Sukses

Kendalikan Kadar Gula Darah dengan Olahraga Ini

Tahukah Anda bahwa jenis olahraga tertentu terbukti efektif mengendalikan kadar gula darah di dalam tubuh? Olahraga apa saja yang dimaksud?

Klikdokter.com, Jakarta Berapapun usia Anda saat ini, olahraga sangat baik untuk dilakukan secara rutin dan teratur. Aktivitas positif ini dapat membantu menurunkan berat badan dan meningkatkan sensitivitas insulin. Dengan demikian, kadar gula darah di dalam tubuh akan tetap berada di rentang normal. Untuk merasakan manfaat tersebut, Anda sebenarnya tidak perlu melakukan olahraga yang berat. Anda hanya perlu melakukan gerakan mudah, seperti berjalan kaki atau berenang.

"Anda tidak perlu lari maraton. Berjalan, berenang, dan bermain adalah cara yang baik untuk berolahraga,” kata Dawn Sherr, RD., dari American Association of Diabetes Educators.

Selain yang telah disebutkan, Anda juga bisa mencoba beberapa olahraga berikut ini agar kadar gula darah di dalam tubuh tetap stabil:

  • Berjalan di luar ruangan, atau di dalam ruangan menggunakan treadmill
  • Mengikuti kelas dansa, senam, atau zumba
  • Bersepeda di luar rumah, atau naik sepeda statis di dalam ruangan
  • Berenang atau aerobik air
  • Yoga
  • Tai chi
  • Bermain tenis
  • Aerobik atau kelas kebugaran lainnya
  • Melakukan pekerjaan rumah tangga, seperti menyapu, mengepel atau berkebun
  •  beban

Bagaimana olahraga bisa mengontrol gula darah?

Ketika melakukan olahraga ringan, seperti berjalan kaki, jantung berdetak sedikit lebih cepat dan Anda akan bernapas sedikit lebih keras. Otot-otot di tubuh Anda juga menggunakan lebih banyak gula untuk diubah menjadi energi. Seiring waktu, proses tersebut dapat menurunkan kadar gula darah ke rentang normal, juga membuat insulin di dalam tubuh Anda bekerja dengan lebih baik.

Kendati begitu, terdapat satu hal yang perlu diingat, yaitu Anda tidak perlu melakukannya secara berlebihan. Fakta menyebutkan bahwa olahraga yang terlalu diforsir dapat meningkatkan kadar gula darah dengan cepat setelah Anda berhenti melakukannya. Ini karena olahraga yang sangat intens menyebabkan tubuh memproduksi lebih banyak hormon stres, yang pada akhirnya dapat mengakibatkan peningkatan gula darah.

Konsultasikan dengan dokter dan mulailah segera

Sebelum mulai berolahraga, lebih baik Anda berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter. Hal ini penting, karena setiap orang memiliki kondisi tubuh dan kemampuan yang berbeda, yang nantinya turut memengaruhi tingkat kecocokan terhadap olahraga yang akan dilakukan.

Jika sudah berkonsultasi, tetapkan waktu yang sesuai agar Anda bisa melakukan olahraga tersebut secara rutin dan teratur. Agar tetap termotivasi, Anda juga bisa minta bantuan rekan, teman, pasangan, atau anggota keluarga lain untuk menemani. Berolahraga bersama orang yang disayangi tentu sangat menyenangkan, bukan?

Setelah menetapkan itu semua, mulailah berolahraga beberapa kali dalam seminggu. Secara perlahan, tingkatkan intensitas dan durasinya. Misalnya, minggu pertama Anda hanya berjalan kaki 10 menit perhari. Maka minggu kedua Anda sebaiknya meningkatkan durasinya menjadi 15 menit perhari. Durasi olahraga yang dianjurkan oleh para ahli adalah sekitar 30 menit per hari, atau 150 menit seminggu.

Jangan lupa untuk menggunakan sepatu dan pakaian olahraga yang menunjang, agar terhindar dari cedera. Selain itu, kombinasikan kebiasaan olahraga Anda dengan  konsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang serta cukup istirahat. Dengan demikian, kadar gula darah akan tetap berada di rentang normal dan tubuh Anda akan sehat secara keseluruhan.

[NB/ RVS]

1 Komentar