Sukses

4 Alasan Mengapa Susu Hamil Penting bagi Ibu Hamil

Tahukah Anda mengapa ibu hamil sangat dianjurkan untuk minum susu hamil? Ini jawaban dari para ahli medis.

Klikdokter.com, Jakarta Setiap ibu hamil dianjurkan untuk selalu memenuhi kebutuhan gizi setiap hari. Karenanya, mereka wajib mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi seimbang. Selain itu, guna melengkapi pasokan gizi dari makanan, ibu hamil juga dianjurkan untuk minum susu hamil.

Faktanya, gizi yang lengkap dan seimbang adalah hal yang paling penting yang harus selalu diperhatikan oleh ibu hamil. Menurut dr. Reza Fahlevi dari KlikDokter, kecukupan gizi yang selalu terpenuhi sangat berguna dalam menunjang kehamilan agar lancar hingga persalinan.

Pentingnya susu hamil

Jika saat ini sedang hamil, Anda mungkin akan dianjurkan oleh dokter atau orang-orang sekitar untuk minum susu hamil. Berikut ini beberapa alasan yang bisa mendasari anjuran tersebut:

1. Kandungan gizi lengkap

Susu hamil lebih unggul dari segi kandungan gizi. Ini tidak lain dan tidak bukan karena susu hamil dilengkapi dengan kandungan zat besi, seng, kalsium, fosfor, vitamin A, B1, B2, B6, B12, C, D, dan E, juga asam folat, AA dan DHA yang disesuaikan dengan kebutuhan selama hamil.

2. Kandungan lemak dan kolesterol yang sedikit

Kadar lemak jenuh yang tinggi pada susu biasa harus diwaspadai, karena dapat berbahaya bagi kehamilan. Saat hamil, susu rendah lemak dan kolesterol adalah pilihan yang telat.

Nah, susu hamil memiliki kandungan lemak dan kolesterol yang lebih sedikit dibandingkan susu biasa. Ini membuat ibu hamil aman dari ancaman kolesterol tinggi, selama susu hamil tersebut di konsumsi dalam takaran yang sesuai.

3. Menurunkan risiko penyakit selama kehamilan

Seperti telah dijelaskan sebelumnya, susu hamil memiliki kandungan gizi yang lengkap dan telah disesuaikan dengan kebutuhan harian ibu hamil. Hal ini membuat ibu hamil yang mengonsumsinya terhindar dari beragam penyakit, salah satunya anemia.

“Dengan adanya nutrisi tambahan ini, maka volume darah pada wanita hamil pun bisa meningkat sehingga tidak mudah terkena anemia atau kurang darah,” ujar dr. Grace Valentine dari KlikDokter.

4. Menunjang perkembangan saraf janin

Sederet kandungan gizi yang ada pada susu hamil, di mana tidak ditemukan pada susu lain, dapat membantu menunjang perkembangan saraf janin. Kandungan asam folat pada susu hamil yang telah disesuaikan dengan kebutuhan ibu hamil juga terbukti mampu menurunkan risiko cacat tabung saraf (neural tube defect).

Itu dia beberapa alasan yang membuat susu hamil menjadi asupan penting selama kehamilan. Kendati begitu, Anda tetap perlu mengingat bahwa susu hamil hanyalah asupan penunjang, bukan yang utama. Karena pasokan gizi yang paling baik dan paling utama berasal dari makanan sehat yang Anda konsumsi sehari-hari.

Jadi, apabila Anda sedang hamil dan ingin merasakan segala kebaikan susu hamil, tak ada salahnya untuk terlebih dahulu berkonsultasi pada dokter. Hal ini dilakukan agar Anda bisa mengetahui dosis serta jenis susu hamil yang paling sesuai dengan kondisi kehamilan. Dengan demikian, manfaatnya akan benar-benar optimal.

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar