Sukses

5 Kondisi Buruk Akibat Rokok yang Merusak Penampilan

Hindari paparan dan konsumsi rokok. Jika tidak, berbagai hal buruk di bawah ini bisa Anda alami.

Klikdokter.com, Jakarta Apakah Anda adalah seorang perokok? Hati-hati, kebiasaan merokok telah terbukti menyebabkan kondisi yang buruk bagi tubuh. Menurut American Lung Association, rokok mengandung sekitar 600 jenis zat yang jika dibakar akan menghasilkan lebih dari 7.000 zat kimia.

Sebagian besar dari zat kimia tersebut beracun dan membahayakan tubuh. Itulah sebabnya, selain mengancam paru-paru, rokok juga dapat memicu tekanan darah tinggi atau hipertensi. Tak hanya itu, rokok juga dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan lainnya.

Dampaknya bagi kulit hingga jantung

Sudah menjadi rahasia umum bahwa merokok dapat memperburuk kondisi organ paru. Kebiasaan tidak sehat ini dapat mengakibatkan kerusakan sel-sel paru hingga menimbulkan serangkaian penyakit.

Dijelaskan oleh dr. Resthie Rachmantra Putri, M.Epid., dari KlikDokter, merokok juga dapat menimbulkan kerusakan jaringan di beberapa sistem organ tubuh, termasuk sistem kardiovaskular atau dikenal juga dengan sistem peredaran darah.

“Sistem kardiovaskular ini terdiri dari jantung, pembuluh darah, dan komponen darah itu sendiri. Jika ada masalah di salah satu bagian tersebut, tentu dapat mengganggu fungsi sistem kardiovaskular,” ujar wanita yang akrab dipanggil dr. Resthie ini.

Tak hanya organ dalam tubuh, merokok pun bisa menimbulkan kerusakan kulit. Seputar hal ini, dr. Atika menjelaskan kepada KlikDokter, bahwa kebiasaan merokok dapat mengurangi jumlah kolagen dalam kulit, sehingga zat dalam rokok dapat merusak komponen kulit.

Padahal, kolagen adalah komponen jaringan kulit yang dapat membuat kulit Anda terlihat lebih sehat, muda, kenyal dan halus bila disentuh. Pemaparan tersebut kemudian diamini oleh dr. Jessica Florencia dari KlikDokter.

“Kandungan racun dalam rokok dapat merusak sel kulit, sehingga menyebabkan munculnya garis-garis halus dan kerutan pada kulit. Selain itu, perokok aktif kulitnya akan terlihat kusam dan kering. Yang lebih berbahaya lagi, zat dalam rokok juga dapat menghambat proses penyembuhan luka pada jaringan,” jelasnya.

Rokok merusak penampilan

Selain dapat merusak penampilan lewat kulit kusam, keriput dan kering, ternyata kebiasaan merokok juga dapat berdampak pada penampilan secara keseluruhan. Berikut ini adalah efek samping yang akan Anda alami ketika terjebak dalam kebiasaan merokok.

1. Muncul lingkaran gelap di bawah mata

Penelitian menunjukkan bahwa merokok dapat menggangu kualitas tidur, sehingga membuat tidur Anda tidak nyenyak. Hal inilah yang kemudian akan memunculkan lingkaran gelap di bawah mata.

2. Gigi kuning

Nikotin dalam rokok akan menodai gigi hingga membuatnya berwarna kekuningan. Selain itu, tembakau dalam rokok dapat melemahkan jaringan lunak dan tulang gigi Anda, sehingga menyebabkan penyakit gusi. Gigi Anda tidak hanya akan berubah warna menjadi kuning gelap, bahkan bisa jatuh seiring berjalannya waktu.

3. Rambut tipis dan mudah rontok

Bahan kimia beracun dalam asap merusak DNA folikel rambut. Rokok juga menghasilkan radikal bebas yang merusak sel, yang tidak hanya membuat rambut tipis dan rapuh, tetapi juga mengubahnya menjadi berwarna abu-abu.

Berdasarkan sebuah penelitian, pria yang merokok dua kali lipat lebih banyak disinyalir dapat mengalami kebotakan.

4. Bintik kulit

Merokok telah lama dikaitkan dengan perkembangan kanker kulit. Namun, penelitian juga menunjukkan bahwa perokok lebih mungkin memiliki bintik-bintik di kulit. Sebab, zat di dalam rokok dapat melemahkan kulit dan menghilangkan nutrisi yang dibutuhkan, hingga muncul bintik-bintik tersebut.

5. Kuku menguning

Selain gigi yang menguning, kuku perokok dan bahkan jarinya bisa berubah menjadi kuning berkat tembakau.

Tak hanya berbahaya bagi kesehatan, nyatanya konsumsi rokok juga dapat merusak penampilan Anda. Jadi, tunggu apa lagi? Berhentilah merokok, dan mulailah hidup sehat dari sekarang!

[NP/ RVS]

1 Komentar