Sukses

8 Cara Alami Memutihkan Kulit

Sebelum mengunjungi klinik kecantikan untuk mendapatkan kulit lebih putih, coba dulu beberapa cara alami untuk memutihkan kulit ini.

Klikdokter.com, Jakarta Banyak orang berusaha untuk mendapatkan kulit yang cerah dengan menggunakan produk kecantikan atau melakukan perawatan tertentu. Namun, itu semua membutuhkan biaya lebih dan kandungan kimianya bisa berdampak pada kulit dari waktu ke waktu. Nah, sebelum Anda mengunjungi klinik kecantikan, pertimbangkan dulu beberapa cara alami untuk memutihkan kulit.

Apa pun warna kulit Anda, paparan sinar matahari dapat menyebabkan kulit tampak lebih gelap dan kusam. Selain itu, paparan berlebihan terhadap polusi udara, penggunaan kosmetik berlebihan, ketidakseimbangan hormon, penuaan, stres, diet tak seimbang, faktor lingkungan tertentu, genetik, kulit kering, gaya hidup, dan adanya kondisi medis tertentu juga merupakan faktor-faktor yang berpotensi menyebabkan kulit tampak lebih gelap.

Perlu diingat bahwa memutihkan kulit yang aman adalah tidak dengan mengubah warna menjadi lebih putih, tapi lebih fokus pada membuat kulit tampak lebih cerah, sehat, dan bersinar.

Berikut di bawah ini adalah beberapa cara alami yang bisa Anda coba.

  1. Minum air secara teratur

Air tidak hanya baik untuk kesehatan, tapi juga efektif untuk merawat kulit. Minum air secara cukup dapat membantu melawan garis-garis halus, kerutan, dan menghilangkan tanda-tanda penuaan. Oleh sebab itu, minumlah setidaknya delapan gelas per hari. Anda juga bisa menambahkan irisan lemon ke dalam gelas air untuk hasil yang lebih baik.

  1. Hindari paparan matahari

Sinar matahari memang sumber vitamin D alami terbaik. Namun, paparan sinar matahari secara berlebihan malah bisa mengakibatkan kerusakan kulit. Agar kulit terlindungi dari paparan ultraviolet (UV) sinar matahari, gunakan tabir surya minimal 30 SPF.

  1. Pentingnya eksfoliasi atau pengelupasan

Hal yang sangat penting dilakukan yaitu eksfoliasi wajah dan seluruh tubuh sekaligus dengan interval yang teratur. Dapat menggunakan garam mandi dan lulur ringan. Eksfoliasi kulit wajah harus dilakukan sekitar dua hingga tiga kali seminggu. Dengan melakukan hal ini akan membantu mengeliminasi lapisan kotoran, sel-sel mati dan semua gangguan yang terdapat pada permukaan kulit penyebab kulit tampak gelap.

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

  1. Menjaga diet seimbang dan sehat

Apa yang Anda makan akan memengaruhi kulit. Untuk itu, penting sekali untuk menjaga diet yang sehat dan seimbang agar kulit senantiasa sehat.

Hindari makanan yang berminyak, manis dan pedas. Konsumsilah makanan yang kaya akan vitamin C, E, karotenoid, asam lemak omega, dan lain-lain.

  1. Andalkan jus lemon

Jus lemon mengandung antioksidan dan vitamin C yang dapat membantu pertumbuhan sel kulit baru dan membentuk kulit yang lebih cerah. Vitamin C juga dapat mengencangkan pori-pori dan mengurangi sekresi sebum. Lemon memiliki komposisi asam alami yang dapat membuat kulit tampak lebih cerah.

  1. Konsumsi yoghurt

Yoghurt memiliki sifat pemutih dan mengandung enzim yang dapat mencerahkan kulit. Yoghurt mengandung asam laktat yang termasuk ke dalam AHA (asam hidroksi alfa) yang berperan dalam eksfoliasi kulit. Fungsi ini akan membantu warna kulit tampak lebih cerah dan putih.

  1. Jangan remehkan khasiat madu

Madu memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu melawan jerawat, bercak penuaan, termasuk bekas luka. Madu juga berfungsi melembapkan kulit, menghilangkan sel kulit mati, dan membuat warna kulit menjadi cerah.

  1. Jangan lupakan tomat

Tomat kaya akan vitamin dan antioksidan yang baik sekali untuk kesehatan kulit. Tomat juga memiliki sifat pemutih, sehingga bisa membuat kulit putih secara alami. Komposisi asam alami tomat bisa menyeimbangkan pH kulit, sehingga dapat menghambat produksi minyak berlebih pada kulit. Kulit pun terlihat halus dan cerah.

Memutihkan kulit bisa dengan berbagai cara. Bisa dengan menggunakan berbagai produk kecantikan atau perawatan khusus lainnya, atau bisa juga dengan cara alami seperti menggunakan delapan bahan yang disebutkan di atas. Kelebihannya, lebih aman karena alami, murah meriah, dan bisa dilakukan setiap hari. Meski demikian cintailah warna kulit Anda apa adanya dan tetap prioritaskan kesehatan kulit secara menyeluruh.

[RN/ RVS]

1 Komentar