Sukses

Mau Sehat? Hindari Duduk Terlalu Lama dari Sekarang!

Ingin sehat sepanjang masa? Anda dianjurkan untuk tidak duduk terlalu lama dan lebih banyak bergerak. Ini alasan medisnya.

Klikdokter.com, Jakarta Coba ingat lagi kegiatan hari ini, aktivitas apa yang dominan Anda dilakukan? Lebih banyak bergerak, atau hanya duduk sambil mengerjakan tugas di kantor? Bila selama ini di kantor Anda sudah duduk terlalu lama, maka Anda harus mengubah kebiasaan ini!

Menurut dr. Alvin Nursalim dari KlikDokter, terlalu lama duduk bisa membuat metabolisme melambat; juga meningkatkan risiko kolesterol tinggi, obesitas dan gangguan otot tulang belakang.

“Sebuah penelitian membandingkan orang dewasa yang menghabiskan kurang dari dua jam sehari untuk duduk di depan televisi dan orang dewasa yang aktif bergerak. Orang yang duduk memiliki peningkatan risiko sebanyak 50 persen untuk mengalami kematian akibat berbagai penyebab,” kata dr. Alvin.

Lebih lanjut, dr. Alvin menjelaskan bahwa terlalu lama duduk dapat meningkatkan risiko penyakit pembuluh darah sebesar 125 persen. Tak hanya itu, terlalu lama duduk juga dapat memengaruhi postur tubuh termasuk bokong.

“Jika Anda terlalu lama duduk, bentuk bokong juga dapat mengalami perubahan. Tonus otot dapat berkurang dan membuat bentuk bokong menjadi tidak berisi,” ungkap dr. Alvin.

Jadi, guna mencegah terjadinya berbagai dampak buruk tersebut, Anda dianjurkan untuk tidak terlalu lama duduk. Sebagai gantinya, Anda harus mulai banyak bergerak. Dalam hal ini, Anda tak melulu harus melakukan gerakan seperti sedang berolahraga. Anda hanya perlu melakukan gerakan biasa, seperti naik turun tangga atau berjalan kaki dari parkiran ke kantor.

Tidak sempat melakukannya? Anda tetap bisa menyiasati agar tubuh tidak dalam kondisi diam terlalu lama. Berikut beberapa gerakan sederhana yang bisa Anda lakukan di tempat duduk:

  • Fleksi

Lakukan gerakan menunduk. Usahakan agar tubuh dan bahu Anda tidak bergerak. Lakukan hingga tengkuk leher Anda terasa meregang. Pertahankan posisi ini selama 10 detik, lalu kembali ke posisi netral (kepala menghadap lurus ke depan).

  • Fleksi kanan dan kiri

Lakukan gerakan menyentuh bahu kanan menggunakan telinga kanan, dan usahakan agar bahu Anda tidak bergerak. Ulangi gerakan yang sama untuk sisi kiri.

  • Peregangan bahu dan punggung

Rotasi bahu dilakukan dengan cara menggerakkannya berputar ke depan dan belakang secara bersamaan dalam waktu 10 detik. Untuk punggung, Anda dapat duduk di tepi kursi, dekatkan dada dan lutut, kemudian peluklah kedua kaki hingga terasa regangan di punggung Anda. Sama dengan rotasi bahu, lakukan peregangan punggung selama 10 detik.

Supaya manfaatnya lebih terasa, pastikan Anda mengombinasikan gerakan sederhana di atas dengan penerapan gaya hidup sehat. Jangan lupa juga untuk selalu mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang, cukup istirahat, banyak minum air putih dan kelola stres dengan baik.  Yuk, tinggalkan kebiasaan duduk terlalu lama, dan mulailah aktif bergerak dari sekarang!

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar