Demam Berdarah

Musim Hujan Datang, Awas Serangan Leptospirosis!

dr. Devia Irine Putri, 02 Jan 2020

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Salah satu penyakit yang perlu diwaspadai saat musim hujan adalah leptospirosis atau kencing tikus. Kenali dan cegah!

Musim Hujan Datang, Awas Serangan Leptospirosis!

Musim hujan kembali datang. Bahkan banjir pun menerjang wilayah Jabodetabek hingga beberapa jalur harus ditutup. Selain hipotermia, Anda harus lebih waspada dengan penyakit leptospirosis yang sering menjangkiti manusia saat adanya genangan air hingga banjir. 

Meski musim hujan membuat udara jadi lebih sejuk dan tidak panas, tetapi di balik itu juga ada bahaya penyakit yang mengintai—apalagi jika Anda tinggal di kawasan yang rawan banjir.

Beberapa penyakit langganan yang kerap menyapa saat musim hujan di antaranya adalah diare, demam tifoid, dan demam berdarah dengue (DBD). Ketiganya mungkin sudah Anda ketahui. Namun, apakah Anda tahu bahwa Anda juga harus mewaspadai penyakit leptospirosis kala musim hujan?

Ini Alasan Anda Harus Waspada Terhadap Leptospirosis

Faktanya, leptospirosis masih menjadi salah satu masalah kesehatan di Indonesia, terutama pada musim hujan (baca: musim banjir). Penyebabnya adalah kurangnya pengetahuan masyarakat akan penyakit ini.

Leptospirosis adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri leptospira. Penularannya adalah lewat hewan pengerat seperti tikus hingga anjing. Umumnya, leptospirosis banyak menjangkiti daerah yang rawan banjir. Ini karena bakteri leptospira dapat menyerang manusia lewat paparan air dan tanah yang sudah terkontaminasi dengan urine dari hewan yang terinfeksi atau bisa juga melalui gigitan.

Gejala Leptospirosis

Saat seseorang terinfeksi bakteri leptospira, umumnya tidak akan memberikan gejala secara langsung. Biasanya, gejala akan muncul setelah melewati masa inkubasi, yaitu setelah 10 hari. Gejala awal yang muncul pun kerap disalahartikan karena mirip dengan gejala demam tifoid ataupun DBD. Inilah kenapa dibutuhkan wawancara medis, pemeriksaan fisik yang lebih detail, dan jika perlu dilakukan pemeriksaan laboratorium untuk menunjang diagnosis.

Anda harus berhati-hati ketika mengalami gejala-gejala di bawah ini:

  • Demam mendadak tinggi
  • Sakit kepala
  • Nyeri otot pada betis
  • Mata merah
  • Kulit kuning
  • Sakit tenggorokan
  • Gangguan pencernaan seperti mual, muntah, diare
  • Sesak napas
  • Tidak ada air kencing
  • Batuk kering hingga batuk darah

Gejala-gejala di atas merupakan gejala dari infeksi leptospirosis yang harus secepatnya dideteksi dan ditangani. Apabila tidak ditangani dengan baik, infeksi bakteri leptospira dapat menyebar ke seluruh tubuh, bahkan bisa menyebabkan penderitanya kehilangan nyawa.

Artikel Lainnya: Kiat Membersihkan Rumah Setelah Terendam Banjir

Pengobatan leptospirosis relatif mudah karena menggunakan antibiotik dan obat-obatan simptomatik lainnya. Pemberian antibiotik akan mendorong tingkat kesembuhan yang tinggi apabila diberikan secara cepat dan tepat kepada penderita.

Apabila leptospirosis mengarah menjadi berat, umumnya penderita akan dirawat di rumah sakit dan diobservasi ketat. Tak jarang, kasus ini memerlukan cuci darah untuk sementara waktu karena adanya gagal ginjal akut akibat infeksi, atau pemasangan alat bantu napas seperti ventilator.

Leptospirosis Bisa Dicegah

Karena adanya ancaman penyakit leptospirosis, tapi bukan berarti Anda harus ketakutan saat musim hujan. Lakukan beberapa langkah di bawah ini untuk mencegah infeksi leptospirosis di lingkungan sekitar.

  • Membersihkan daerah sekitar rumah. Misalnya rutin membersihkan selokan atau bak di sekitar rumah.
  • Hindari adanya kolong atau tumpukan barang di sekitar rumah. Ini penting agar tempat tersebut tidak menjadi sarang tikus.
  • Saat Anda membersihkan rumah dan lingkungan sekitar, jangan lupa untuk menggunakan pelindung diri seperti sarung tangan dan sepatu bot.
  • Jika ada bagian tubuh yang terluka, segera obati dan rawat luka dengan baik. Ini karena infeksi bakteri leptospira dapat masuk melalui luka tersebut.
  • Jaga kebersihan diri dan keluarga dengan membiasakan mencuci tangan dan kaki dengan sabun dan air mengalir setelah berpergian dari luar rumah.
  • Konsumsi air dan makanan yang sudah terjamin kebersihannya.
  • Jangan lupa vaksinasi hewan peliharaan Anda. Ya, selain tikus, hewan peliharaan juga bisa menyebarkan infeksi leptospira.

Mencegah memang lebih baik daripada mengobati, terutama pada musim hujan potensi banjir agar terhindar dari leptospirosis dan penyakit lainnya. Lakukan langkah-langkah pencegahan di atas dan jaga selalu kesehatan tubuh Anda dan keluarga dengan menu sehat dan bergizi seimbang, rutin berolahraga, istirahat cukup, serta memastikan kebersihan rumah dan lingkungan sekitar.

[RN/RVS/RPA]

Banjirkencing tikusLeptospirosis

Konsultasi Dokter Terkait