Sukses

6 Rahasia Awet Muda yang Perlu Anda Coba

Perawatan luar maupun dalam sama-sama diperlukan untuk mewujudkan tampilan kulit yang awet muda.

Klikdokter.com, Jakarta Terkadang banyak orang tidak siap untuk menjadi tua. Padahal, penuaan adalah proses alami yang tidak bisa dihindari oleh siapa pun. Untuk menghindari proses penuaan, banyak orang menempuh beragam cara agar terlihat awet muda lebih lama. Meski demikian, tidak semua cara tersebut aman untuk dilakukan

Dilansir Best Life, berikut ini enam cara yang bisa Anda coba untuk membuat penampilan terlihat lebih awet muda. Cara-cara di bawah ini ada yang relatif aman dan bisa Anda lakukan sendiri, namun ada pula yang memerlukan bantuan ahli kesehatan:

1. Gunakan tabir surya

Tabir surya, atau sunblock, sangat bermanfaat menjaga kulit Anda tetap kencang. Ini karena sinar ultraviolet (UV) yang berasal dari matahari bisa memecah serat-serat kulit, sehingga kulit menjadi tidak kencang lagi dan kehilangan elastisitas.

Jika Anda sering menghabiskan waktu di luar ruangan, gunakan tabir surya dengan SPF minimal 30. Menghindari sengatan matahari menurunkan peluang Anda mengembangkan kanker kulit seperti melanoma, salah satu keganasan penyakit kulit yang sulit untuk diobati.

Tapi di sisi lain, jangan juga terlalu anti dengan paparan sinar matahari. Sesungguhnya sinar matahari merupakan sumber vitamin D yang bagus untuk kulit.

2. Rajin berolahraga

Olahraga adalah salah satu cara membuat Anda tetap fit. Jika Anda melakukannya dengan benar, olahraga bisa membantu menangkal banyak penyakit kronis.

Di sisi lain, menurut penelitian di Universitas McMaster, Ontario, olahraga mampu meningkatkan detak jantung yang kemudian mendorong aliran darah ke kulit. Hal ini akan membuat kulit tampak lebih kencang dan berbahaya.

3. Minum teh hijau

Okinawa, sebuah pulau di lepas pantai Jepang, adalah rumah bagi kaum centenarian (orang-orang berusia 100 tahun lebih). Apa kesamaan di antara mereka? Mereka minum teh hijau setiap hari dan itu bisa jadi salah satu alasan mereka hidup begitu lama.

Para peneliti dari Norwich BioScience Institutes baru-baru ini menemukan bahwa kandungan polifenol dalam teh hijau dapat memblokir VEGF, sebuah molekul yang berperan dalam penumpukan plak di arteri. Ketahuilah bahwa penumpukan plak di arteri dapat menyebabkan serangan jantung, stroke, dan penyakit vaskular lainnya.  Selain dapat memperpanjang hidup, minum teh hijau juga dapat mencegah keriput dengan melawan peradangan dan meningkatkan elastisitas kulit.

4. Memutihkan gigi

Setiap orang rentan memiliki masalah gigi kusam yang diakibatkan oleh kopi, teh, atau rokok. Itu tentu akan merusak penampilan. Jika ingin terlihat awet muda, tidak ada salahnya untuk melakukan perawatan pemutihan gigi. Tak hanya bikin senyum lebih cemerlang, gigi yang putih juga akan membuat wajah tampak lebih cerah sehingga Anda akan terlihat lebih muda.

5. Oleskan pelembap di kulit

Tampilan kulit yang kering bisa membuat Anda lebih tua dari usia sebenarnya. Agar terlihat lebih muda, oleskan pelembap secara rutin di wajah, tangan, dan tubuh Anda. Pilihan yang efektif, alami, dan murah adalah dengan menggunakan minyak kelapa.

Tips lainnya menurut peneliti Dr. Bernhard Fink, seorang ahli psikologi evolusioner di Universitas Gottingen, memakai pelembap berwarna (tinted moisturizer) bermanfaat untuk membuat warna kulit lebih merata sehingga kulit tampak lebih muda.

6. Tidur yang cukup

Studi menunjukkan bahwa tidur 7 hingga 8 jam per malam dapat membuat Anda terlihat lebih menarik. Ini karena wajah Anda tidak terlihat kelelahan dan malah segar setelah mendapat istirahat yang berkualitas. Sebaliknya, tidur kurang dari 7 jam sangat berpeluang membuat kulit Anda mengendur.

Itu adalah rahasia-rahasia yang bisa membuat Anda terlihat lebih awet muda. Tapi, jangan takut untuk tua, ya! Karena itu adalah proses alami yang terjadi pada semua orang di muka bumi ini. Jagalah kesehatan tubuh Anda juga, karena tubuh yang bugar tentunya akan memengaruhi kecantikan kulit.

[RS/ RVS]

1 Komentar