Sukses

Perhatikan, 4 Musuh Utama Gigi Anda

Gigi yang bersih dan sehat dapat memperindah senyuman. Jauhi beberapa hal yang dapat merusak kesehatan gigi Anda!

Klikdokter.com, Jakarta Memiliki gigi yang bersih dan sehat dapat menunjang kepercayaan diri seseorang ketika bertemu dengan orang lain. Namun, masih banyak saja orang-orang yang sering menyepelekan kesehatan gigi. Padahal kesehatan gigi dan mulut yang tidak dirawat dengan baik dapat memberikan efek buruk pada organ tubuh lainnya.

Untuk mendapatkan gigi yang sehat, terdapat empat hal yang harus dihindari karena dapat merusak kesehatan gigi dan mulut. Apa saja musuh gigi tersebut?

  1. Rokok

Rokok adalah musuh nomor satu bagi tubuh karena dapat merusak kesehatan organ-organ yang ada di dalamnya, termasuk gigi dan mulut.  Selain membuat gigi berubah warna menjadi hitam, merokok juga dapat menyebabkan timbulnya masalah lain, seperti:

  • Bau mulut, yang dalam dunia medis disebut halitosis.
  • Penyakit gusi, yang bila sudah parah juga dapat menyebabkan kehilangan gigi.
  • Penyembuhan menjadi lebih lama setelah pencabutan atau operasi gigi.
  • Memicu terjadinya kanker pada mulut.

Berhenti merokok adalah satu-satunya cara yang dapat menghindari risiko dari penyakit-penyakit mulut yang ada.

  1. Soda

Mengonsumsi minuman soda juga akan membuat gigi menjadi rusak. Gula yang terdapat di dalam soda dapat memicu bakteri berkembang biak di dalam mulut sehingga menyebabkan pembusukan. Tak hanya itu, kandungan asam di dalam soda juga berpotensi mengikis lapisan enamel gigi.

Bagaimana dengan minuman berlabel diet soda? Sama saja. Meskipun tidak mengandung gula tetapi kandungan asamnya tetap tinggi. Hal ini tentu saja dapat mengakibatkan hal yang serupa pada lapisan enamel Anda.

  1. Gula

Tentu Anda sudah tahu bahwa mengonsumsi gula yang berlebih dapat merusak kesehatan gigi. Hal ini dikarenakan gula merupakan karbohidrat yang dapat difermentasikan dan memiliki sifat kariogenik. Artinya, gula akan diubah oleh bakteri menjadi asam yang dapat merusak gigi sehingga gigi menjadi berlubang.

  1. Es batu

Mengunyah es batu adalah salah satu aktivitas yang dapat merusak kesehatan gigi. Kebiasaan ini dapat merusak lapisan enamel pada gigi. Lapisan enamel merupakan garis pertahanan untuk melawan gigi yang berlubang dan membantu melindungi gigi dari serangan gula dan asam. Jika lapisan enamel retak atau rusak, gigi pun menjadi lebih sensitif.

1 dari 2 halaman

Tips menjaga kesehatan gigi

Gigi harus dirawat secara konsisten agar tetap sehat sampai tua. Lakukan kiat-kiat ini untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut:

  • Sikat gigi dua kali sehari. Lakukan pada pagi hari setelah sarapan dan malam hari sebelum tidur.
  • Bila perlu, gunakan benang gigi atau dental floss. Caranya yang benar yaitu dengan mengarahkan benang gigi membentuk huruf C.
  • Ganti sikat gigi 3-4 bulan sekali, serta pilih bulu sikat yang lembut.
  • Konsumsi makanan yang kaya kalsium dan polifenol.
  • Hindari kebiasaan merokok.
  • Jangan tunggu sampai masalah gigi Anda makin parah bila ingin berkonsultasi ke dokter gigi.

Gigi yang rusak akan memengaruhi organ tubuh lainnya juga. Untuk itu, jauhilah hal-hal yang dapat mengganggu kesehatan gigi dan mulut. Jangan lupa untuk selalu merawat gigi dan rutin kontrol ke dokter gigi minimal 6 bulan sekali.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar