahwa tai chi juga akan memberikan manfaat signifikan untuk memperbaiki kesehatan pernapasan.

"Kami menilai bahwa pasien yang mengalami PPOK bisa memiliki kualitas hidup yang lebih baik dengan melakukan tai chi,” ujar salah satu peneliti, Dr. Nan-Shan Zhong.

Dalam pengujian hipotesis tersebut, Prof. Luo dan rekan mengevaluasi efek tai chi pada 120 penderita PPOK yang tidak pernah menggunakan bronkodilator (obat pelega pernapasan di Tiongkok.

Setelah peserta mulai menggunakan indacaterol?obat yang biasa diresepkan untuk mengobati PPOK?mereka secara acak dibagi menjadi kelompok-kelompok yang menerima rehabilitasi paru tradisional atau pelatihan tai chi.

Peserta dalam kelompok tai chi diajarkan untuk melakukan 24 gaya Yang selama 5 jam setiap minggu untuk jangka waktu 12 minggu. Setelah jangka waktu tersebut terpenuhi, peserta diminta kembali untuk melanjutkan latihan selama 12 minggu.

1 dari 2 halaman

Alternatif terapi

Setelah jangka waktu yang ditentukan sudah selesai, tim peneliti mengevaluasi hasil dari dua pendekatan menggunakan Kuesioner Pernapasan Saint George (SGRQ). Untuk diketahui, kuesioner tersebut adalah alat standar yang digunakan untuk mengukur hasil kesehatan pada orang dengan penyakit pernapasan.

Setelah beberapa saat, Prof. Luo dan tim mendapatkan kesimpulan bahwa tai chi adalah alternatif terapi yang layak untuk rehabilitasi paru.

"Kami menyimpulkan bahwa tai chi setara dengan rehabilitasi paru dan dapat memberikan manfaat yang berkelanjutan untuk kasus PPOK," tegas Prof. Yuan-Ming Luo.

Seiring dengan temuan tersebut, peneliti penyakit pernapasan di National Institute for Health Research di Leicester Inggris, Michael I. Polkey, juga mengatakan bahwa tai chi adalah salah satu rekomendasi latihan yang baik untuk alternatif rehabilitasi paru.

"Kami mendorong penyedia rehabilitasi paru untuk mempertimbangkan tai chi sebagai terapi alternatif untuk pasien," pungkas Polkey.

Kesimpulannya, tai chi terbukti dapat memberikan manfaat yang besar untuk meningkatkan kualitas hidup penderita penyakit paru obstruktif kronis atau PPOK. Di luar itu, tai chi juga terbukti bermanfaat untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah jika dilakukan dengan tepat secara teratur.

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar