Sukses

Atasi Sakit Kepala Akibat Sinus dengan 6 Cara Rumahan

Tak cuma bikin hidung dan wajah nyeri, sinus juga bisa sebabkan sakit kepala. Atasi sakit kepala akibat sinus dengan cara-cara mudah ini.

Klikdokter.com, Jakarta Gejala sinusitis bisa bermacam-macam. Mulai dari wajah seperti ditekan, nyeri, hidung tersumbat, napas berbau, berkurangnya daya pengecap dan daya penciuman, dan lain-lain. Salah satu gejala lain yang kerap dikeluhkan termasuk sakit kepala, yang tentunya bikin tak nyaman. Jangan langsung menelan obat, Anda bisa mengatasi sakit kepala akibat sinus dengan beberapa cara sederhana rumahan.

Menurut dr. Melyarna Putri dari KlikDokter, sinusitis merupakan infeksi kedua yang paling sering dijumpai dokter umum dalam praktiknya sehari-hari. Oleh sebab itu, Anda jangan sampai mengabaikan penyakit ini. Karena, mengutip dari WebMD, meskipun kasusnya jarang tapi sinus yang diabaikan bisa berujung pada meningitis.

Sinusitis dapat disebabkan oleh virus maupun bakteri. Jika sinusitis disebabkan oleh virus, biasanya kondisi ini akan membaik dengan sendirinya saat daya tahan tubuh meningkat. Sebaliknya, apabila sinusitis disebabkan oleh infeksi bakteri, kondisi ini harus ditangani dengan cepat dan tepat sebelum berubah menjadi sinusitis yang kronis.

Risiko terkena sinusitis juga semakin tinggi apabila Anda sedang mengalami flu, ada polip di hidung, dan ada pergeseran rongga hidung. Risiko juga meningkat jika Anda mengalami alergi sebelumnya, sehingga ada pembengkakan pada selaput hidung.

Gejala sakit kepala akibat sinusitis

Tak cuma bikin hidung dan wajah terasa tidak nyaman, sinusitis juga dapat menimbulkan gejala nyeri pada gigi hingga nyeri kepala. Gejala dari nyeri kepala akibat sinusitis antara lain:

  • Nyeri dan rasa penuh pada pipi, mata, dan/atau dahi
  • Sakit kepala berdenyut
  • Nyeri terasa memberat jika menunduk
  • Nyeri pada gigi bagian atas

Gejala sakit kepada akibat sinusitis ini hampir mirip dengan gejala migren. Jika penderita migren hanya merasakan sakit pada satu sisi kepala saja, sakit kepada akibat sinusitis biasanya seolah terjadi penekanan di dahi dan kepala bagian atas.

Cara meringankan nyeri kepala akibat sinusitis

Bicara soal sakit kepala yang disebabkan oleh sinusitis, ada kalanya Anda ingin mengatasi sakit kepala tanpa konsumsi obat-obatan. Ada beberapa cara alami ala rumahan yang bisa Anda gunakan untuk menghilangkan sakit kepala akibat sinusitis.

1. Mengonsumsi teh jahe

Dilansir dari Reader’s Digest, jahe memiliki sifat antiinflamasi alami. Jika Anda membuat teh jahe langsung dari rebusan atau seduhan jahe yang dipotong lalu diparut, teh tersebut dapat memberikan efek menenangkan dan dapat mengurangi tekanan di kepala. Selain itu, teh jahe hangat yang ditambah dengan madu dapat mengurangi gejala sinusitis seperti sakit tenggorokan dan hidung tersumbat.

2. Kompres hangat

Cara lain untuk mengurangi sakit kepala dan nyeri pada wajah atau hidung saat terserang sinusitis adalah dengan mengaplikasikan kompres hangat. Kompres hangat akan menghangatkan hidung, sehingga sumbatan akan menghilang dan rasa nyeri mereda.

3. Mandi air hangat atau sauna

Mandi dengan air hangat atau masuk ke dalam ruangan sauna dapat membuka saluran hidung dan meredakan rasa nyeri. Uap panas saat mandi atau pada ruang sauna bertindak mirip dengan larutan garam yang mengandalkan panas untuk memperluas dan menenangkan rongga sinus. Namun, jangan mandi air hangat atau berada di ruangan sauna terlalu lama, ya! Bukannya sumbatan dan nyeri berkurang, malah kepala bisa semakin sakit!

4. Gunakan humidifier

Umumnya, sakit kepala akibat sinusitis muncul pada malam hari karena udara terasa lebih kering. Untuk mengatasinya sekaligus mengurangi iritasi saluran hidung, manfaatkanlah humidifier. Humidifier merupakan pelembap udara yang dapat diberikan cairan aromaterapi untuk menenangkan pikiran.

5. Makan makanan pedas

Mengonsumsi makanan pedas akan melancarkan saluran hidung sehingga nyeri pada wajah dan kepala juga akan berkurang. Ini karena cabai mengandung capsaicin yang dianggap sebagai penghilang rasa sakit alami.

6. Mengonsumsi kayu manis

Kayu manis adalah makanan antiinflamasi alami yang berguna untuk meredakan sakit kepala akibat sinusitis. Anda bisa mencampur kayu manis dengan madu, kemudian ditelan, sehingga gejala sinusitis seperti sakit kepala dan sakit tenggorokan bisa mereda.

Bagaimana, mudah, kan? Jika lain kali sakit kepala akibat sinusitis menyerang, coba dulu atasi dengan enam cara alami ala rumahan yang disebutkan di atas. Jika sinusitis sudah membaik dan gejala mereda, usahakan untuk tidak merokok, sering mencuci tangan dan tidak menyentuh wajah dengan tangan yang kotor. Selain itu, jauhi faktor alergen agar sinus tidak mudah kambuh.

[RN/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar