Sukses

5 Tanda Kesehatan Paru-paru Anda Bermasalah

Ada beragam tanda pada tubuh yang menunjukkan kondisi paru-paru Anda. Perhatikan lima tanda berikut ini.

Klikdokter.com, Jakarta Paru-paru adalah organ yang berperan penting dalam sistem pernapasan manusia. Organ ini sangat vital dalam fungsinya untuk menghirup serta mengembuskan oksigen. Bila organ tersebut mengalami gangguan, proses pernapasan juga akan terhambat dan dapat meningkatkan risiko terserang penyakit.

Ketika paru-paru mengalami masalah, tanda yang mungkin mudah dilihat adalah dari pernapasan. Namun, ada lagi gejala lainnya yang sering kali tidak disadari, dan karena itu harus diwaspadai. Dilansir Reader’s Digest, inilah lima tanda yang dapat menjadi indikasi adanya gangguan pada paru-paru:

  1. Pembengkakan dan nyeri di satu kaki

Sekilas, pembengkakan dan nyeri di satu kaki tak terlihat sebagai gejala penyakit paru-paru. Namun faktanya, masalah ini bisa menjadi tanda bahwa Anda memiliki deep vein thrombosis (kondisi terbentuknya gumpalan darah di dalam pembuluh vena).

Bahayanya adalah gumpalan darah tersebut bisa pecah dan masuk ke paru-paru Anda, suatu kondisi yang disebut emboli paru. Gumpalan tersebut juga dapat menghalangi aliran darah dan menyebabkan kerusakan serius. Jika terjadi emboli paru, penderita juga dapat mengalami sesak napas dan nyeri dada.

  1. Napas pendek

Napas pendek bisa menjadi tanda dari adanya gangguan paru-paru. Jika Anda memiliki masalah paru-paru yang tersembunyi atau mengalami stres, Anda lebih rentan untuk terkena infeksi bakteri yang dapat memicu napas pendek. Periksakan diri segera ke dokter bila mengalami masalah ini.

  1. Batuk berdarah

Ini adalah salah satu gejala yang paling mengkhawatirkan, bahkan dapat menjadi tanda kanker paru-paru. Selain itu, ada kondisi lain yang dapat menyebabkan batuk berdarah, seperti bronkitis kronis atau emfisema. Segera hubungi dokter jika mengalami batuk berdarah guna mendapatkan perawatan yang tepat.

  1. Suara berubah serak

Mungkin Anda hanya mengira itu pilek, tetapi suara serak yang berlangsung lebih dari beberapa minggu bisa menjadi gejala penyakit paru obstruktif kronis (PPOK). Karena penderita PPOK tidak dapat menahan banyak udara di paru-paru, mereka rentan mengalami perubahan suara hingga kesulitan mengeluarkan kata-kata.

  1. Merasa lelah sepanjang waktu

Ketika Anda lelah, tidur malam yang nyenyak dapat membangkitkan kembali energi yang hilang. Tapi jika tidur malah membuat Anda makin lelah, waspadalah. Ini bisa menjadi indikasi adanya kanker paru-paru. Pada pasien kanker paru-paru, kelelahan timbul akibat penurunan fungsi paru-paru yang terjadi dari waktu ke waktu.

1 dari 2 halaman

Cara menjaga kesehatan paru-paru

Paru-paru yang sehat bisa didapat dengan menerapkan pola hidup sehat, seperti:

  1. Olahraga rutin

Selama berolahraga, frekuensi pernapasan akan meningkat. “Hal ini memacu paru-paru untuk melakukan proses pernapasan lebih aktif, sehingga memaksimalkan kerja organ tersebut,” kata dr. Andika Widyatama dari KlikDokter.

  1. Waspada dengan paparan polusi

“Paparan terhadap zat polutan di udara dapat merusak jaringan paru-paru. Ketika jaringan rusak, Anda jadi lebih rentan terkena penyakit,” ujar dr. Andika. Untuk melindungi diri dari polusi udara, Anda dapat melakukan beberapa upaya, seperti mengatur ventilasi rumah dengan baik, menghindari asap rokok, serta memakai masker.

  1. Tidak merokok

Menurut dr. Andika, merokok merupakan penyebab utama terjadinya kanker paru-paru. Dalam jangka panjang, merokok dapat merusak jaringan paru dan mencetuskan pertumbuhan sel kanker. 

  1. Hindari infeksi

Anda bisa mencegah infeksi dengan rajin mencuci tangan, menghindari orang-orang yang sedang mengalami infeksi saluran pernapasan, menjaga kebersihan gigi dan mulut, serta mendapatkan vaksinasi.

  1. Konsumsi asupan sehat

Dijelaskan oleh dr. Andika, mengonsumsi makanan sehat dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Pada akhirnya, sistem kekebalan tubuh yang baik dapat melindungi fungsi organ-organ, termasuk paru-paru.

Perhatikan lima tanda penyakit paru-paru yang telah dijelaskan di atas. Jika Anda merasa memiliki satu dari gejala tersebut, segeralah konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan diagnosis yang tepat. Dan bila Anda mempunyai faktor risiko tinggi untuk penyakit paru-paru (usia di atas 55 tahun dan pernah merokok), lakukan skrining ke klinik kesehatan terdekat.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar