Sukses

Tips Makan Buah untuk Penderita Diabetes

Apakah Anda adalah penderita diabetes yang hobi makan buah? Awas, jangan sembarangan. Anda harus mematuhi aturan agar gula darah tetap aman.

Klikdokter.com, Jakarta Buah merupakan sumber serat yang sehat termasuk bagi penderita diabetes. Dengan mengonsumsinya dalam jumlah cukup, sejumlah besar serat larut akan masuk ke dalam tubuh Anda. Kemudian, di dalam usus, serat tersebut akan mengikat kolesterol sehingga jumlah yang masuk ke dalam darah akan berkurang jumlahnya.

Tak berhenti di situ, serat yang berasal dari buah juga bisa menimbulkan rasa kenyang yang tahan lama. Maka dari itu, jumlah porsi makanan yang Anda konsumsi bisa berkurang sehingga turut membantu dalam proses penurunan berat badan.

“Sudah jadi rahasia umum bahwa untuk menjaga kesehatan tubuh, serat adalah salah satu kuncinya. Buah merupakan contoh bahan pangan yang kaya akan kebaikan serat,” ujar dr. Dyan Mega Inderawati dari KlikDokter.

Lebih lanjut, dr. Ega memaparkan bahwa serat tidak hanya baik untuk kesehatan saluran cerna, dapat mencegah sembelit dan menurunkan risiko kanker usus besar. Lebih dari itu, serat juga berperan menjaga kadar kolesterol dan gula darah tetap stabil, selama didapatkan dalam jumlah yang sesuai.

Buah untuk diabetes

American Diabetes Association (ADA) menyarankan bahwa buah apapun boleh dimakan oleh penderita diabetes, selama orang itu tidak alergi terhadap buah terkait. Kendati begitu, penderita diabetes wajib menghindari buah olahan yang biasanya dikemas dalam kaleng, buah kering, dan jus buah.

Selain itu, The National Institute of Diabetic and Digestive and Kidney Diseases (NIDDK) memberikan rekomendasi bahwa penderita diabetes juga perlu menghindari campuran buah, seperti smoothies. Ini karena buah yang sudah diolah terlebih dahulu sebelum dikonsumsi biasanya mengandung kadar gula yang tinggi, sehingga dapat dengan cepat menyebabkan lonjakan gula darah.

Tips makan buah untuk diabetes

Kebanyakan petunjuk kesehatan merekomendasikan bahwa orang dewasa dan anak-anak dianjurkan untuk makan lima porsi buah dan sayuran setiap hari. Anjuran ini tidak berubah untuk penderita diabetes.

Lebih spesifik, para ahli merekomendasikan bahwa penderita diabetes disarankan untuk mengisi setengah dari piring mereka setiap kali makan dengan buah-buahan dan sayuran. Bagian yang kosong diisi dengan lemak sehat, untuk mendorong perasaan penuh dan meningkatkan penyerapan antioksidan serta vitamin.

“Supaya lebih optimal, buah harus dikonsumsi dalam porsi yang tepat. Terkait hal ini, sebagian besar ahli menyarankan agar sayur dan buah dikonsumsi setidaknya 400 gram dalam sehari,” kata dr. Resthie Rachmanta Putri dari KlikDokter.

Terlepas dari anjuran makan buah seperti di atas, penderita diabetes nyatanya harus mengonsumsi segala asupan dengan bijak. Mereka harus mematuhi aturan 3J (Jumlah, Jadwal, Jenis), agar kadar gula darah tetap stabil dan kondisi kesehatan secara umum tetap terjaga dengan optimal.

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar