Sukses

Manfaat Minum Jus Seledri bagi Kesehatan

Anda yang selama ini menyepelekan seledri, sekarang harus berpikir ulang. Ada deretan manfaat bagus ketika seledri dijadikan jus.

Klikdokter.com, Jakarta Apa yang pertama kali Anda bayangkan ketika mendengar kata “seledri”? Pasti banyak yang berpikir seledri hanyalah bahan pelengkap saat Anda makan bakso atau bubur ayam. Namun, tahukah Anda bahwa seledri bisa dibuat menjadi jus seledri dan memiliki manfaat yang luar biasa?

Sayuran bernama Latin Apium graveolens ini biasanya menjadi elemen kecil untuk menambah aroma sebuah makanan. Tak banyak terpikir untuk menjadikan seledri bahan utama untuk membuat minuman jus.

"Sebenarnya, seledri cukup bagus untuk kesehatan. Jus seledri memiliki segudang manfaat karena kandungannya untuk kesehatan,” ujar Amy Shapiro, R.D., pendiri Real Nutrition.

Dilansir dari Women's Health, berikut manfaat luar biasa dari jus seledri.

1. Menjaga hidrasi tubuh

Jus seledri bisa menjaga tubuh Anda tetap terhidrasi dengan baik. Itu karena seledri utuh memiliki kandungan air yang banyak sehingga Anda akan mendapatkan cairan yang cukup ketika Anda meminumnya.

2. Kurangi kembung

Mengonsumsi 1 sampai 2 cangkir jus seledri dalam sehari dapat membantu mengurangi rasa kembung.

“Beberapa orang mungkin mendapat manfaat dari minum jus seledri jika mereka merasa kembung,” Shapiro menjelaskan. Menurutnya, seledri adalah diuretik alami. Seledri akan melepaskan retensi air sambil menjaga Anda tetap terhidrasi.

3. Kaya antioksidan

Shapiro mengatakan bahwa seledri juga mengandung antioksidan dan antiinflamasi. Nutrisi ini dapat membantu Anda merasa lebih baik sekaligus melawan penyakit.

4. Sumber magnesium yang baik

Shapiro menyebut bahwa seledri mengandung tinggi magnesium. Selain itu, kandungan sarinya juga dapat meningkatkan kesehatan otot, pencernaan, dan membuat tidur menjadi nyenyak.

"Seledri juga kaya akan nitrat, yang membantu melebarkan pembuluh darah, meningkatkan sirkulasi darah, dan menurunkan tekanan darah. Seledri juga memiliki sifat antiinflamasi yang menjaga kesehatan usus dan mengatur pencernaan," ungkap Shapiro.

5. Rendah gula dan kalori

Dari satu cangkir jus seledri utuh ternyata hanya mengandung 1 gram gula. Bahkan jika meminum 4 atau 5 cangkir seledri utuh, Anda akan tetap mengonsumsi lebih sedikit gula daripada yang ada dalam segelas jus jeruk. Rata-rata, segelas jus jeruk mengandung sekitar 7 gram gula. Selain itu, kabar baiknya adalah satu cangkir jus seledri hanya mengandung sekitar 15 kalori.

Seledri juga disarankan agar dimakan secara utuh. Itu karena manfaat serat akan lebih didapatkan ketika memakan sayuran secara utuh selain dijadikan jus. Satu hal yang perlu Anda hindari, jangan menambahkan gula pada jus seledri Anda agar manfaat sehatnya benar-benar bisa Anda rasakan.

[HNS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar