Sukses

Waspadai Tanda-Tanda Masalah Paru-Paru Ini

Kesehatan paru-paru tak bisa dianggap sepele. Apa saja gejala paru-paru yang bermasalah? Kenali tanda paru-paru yang tidak sehat di sini.

Paru-paru sangat vital fungsinya dalam menyediakan oksigen bagi tubuh. Namun, organ ini cukup rawan mengalami berbagai masalah kesehatan. 

Ini karena interaksi paru-paru dengan dunia luar hanya dibatasi oleh saluran pernapasan.

Ketika paru-paru mengalami gangguan, proses pernapasan pun akan terhambat, dan tentu saja suplai oksigen menjadi terganggu. 

Jika tidak segera ditangani, kondisi tersebut akan semakin parah dan dapat menyebabkan kematian.

Ciri-ciri paru-paru bermasalah bervariasi, mulai dari yang ringan hingga berat. Dalam beberapa kasus, bahkan gejala tidak muncul sama sekali. 

Artikel Lainnya: Kenali Perbedaan Paru-Paru Sehat dan Paru-Paru Perokok

Lalu, apa saja tanda paru-paru tidak sehat? Berikut beberapa di antaranya.

1 dari 4 halaman

1. Batuk berdarah

Batuk berdarah adalah salah satu ciri-ciri paru-paru bermasalah yang paling mengkhawatirkan, bahkan dapat menjadi tanda kanker. 

Selain itu, ada kondisi lain yang dapat menyebabkan batuk berdarah, seperti bronkitis kronis atau emfisema. Segera hubungi dokter jika mengalami batuk berdarah guna mendapatkan perawatan yang tepat.

2. Suara Berubah Serak

Gejala sakit paru-paru berikutnya adalah suara menjadi serak. Gejala ini biasa disepelekan dan dianggap radang tenggorokan biasa. 

Namun, suara serak yang berlangsung lebih dari beberapa minggu bisa menjadi gejala penyakit paru obstruktif kronis (PPOK).

Karena penderita PPOK tidak dapat menahan banyak udara di paru-paru, mereka rentan alami perubahan suara hingga kesulitan mengeluarkan kata-kata. 

3. Napas Pendek

Napas pendek bisa menjadi gejala paru-paru bermasalah. Jika Anda memiliki masalah paru-paru yang tersembunyi atau mengalami stres, Anda lebih rentan terkena infeksi bakteri yang dapat memicu napas pendek. Periksakan diri segera ke dokter bila mengalami masalah ini.

4. Merasa Lelah Sepanjang Waktu

Ketika Anda lelah, tidur malam yang nyenyak dapat membangkitkan kembali energi yang hilang. 

Jika tidur malah membuat Anda semakin lelah, waspadalah. Ini bisa menjadi indikasi adanya kanker paru-paru. 

Bagi pasien kanker paru-paru, kelelahan timbul akibat penurunan fungsi paru-paru yang terjadi dari waktu ke waktu.

Artikel Lainnya: Bisakah Manusia Hidup dengan Sebelah Paru? Ini Faktanya

2 dari 4 halaman

5. Pembengkakan dan Nyeri di Satu Kaki

Sekilas, pembengkakan dan nyeri di satu kaki tidak terlihat sebagai gejala penyakit paru-paru. 

Namun faktanya, masalah ini bisa menjadi tanda bahwa Anda memiliki deep vein thrombosis. Kondisi ini akibat terbentuknya gumpalan darah di dalam pembuluh vena.

Gumpalan darah tersebut bisa pecah dan masuk ke paru-paru, atau disebut emboli paru. 

Gumpalan tersebut juga dapat menghalangi aliran darah dan menyebabkan kerusakan serius. Jika terjadi emboli paru, penderita pun dapat mengalami sesak napas dan nyeri dada.

6. Batuk Lama (Kronis)

Batuk memang merupakan ciri-ciri paru-paru bermasalah yang paling umum dan sering ditemukan. Saking seringnya, gejala ini telah dianggap biasa.

Namun, jika batuk tersebut telah berjalan lebih dari delapan pekan lamanya, kondisi ini telah menjadi batuk kronis. Hal itu bisa menjadi gejala paru-paru bermasalah.

7. Produksi Mukus atau Lendir yang Kronis

Tanda paru-paru bermasalah berikutnya adalah produksi mukus yang kronis. Mukus atau lendir adalah cairan kental yang diproduksi oleh saluran pernapasan sebagai bentuk pertahanan diri melawan infeksi atau zat iritasi.

Saat Anda mengalami produksi mukus berlebih selama sebulan atau lebih, mungkin saja sudah terjadi masalah pada paru-paru.

8. Adanya Suara Wheezing Saat Bernapas

Adanya suara tambahan lain saat bernapas, seperti wheezing (mengi), bisa menjadi pertanda adanya sumbatan atau penyempitan saluran pernapasan.

9. Nyeri Dada Kronis

Nyeri dada juga bisa jadi ciri-ciri paru-paru Anda bermasalah. Nyeri dada yang berlangsung 1 bulan atau lebih bisa jadi tanda paru-paru sedang tidak sehat. 

Terlebih saat gejala tersebut bertambah parah saat Anda bernapas atau batuk. Segera periksakan diri ke dokter untuk menjalani pemeriksaan.

Artikel Lainnya: Mengenal Bagian Paru-Paru dan Fungsinya dalam Menunjang Kehidupan

3 dari 4 halaman

10. Kuku Terlihat Membiru

Kuku yang terlihat membiru bisa jadi tanda sianosis, yaitu suatu kondisi jumlah oksigen yang beredar ke seluruh darah tidak mencukupi. Tanda ini bisa menjadi kalau paru-paru Anda mengalami masalah yang cukup parah.

Jika Anda mendapati kuku berubah sedikit menjadi biru disertai ciri-ciri paru-paru bermasalah lainnya yang sudah disebutkan di atas, sebaiknya jangan tunda untuk periksa ke dokter.

11. Penurunan Berat Badan Drastis

Perubahan berat badan yang tidak dapat dijelaskan bisa juga dikaitkan dengan peningkatan upaya bernapas. 

Kondisi ini kemudian menyebabkan tubuh menggunakan lebih banyak energi hanya untuk bernapas. 

Lalu, penurunan berat badan secara drastis juga sering ditemukan pada penderita tuberkulosis dan kanker paru-paru.

Artikel Lainnya: Mengenal Kapasitas Paru dan Hubungannya dengan Kesehatan

12. Mengalami Gangguan Tidur

Gangguan tidur juga bisa terjadi akibat masalah pernapasan. Biasanya batuk lebih aktif pada malam hari, sehingga membuat penderitanya jadi sesak dan nyeri dada. Inilah yang membuat tidur terganggu hampir setiap malam.

13. Keringat Berlebih di Malam Hari

Anda juga bisa mengalami keringat berlebihan di malam hari ketika paru-paru bermasalah. 

Seringnya, hal ini disebabkan oleh penyakit tuberkulosis. Masih belum jelas mekanisme terjadinya hal ini. Namun, dikaitkan dengan mekanisme pertahanan tubuh dalam melawan infeksi dan irama sirkadian tubuh.

Ada cukup banyak ciri-ciri paru-paru bermasalah yang perlu Anda waspadai dan tidak anggap enteng. 

Jika beberapa tanda tersebut terjadi pada Anda, jangan tunggu berlama-lama untuk memeriksakannya ke dokter.

Anda bisa berkonsultasi secara daring lewat fitur LiveChat 24 Jam atau dengan mengunduh aplikasi KlikDokter.

1 Komentar