Sukses

5 Makanan Pembangkit Energi di Hari Minggu

Merasa malas, lemas, dan galau di hari Minggu? Coba, deh, konsumsi makanan pembangkit energi ini!

Klikdokter.com, Jakarta Hari Minggu bisa menjadi momen santai sekaligus bermalas-malasan. Bagaimana tidak, beberapa orang beranggapan bahwa hari Minggu bagaikan hari terakhir setelah menghabiskan pekan yang begitu berat, apalagi saat mengingat bahwa esok adalah Senin. Uniknya, rasa malas ini bisa beralih menjadi semacam gangguan yang disebut Sunday night blues. Nah, ada beberapa cara untuk mengatasinya, termasuk dengan mengonsumsi makanan pembangkit energi.

Ya, seperti namanya, Sunday night blues terjadi pada hari Minggu malam, saat seseorang mulai merasa cemas karena rutinitas yang padat telah menantinya esok hari.

“Sindrom ini sebenarnya bukanlah sebuah istilah baku dalam dunia kedokteran. Istilah ini digunakan untuk menggambarkan perasaan melankolis, yang biasanya dialami seseorang di hari Minggu malam. Perasaan sedih ini timbul karena kebebasan akhir pekan yang dirasa akan segera berakhir,” ujar dr. Astrid Wulan Kusumoastuti dari KlikDokter.

Salah satu akibat dari perasaan melankolis dan cemas tersebut bisa berakibat badan jadi lemas. Jangan dibiarkan! Atasi dengan mengonsumsi lima jenis makanan yang bisa membangkitkan energi ini.

1. Alpukat

Alpukat kaya akan lemak dan serat yang sehat. Lemak ini membantu meningkatkan penyerapan nutrisi dalam makanan yang Anda konsumsi dan seratnya mampu memperlambat kenaikan serta penurunan gula darah setelah makan, sehingga mampu mendongkrak tingkat energi yang lebih stabil. Alpukat juga mengandung asam pantotenat dan vitamin B yang dapat membantu sel-sel tubuh mengubah makanan menjadi bahan bakar.

2. Sayuran hijau

Sayuran hijau rendah akan kalori, tapi kaya akan zat besi, kalsium, serat, asam folat, magnesium, serta vitamin A, C, E, dan K. Besi dan vitamin C dalam sayuran hijau bisa bekerja secara sinergis untuk membantu mencegah anemia, yang merupakan penyebab utama rasa lelah.

3. Ubi

Hari Minggu sore atau malam, apalagi saat musim hujan, enaknya makan ubi rebus, nih! Ubi adalah sumber karbohidrat kaya akan energi. Dengan kandungan seratnya yang tinggi, konsumsi ubi dapat memperlambat laju pencernaan, sehingga energi yang dilepaskan akan lebih lambat namun mantap.

4. Pisang

Pisang dikemas dengan karbohidrat yang baik, kalium, dan nutrisi lainnya yang baik untuk tubuh. Buah ini juga baik untuk dikonsumsi sebelum berolahraga untuk memberikan bahan bakar secara cepat.

Potasium pada pisang bisa membantu hidrasi, yaitu faktor penting agar Anda secara alami lebih waspada. Gula dan karbohidrat pada pisang juga memegang peranan penting untuk aktivitas fisik. Selain itu, adanya fitokimia berkontribusi dalam pemulihan, sehingga Anda mampu bangkit lebih baik setelah melakukan aktivitas fisik tertentu.

5. Dark chocolate

Carilah dark chocolate dengan 75 persen atau lebih kakao. Kudapan rendah gula ini adalah sumber kafein dan theobromine yang baik. Dua stimulan alami tersebut dapat meningkatkan energi dan suasana hati. Si hitam nan pahit ini juga mengandung antioksidan yang dapat meningkatkan aliran darah, serta oksigenasi otak dan otot.

Jika hari Minggu Anda lesu, cobalah untuk mengonsumsi makanan-makanan pembangkit energi seperti yang dipaparkan di atas. Selain itu, Anda juga bisa merencanakan berkumpul dengan teman-teman, atau bikin rencana untuk seminggu ke depan sehingga selalu ada sesuatu untuk dinanti. Jika penyebab Anda lesu setiap hari Minggu malam adalah karena urusan kantor, mungkin sebaiknya Anda mempertimbangkan untuk cuti dan berlibur.

[RN/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar