Sukses

Makan Larut Malam Picu Penyakit Jantung

Masih suka makan larut malam atau sesaat sebelum tidur? Hentikan kebiasaan tersebut, karena bisa memicu penyakit jantung.

Klikdokter.com, Jakarta Jika Anda masih sering makan larut malam, sebaiknya hentikan kebiasaan ini mulai sekarang. Dampaknya bisa lebih fatal dari sekadar timbangan yang bergeser tajam ke kanan. Sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa makan larut malam dapat memicu penyakit jantung.

Dalam sebuah peneltian yang dipresentasikan pada awal November lalu dalam  pertemuan tahunan ilmiah American Heart Association, makan larut malam sangat besar pengaruhnya terhadap penyakit jantung. Ini tak terlepas dari gaya hidup orang-orang zaman sekarang, yaitu tidur larut malam.

"Mereka tidur terlalu larut dan jam tidurnya pun sedikit. Dengan gaya hidup seperti itu, kami juga melihat adanya kebiasaan makan larut malam yang tinggi,” ujar penulis utama dari studi tersebut, Nour Makarem, seorang peneliti kardiologi di Columbia University Vagelos College of Physicians and Surgeons. Untuk studi tersebut, Makarem dan tim menggunakan data dari 12.700 orang Hispanik dan Latin yang berusia 18 hingga 76 tahun. 

Makan di atas jam 6 sore

Tim peneliti menemukan bahwa lebih dari separuh orang dalam penelitian ini mengonsumsi 30 persen atau lebih kalori harian mereka setelah jam 6 sore. Kemudian, mereka memiliki kadar gula darah puasa yang lebih tinggi, tingkat insulin yang lebih tinggi, dan tekanan darah lebih tinggi daripada peserta yang melaporkan makan kurang dari 30 persen kalori harian mereka setelah jam 6 sore.

Menurut Mayo Clinic, tingkat gula darah puasa yang tinggi dapat dianggap sebagai tanda pradiabetes. Ini serupa dengan studi yang dilakukan Makarem dan tim. Para peneliti menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi 30 persen atau lebih kalori harian setelah jam 6 sore, 19 persen lebih mungkin mengembangkan pradiabetes daripada mereka yang memiliki kebiasaan makan lebih awal.

Makarem mencatat, 70 persen orang dengan pradiabetes tersebut pada akhirnya terkena diabetes tipe 2. Seperti yang Anda ketahui, diabetes tipe 2 merupakan faktor risiko untuk penyakit jantung. Lalu, mengapa makan larut malam berhubungan dengan penyakit jantung?

Makarem menduga bahwa itu terjadi karena jam tubuh tidak sinkron dengan lingkungan. Hampir setiap sel di dalam tubuh Anda dapat mengenali waktu, mengikuti siklus 24 jam. Otak juga memiliki jam biologis, yang disebut nukleus suprachiasmatic. Ia berfungsi sebagai master clock (jam utama tubuh), yang memberitahu orang-orang kapan harus bangun, tidur, dan makan.

"Jadi ketika Anda makan pada waktu yang tidak umum, jam tubuh dengan master clock menjadi tidak selaras sehingga menyebabkan masalah dalam metabolisme. Itulah yang meningkatkan risiko penyakit kronis seperti diabetes, hipertensi dan jantung," jelas Makarem.

1 dari 2 halaman

Meningkatnya risiko serangan jantung

Dilansir Telegraph, peneliti dari Dokuz Eylul University, Turki, telah menemukan bahwa makan malam setelah jam 7 malam dapat meningkatkan risiko menderita serangan jantung. Mereka melakukan penelitian kepada lebih dari 700 orang dewasa dengan tekanan darah tinggi untuk mengetahui apakah waktu makan yang berbeda membuat perbedaan bagi kesehatan mereka.

Mereka menemukan bahwa makan larut malam memiliki dampak paling signifikan pada tekanan darah. Sementara itu, makan malam 2 jam sebelum tidur membuat lebih banyak kerusakan dibanding mengonsumsi makanan mengandung banyak garam pada jam-jam makan biasa.

Dr. Ebru Ozpelit, profesor kardiologi di Universitas Dokuz Eylul mengatakan, “Kita harus menentukan frekuensi ideal dan waktu makan yang tepat, karena bagaimana kita makan mungkin sama pentingnya dengan apa yang kita makan."

"Sarapan itu penting. Begitu juga makan siang, Anda tidak boleh melewatkan makan siang. Untuk makan malam, makanlah dalam porsi kecil dan tidak boleh lebih dari jam 7 malam," tegas Ozpelit.

Penelitian-penelitian telah mengonfirmasi bahwa ada kaitan antara makan larut malam dengan penyakit jantung. Agar kesehatan jantung selalu terjaga, sebaiknya Anda tidak makan di atas jam 7 malam dan perhatikan juga porsinya.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar