Sukses

Kiat Ampuh Atasi Rasa Cemas

Mengatasi rasa cemas sebenarnya susah-susah gampang. Tapi dengan niat yang kuat, hal tersebut sangat bisa diwujudkan, lho.

Klikdokter.com, Jakarta Setiap orang pasti ingin hidup dengan tenang, tanpa rasa cemas dan khawatir. Namun apa mau dikata, kehidupan yang sempurna hanya ada di dalam dongeng. Sebab, pada dasarnya setiap orang hidup dengan permasalahannya masing-masing yang mau tak mau harus dihadapi.

Meski begitu, tidak semua orang bisa mengontrol atau mengatasi kecemasan dengan baik. Terkadang, mereka membutuhkan bantuan orang lain untuk sekadar menenangkan diri. Nah, agar dapat mengatasi kecemasan yang berlebih, berikut ini adalah rahasia bebas dari rasa cemas yang dilansir dari Livestrong.com.

1. Mengikuti terapi perilaku kognitif

Terapi perilaku kognitif atau dalam bahasa medis disebut Cognitive Behavioural Therapy (CBT) dirancang untuk membantu orang-orang mengendalikan ketakutan dan kecemasan mereka dengan cara mengoreksi pola pikir. Secara teori, pola pikir tersebut dilatih dengan menggunakan teknik berpikir dengan klarifikasi dan teknik kesadaran tubuh.

Misalnya saja, ada seseorang yang selama ini merasa selalu dikucilkan saat menghadiri pesta. Orang tersebut selalu merasa cemas dan berpikir bahwa orang-orang tidak menyukainya. Padahal, kalau dipikir menggunakan sudut pandang lain, hal tersebut belum tentu benar.

Nah dengan terapi CBT, pasien akan diajarkan untuk berpikir menggunakan sudut pandang lain. Kemungkinan besar penyebab dirinya merasa dikucilkan oleh orang-orang adalah perilaku si pasien itu sendiri yang menutup diri, misalnya berdiri di pojokan, kurang ramah dan tidak berusaha membaur.

Untuk mengajarkan ketenangan diri pada orang yang mengalami kecemasan di tengah keramaian tersebut, terapi ini juga mengajarkan latihan pernapasan dan teknik relaksasi. Sehingga, ia dapat mengontrol reaksi tubuh dan pikirannya saat berhadapan dengan kondisi yang kurang mengenakkan.

Jika Anda ingin mengubah perilaku cemas yang serupa, coba tanyakan tentang terapi ini kepada terapis atau psikolog Anda.

2. Menerapkan pola pikir  “Ini semua pasti berlalu”

Menurut dr. Nadia Octavia dari KlikDokter, cara termudah untuk terhindar dari pikiran negatif adalah dengan menanamkan sugesti pada pikiran sendiri. Sugesti tersebut adalah, bahwa apa pun yang terjadi pasti akan berlalu atau tidak berlangsung selamanya.

Jadi, saat Anda mengalami perasaan cemas karena sedang menghadapi permasalahan, tekankan pada diri Anda untuk tidak terlalu ambil pusing terhadap permasalahan tersebut. Karena bagaimanapun juga, semuanya akan berlalu.

3. Berteman dengan orang yang berkepribadian tenang

Jika Anda termasuk orang yang mudah cemas, sebaiknya bertemanlah dengan orang yang punya kepribadian tenang. Sebab, dirinya akan menolong Anda untuk bersikap lebih objektif dan realistis dalam menyikapi sesuatu.

Bahkan, ia juga bisa memberikan solusi serta menemani Anda untuk berkonsultasi kepada terapi tanpa harus menunjukkan reaksi yang berlebihan. Yang terpenting, dekatkan diri pada orang yang benar-benar peduli dengan Anda dan bisa bersikap tenang dalam menghadapi situasi segenting apa pun.

Demikianlah cara konkret yang bisa Anda terapkan untuk mengatasi rasa cemas. Anda juga dapat melakukan meditasi secara rutin untuk mendapatkan ketenangan. Dengan begitu, rasa cemas pun tidak akan mudah datang kembali dan mengganggu kehidupan sosial Anda. Namun, bila rasa cemas tak kunjung hilang, segera kunjungi psikolog untuk mendapatkan penanganan yang tepat terhadap masalah kesehatan mental Anda.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar