Sukses

Bunda, Ini Daftar Makanan Penambah Nafsu Makan Anak

Si Kecil sedang mogok makan? Coba berikan makanan berikut untuk menambah nafsu makan anak.

Klikdokter.com, Jakarta Salah satu hal yang paling menjengkelkan bagi orang tua adalah ketika anak melakukan “Gerakan Tutup Mulut” atau GTM. Ini adalah istilah yang sering digunakan para ibu saat anak tidak nafsu makan dan menutup mulut untuk makanan yang ditawarkan kepadanya. Wajar bila orang tua menjadi khawatir karena bila dibiarkan terus-menerus tentu akan berdampak pada daya tahan tubuhnya.

Ada banyak hal yang dapat menyebabkan penurunan nafsu makan pada anak, seperti:

  • Adanya kondisi medis tertentu. Contohnya anak sedang tumbuh gigi, demam, batuk, pilek, diare, dan sariawan.
  • Kebiasaan ngemil makanan tinggi gula. Faktor lain yang juga berpengaruh adalah kebiasaan makan atau minum camilan yang tinggi gula, seperti cokelat, jus buah dalam kemasan, serta terlalu sering minum susu. Kebiasaan tersebut membuat anak terus merasa kenyang sehingga ia menolak makan menu utamanya.
  • Aspek psikologis. Aspek psikologis juga ikut memengaruhi nafsu makan si Kecil. Saat ia merasa sedih, takut, tidak nyaman dengan lingkungan atau pengasuhnya, nafsu makannya biasanya akan turun dan enggan untuk makan.
1 dari 2 halaman

Makanan penambah nafsu makan

Melihat banyaknya faktor yang berperan dalam pengaturan nafsu makan anak, saat ia mulai tampak malas makan, hal pertama yang perlu Bunda lakukan adalah mencari tahu penyebabnya. Kemudian, berikan berbagai variasi makanan terutama yang dapat meningkatkan nafsu  makan seperti:

  1. Jahe

Jahe merupakan salah satu bahan masakan yang pasti ada di dapur setiap keluarga Indonesia. Bumbu dapur yang satu ini ternyata dapat meningkatkan nafsu makan anak. Selain itu, bila anak malas makan karena masalah pencernaan (seperti mual, kembung, dan muntah), jahe dapat membantu pengeluaran gas dari lambung sehingga gejala tersebut berkurang.  

Namun, rasa dan aromanya yang tajam kerap tidak disukai anak. Bunda dapat menyiasatinya dengan menyajikan jahe dalam sup, sayuran tumis, nasi tim, atau dalam bentuk minuman dengan dicampur bersama air dan madu.

  1. Yoghurt

Kandungan probiotik yang tinggi dalam yoghurt dapat menjaga kesehatan saluran pencernaan dan meningkatkan nafsu makan. Selain itu, yoghurt juga kaya akan kalsium yang baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi anak.

Dalam memberikan yoghurt, sebaiknya pilih yang rasanya tawar (plain) dengan kandungan gula yang rendah. Takut masih terasa asam? Tambahkan potongan buah yang manis, niscaya si Kecil pasti suka.

  1. Kacang-kacangan

Bagi anak balita yang kerap makan dalam porsi kecil, kacang-kacangan dapat menjadi alternatif camilan yang meningkatkan nafsu makan dan tentunya sehat. Kacang mete, kacang almon, dan kacang tanah adalah beberapa contoh kacang-kacangan yang dapat diberikan pada si Kecil. Tak hanya tinggi kandungan proteinnya, kacang-kacangan juga mengandung asam lemak serta berbagai vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh anak.

  1. Wortel

Manfaat wortel sebagai sumber vitamin dan serat sudah tidak perlu diragukan lagi. Wortel pun dapat meningkatkan nafsu makan. Anda dapat memberikan wortel secara langsung dalam sayuran atau dengan dibuat jus, dan konsumsilah setengah jam sebelum makan.  Tak hanya merangsang rasa lapar, jus wortel juga dapat mempersiapkan saluran pencernaan untuk menerima makanan. 

  1. Alpukat

Buah yang satu ini sering dijuluki buah super. Bagaimana tidak, dalam setengah buah alpukat ukuran sedang (68 gram) terdapat sekitar 109 kalori, yang artinya ada 160 kalori/100 gram alpukat. Tak hanya tinggi kalori, alpukat juga padat nutrisi dengan mengandung 20 jenis vitamin dan mineral serta lemak tak jenuh.

Rasa alpukat yang gurih membuatnya mudah disukai, termasuk oleh anak-anak. Sajikan buah ini dalam bentuk potongan (seukuran genggaman si Kecil) sebagai camilan atau dapat dilumat dan dijadikan jus.

Tidak sulit, bukan, mendapatkan makanan-makanan penambah nafsu makan tersebut? Jangan lupa untuk selalu menjadikan waktu makan sebagai waktu yang menyenangkan, agar anak semakin lahap menyantap makanannya.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar