Sukses

Awas, Debu Kayu Bisa Picu Kanker Paru!

Beberapa orang percaya, salah satu bahaya debu kayu adalah kanker paru. Untuk tahu benar atau tidak terkait hal itu, mari ungkap di sini!

Bukan cuma bikin batuk atau kelilipan, bahaya debu kayu disebut-sebut sampai bisa menyebabkan kanker paru

Kalau benar bahaya debu kayu sampai bisa jadi penyebab kanker paru, maka, orang-orang yang bekerja di industri kayu, seperti pemahat patung, pekerja pabrik furnitur, dan pekerja konstruksi bangunan, patut waspada dengan kondisi ini. 

Pasalnya, serbuk kayu dari hasil proses pemotongan, penghalusan, pengukiran, atau penyerutan bisa masuk ke dalam hidung, lalu paru, dan dan menyebabkan penyakit kronis tersebut. 

Tapi, sebelum Anda benar-benar mempercayai kondisi ini, sebaiknya ketahui dulu bagaimana serbuk atau debu kayu bisa sampai jadi pemicu kanker paru. 

Artikel Lainnya: Benarkah Tanda Kanker Paru Dapat Dilihat dari Tes Jari?

1 dari 3 halaman

Bagaimana Debu Kayu Dapat Menyebabkan Kanker Paru?

Sebenarnya, ada banyak faktor risiko atau penyebab kanker paru, termasuk menghirup “sesuatu” selama orang itu bekerja. Ya, paparan bahan kimia dan zat berbahaya lainnya memang bertanggung jawab atas 27 persen kanker paru pada pria!

Menurut regulasi dari Control of Substances Hazardous to Health (COSHH), Inggris, nilai batas paparan debu kayu tidak boleh melampaui 5 mg/m3. Inilah nilai batas maksimal debu kayu dalam durasi 8 jam atau satu hari kerja

Jadi, jika Anda terpapar debu kayu dalam jumlah banyak, tanpa pelindung, dan lebih dari 8 jam sehari secara terus-menerus, ini bisa jadi penyebab kanker paru. 

Ada banyak penelitian yang berusaha menghubungkan antara debu kayu dan kanker. Di tahun 2015 saja, setidaknya ada 70 studi yang menemukan bahwa debu kayu memang berkaitan dengan kanker. Bukan cuma kanker paru, melainkan kanker kepala dan kanker leher.

Namun, tak semua jenis debu kayu meningkatkan risiko kanker di organ pernapasan

Jenis debu softwood (kayu lunak yang biasa digunakan sebagai bahan baku kertas) tidak menjadi penyebab kanker paru. Kayu keras (hardwood) yang kerap dijadikan bahan furniturlah yang diduga jadi penyebab kanker paru!

Masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk menjawab bagaimana proses serbuk kayu sampai bisa memicu tumbuhnya sel-sel kanker di dalam tubuh seseorang. 

Artikel Lainnya: Wanita Sering Pakai Bedak, Bisa Kena Kanker Paru?

2 dari 3 halaman

Pencegahan Kanker Paru bagi Pekerja yang Banyak Terekspos Debu Kayu

Karena kini Anda sudah mengetahui dampak debu kayu bagi kesehatan, maka Anda tak punya lagi alasan untuk enggan melakukan pencegahan, khususnya Anda yang bekerja di industri kayu. 

Ada pun cara mencegah kanker paru untuk Anda yang sering terpapar serbuk kayu, antara lain:

  • Tingkatkan lagi kesadaran kesehatan dan keselamatan di lingkungan kerja. Gunakan alat pelindung diri (APD), seperti masker, face shield, atau goggles (kacamata pengaman), dan helm. 
  • Lakukan pemeriksaan kesehatan rutin. Dengan melakukan pemeriksaan kesehatan, Anda jadi tahu diagnosis penyakit yang dialami. Makin cepat diobati, makin besar pula kesempatan Anda untuk sembuh. 
  • Jangan merokok. Kombinasi antara bahaya debu kayu dan zat-zat beracun di dalam rokok menjadi serangan ganda buat organ pernapasan Anda!
  • Ketika sudah berada di rumah, Anda bisa memasang air purifier. Benda ini bisa Anda dapatkan dengan mudah di toko online. Penggunaan air purifier bisa meningkatkan kualitas udara yang dihirup. 
  • Saat libur, hindari bepergian ke tempat-tempat yang berpolusi. Sudah cukup setiap hari Anda harus berhadapan dengan bahaya serbuk kayu. Jadi, lebih baik kunjungi taman atau kebun yang hijau. Jika pergi dengan sepeda motor, jangan lupa gunakan masker. 

Benar adanya bahwa kanker paru termasuk penyakit yang diakibatkan oleh debu kayu. Agar Anda bisa terhindari bahaya debu kayu tersebut, lakukanlah langkah-langkah yang sudah dijelaskan di atas. 

Selain itu, tetap terapkan pola hidup sehat. Bantu tubuh untuk memulihkan kondisi dengan perbanyak asupan yang mengandung antioksidan dan olahraga. 

Percayalah, dengan melakukan tindakan pencegahan sejak dini, kondisi organ pernapasan Anda akan terjaga. 

Masih ada pertanyaan seputar bahaya debu kayu, kanker paru, atau masalah kesehatan lainnya? Langsung saja konsultasikan hal tersebut kepada kami lewat fitur LiveChat di aplikasi KlikDokter

(AM/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar