HomeIbu Dan anakKesehatan Anak12 Makanan Penambah Nafsu Makan Anak
Kesehatan Anak

12 Makanan Penambah Nafsu Makan Anak

dr. M. Dejandra Rasnaya, 21 Nov 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Si Kecil sedang mogok makan? Jangan khawatir, orang tua bisa coba berikan makanan berikut untuk menambah nafsu makan anak.

12 Makanan Penambah Nafsu Makan Anak

Salah satu hal yang paling menantang bagi orang tua adalah ketika anak sulit makan dan melakukan gerakan tutup mulut atau GTM. Padahal, gizi dari makanan perannya penting dalam tumbuh kembang si Kecil.

Ada banyak hal yang dapat menyebabkan penurunan nafsu makan pada anak. Misalnya anak sedang tumbuh gigi, sariawan, diare, atau demam. 

Selain itu, kebiasaan ngemil makanan tinggi gula atau terlalu banyak minum susu juga ikut berpengaruh terhadap nafsu makan anak.

Sebagai salah satu upaya mengatasi masalah makan tersebut, orang tua perlu menyajikan asupan yang tepat. Ada beberapa jenis makanan penambah nafsu makan anak yang dapat diberikan, seperti: 

1. Jahe

Obati Kanker Payudara dengan Jahe, Efektifkah? (Dani Vincek/Shutterstock)

Jenis rempah yang satu ini dapat melegakan masalah pencernaan, seperti perut kembung, mual, atau muntah – semua ini bisa menjadi penyebab anak tidak nafsu makan.

Orang tua dapat menyiasatinya dengan menyajikan jahe dalam sup, sayuran tumis, nasi tim, atau dalam bentuk minuman dengan dicampur bersama air dan madu. 

Selain jahe, jenis rempah-rempah lain seperti peppermintmint, kayu manis, dan ketumbar juga bisa dijadikan pilihan.

Artikel Lainnya: Anak Suka Memainkan Makanan? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

2. Yoghurt

Yoghurt bisa menjadi makanan penambah nafsu makan anak, karena mengandung tinggi probiotik. Kandungan ini dapat menjaga kesehatan saluran pencernaan sekaligus meningkatkan keinginan untuk makan.

Yoghurt juga kaya kalsium yang baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi anak. 

Dalam pemberian yoghurt, sebaiknya pilih yang rasanya tawar (plain) dengan kandungan gula yang rendah. Takut masih terasa asam? Tambahkan potongan buah yang manis, anak pasti suka.

3. Minyak Ikan

Minyak ikan bisa orang tua berikan agar anak mau makan. Sebuah penelitian mengatakan, omega-3 yang terkandung dalam minyak ikan berperan dalam menurunkan rasa kenyang setelah makan dan dapat meningkatkan nafsu makan.

Walau begitu, penelitian lebih lanjut masih perlu dilakukan untuk dapat menyimpulkan hal ini secara menyeluruh, khususnya untuk anak-anak. 

Tapi tak ada salahnya untuk memberikan minyak ikan kepada anak, apalagi kandungan omega-3 sangat baik untuk pertumbuhan otak.

4. Kacang-kacangan

Kacang mete, kacang almond, dan kacang tanah dapat diberikan kepada anak ketika ia mogok makan. Menurut beberapa penelitian, kandungan zink pada kacang-kacangan bisa menambah nafsu makan. 

Di samping zink, kacang juga mengandung tinggi protein, asam lemak, dan berbagai vitamin dan mineral lainnya yang baik untuk tubuh anak.

Perlu diingat, bagi anak yang belum mampu mengunyah, kacang perlu dilumatkan. Hal ini agar biji kacang tidak masuk ke saluran pernapasan dan menyebabkan anak tersedak. 

5. Kentang

Mengapa Konsumsi Kentang Penting untuk Diet Anda? (Adao/Shutterstock)

Salah satu penyebab anak tidak nafsu makan adalah bosan dengan jenis dan bentuk makanan yang itu-itu saja. Sesekali, kreasikanlah makanan untuk menambah nafsu makan si Kecil. 

Contoh mudah adalah dengan mengganti sumber karbohidrat anak dari nasi menjadi kentang. Kentang mengandung zink, meskipun sumber terbanyaknya dari daging.

Banyak penelitian menyatakan, seseorang yang mengalami defisiensi zink akan mengalami perubahan selera dan nafsu makan. 

Lebih lanjut, penelitian lain mengatakan suplemen zink yang diberikan kepada anak dapat meningkatkan nafsu makan.

Artikel Lainnya: Benarkah Anak Picky Eater Cenderung Kekurangan Nutrisi?

6. Wortel

Manfaat wortel sebagai sumber vitamin dan serat sudah tidak perlu diragukan lagi. Terlebih, wortel dapat menjadi makanan penambah nafsu makan anak.

Berikan wortel secara langsung dalam sayuran atau dengan dibuat jus, pasti anak menyukainya. 

Pemberian jus pada anak dapat dilakukan setengah jam sebelum makan. Sebab tak hanya merangsang rasa lapar, jus wortel juga dapat mempersiapkan saluran pencernaan untuk menerima makanan. 

7. Alpukat

Buah yang satu ini sering dijuluki buah super. Bagaimana tidak, dalam setengah buah alpukat ukuran sedang (68 gram) terdapat sekitar 109 kalori. Artinya ada 160 kalori per 100 gram alpukat. 

Tak hanya tinggi kalori, alpukat juga padat nutrisi dengan mengandung 20 jenis vitamin dan mineral serta lemak tak jenuh.

Rasa alpukat yang gurih membuatnya mudah disukai, termasuk oleh anak-anak. Karena itu, alpukat bisa menjadi buah penambah nafsu makan anak.

Alpukat dapat disajikan dengan berbagai cara. Bisa dalam bentuk potongan (seukuran genggaman anak) sebagai camilan atau dijadikan jus.

8. Sereal

Salah satu cara untuk mempertahankan berat badan anak adalah dengan tidak melewati sarapan yang sehat. Dengan sarapan, anak mampu menjaga metabolisme tubuh dan meningkatkan nafsu makan. 

Sereal yang disarankan adalah tanpa mengandung gula tambahan dan terbuat dari biji-bijian utuh. Contohnya gandum, multigrain, barley, quinoa, dan millet. Sereal dapat dicampur dengan susu formula, UHT, atau ASI.

9. Daging-dagingan

Daging Sapi

Daging-dagingan seperti daging sapi, ayam, dan ikan mengandung banyak zat besi. Zat besi dipercaya dapat menambah nafsu makan anak, karena jika zat besi kurang, nafsu makan pun ikut berkurang. 

Zat besi juga penting untuk perkembangan otak dan pembentukan sel darah merah. 

Orang tua dapat memberinya mulai dari satu hingga dua sendok teh saat menyuapi, kemudian ditambah secara bertahap sesuai kebutuhan. 

Artikel Lainnya: Panduan Memberikan Camilan pada Anak

10. Bayam

Bayam beserta kacang-kacangan, labu, dan sereal mengandung zink yang dibutuhkan oleh anak. Tak hanya itu, asupan ini dapat membantu meningkatkan nafsu makannya. 

Zink juga berperan penting pada pengobatan seperti ADHD, tinnitus, cedera kepala kritis, sindrom Down, dan gangguan makan seperti anoreksia nervosa. 

11. Apel dan Pisang

Kedua buah ini merupakan makanan penambah nafsu makan anak. Kandungan antioksidan di dalamnya bisa membantu anak untuk lebih lahap makan.

Buah-buahan lainnya seperti pir, jeruk, anggur, ceri, dan stroberi juga dapat membantu meningkatkan nafsu makan. Jadi, daripada memberi camilan yang terlalu manis, lebih baik sajikan buah-buahan yang sehat untuk si Kecil.

12. Makanan Favoritnya

Selain beberapa makanan di atas, hal yang paling mudah adalah menanyakan apa makanan yang anak sukai. Sama halnya dengan orang tua yang memiliki makanan kesukaan, anak pun demikian.

Sajikan makanan favorit anak sebagai menu untuk menambah nafsu makannya. Rasa makanan yang enak juga faktor penting agar anak bersantap dengan lahap. 

Artikel Lainnya: Vitamin dan Mineral Penambah Nafsu Makan Anak

Meski sudah banyak riset mengenai makanan penambah nafsu makan anak, sebenarnya buktinya belum cukup kuat. 

Ingatlah untuk memberikan anak makanan bergizi lengkap dan seimbang. Selain itu, tak hanya rasa, hal yang berperan besar adalah kebiasaan makan si Kecil.

Pastikan jadwal makan anak teratur, variasikan menu makanan, hingga tidak ada paksaan dan distraksi (televisi, gadget, dsb) saat makan. 

Untuk #JagaSehatmu dan keluarga, baca artikel kesehatan lainnya dengan download aplikasi KlikDokter. Jika butuh konsultasi seputar kesehatan anak, bisa menggunakan layanan Tanya Dokter. Lebih mudah dan praktis!

[RS]

makananAnak

Konsultasi Dokter Terkait