Sukses

Atasi Jerawat dengan 7 Resep Rumahan Ini

Tak banyak orang yang tahu bahwa jerawat bisa diatasi dengan menggunakan tujuh resep rumahan ini.

Klikdokter.com, Jakarta Munculnya jerawat bisa membuat siapa saja risih dan ingin buru-buru menumpasnya. Bisa jadi Anda telah menggunakan berbagai jenis obat, tetapi jerawat tetap saja timbul lagi. Tak banyak yang tahu bahwa ada resep rumahan menggunakan bahan-bahan yang tersedia di rumah, yang bisa Anda manfaatkan untuk mengatasi jerawat.

Jerawat merupakan gangguan pada kulit yang berhubungan dengan produksi minyak berlebih. Kondisi ini menyebabkan peradangan serta penyumbatan pada pori-pori kulit. Peradangan ini ditandai dengan munculnya benjolan kecil (yang terkadang berisi nanah) di permukaan kulit. Jerawat biasa muncul di bagian tubuh dengan kelenjar minyak terbanyak, yaitu wajah, leher, dada bagian atas, dan punggung.

Faktor penyebab jerawat meliputi:

  • Stres
  • Faktor hormonal
  • Kelenjar minyak yang terlalu aktif
  • Keturunan
  • Bakteri di pori-pori kulit
1 dari 2 halaman

Gunakan resep rumahan ini untuk menumpas jerawat

Mengatasi jerawat bisa dilakukan dengan sejumlah cara. Salah satu metode yang bisa Anda lakukan adalah dengan cara alami yang mengandalkan resep rumahan. Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

  1. Teh hijau

Teh hijau memiliki senyawa antimikroba dan antioksidan yang dapat membantu melawan jerawat. Untuk mendapatkan efek ini, gunakan secangkir teh hijau dingin sebagai pencuci wajah atau Anda juga bisa mengompres kantong teh hijau di area wajah yang berjerawat. Cara ini bisa membendung produksi sebum dan memerangi bakteri penyebab jerawat. Selain itu, menyisip teh hijau 2-3 cangkir per hari akan membantu mengusir jerawat lewat nutrisi dari dalam.

  1. Madu

Sifat antibiotik madu dapat bisa efektif membersihkan kulit dari jerawat dan mencegah jerawat baru. Tak hanya itu, madu juga dipercaya bisa membantu kulit tampak lembut, kencang, dan lembap. Madu yang disarankan adalah madu alami seperti raw honey, madu organik, atau madu liar.

Oleskan satu sendok teh madu ke area wajah yang berjerawat, atau Anda juga bisa membuat masker dengan mencampur ½ cangkir madu dengan 1 cangkir plain oatmeal. Diamkan menempel di wajah selama 30 menit. 

  1. Mint

Mint dapat membantu menghilangkan minyak penyumbat pori. Campurkan 2 sendok makan cacahan daun mint segar, 2 sendok makan yoghurt plain, dan 2 sendok makan oatmeal. Gunakan blender untuk menghaluskan oatmeal. Aduk semua bahan, lalu oleskan di wajah selama 10 menit. Setelah selesai bilas dengan air.

  1. Tomat

Tomat mengandung likopen yang merupakan antioksidan kuat, yang secara alami bisa melawan radikal bebas penyebab kulit rusak dan penuaan dini.

“Likopen juga berguna untuk meningkatkan produksi kolagen dan membantu proses pembentukan kulit baru. Dengan begitu, likopen tak hanya baik untuk mencegah jerawat tapi juga membantu mengobatinya,” kata dr. Adeline Jaclyn dari KlikDokter.

Selain itu, tomat memiliki tingkat keasaman tinggi yang ramah pada kulit. Keasaman ini akan membantu menyeimbangkan tingkat keasaman (pH) pada kulit. Hal ini akan memperlambat dan bahkan menghentikan jerawat untuk muncul kembali dengan membuat kulit bebas dari minyak.

Cara pakainya, iris tomat, lalu gosokkan pada wajah dengan gerakan melingkar pada area yang berjerawat. Lalu bilas dengan air dingin.

  1. Lemon

Lemon bertindak sebagai pengelupas kulit, eksfolian, dan desinfektan untuk mengurangi munculnya bekas luka dan mencegah pembentukan jerawat baru. Pada wajah yang sudah dibersihkan, oleskan kapas yang sudah dicelupkan ke jus lemon ke jerawat, lalu bilas dengan air dingin. 

  1. Lidah buaya

Aloe vera alias lidah buaya kaya akan vitamin dan mineral. Lidah buaya telah lama diklaim berkhasiat mengatasi jerawat di wajah. Menurut penjelasan dari dr. Karin Wiradarma dari KlikDokter, lidah buaya dapat bertindak sebagai antiperadangan, sehingga dapat meredakan jerawat yang merah, menggelembung, dan nyeri lebih cepat.

Selain itu, lidah buaya juga mengandung zat yang bisa mempercepat pembentukan kolagen, sehingga membantu menghilangkan bekas jerawat dengan lebih baik. Tak hanya itu, lidah buaya juga merupakan antibakteri sehingga dapat menghalau bakteri penyebab jerawat. Lidah buaya tidak menyumbat pori, sehingga aman untuk wajah berjerawat. Cara pakainya pun sangat mudah, tinggal ambil bagian daging lidah buaya, lalu aplikasikan ke jerawat.

  1. Cuka apel

Dikatakan oleh dr. Adeline, cuka apel memiliki peran sebagai antibakteri, antijamur, dan antivirus yang kuat, sehingga mampu mengurangi bakteri penyebab jerawat. Selain itu, cuka apel juga berfungsi mengelupas sel-sel kulit mati dari permukaan kulit, serta membantu mengobati dan mencegah noda di wajah. Cara memakainya, campurkan cuka sari apel dan air dalam jumlah yang sama dan aplikasikan ke kulit dengan kapas kapas.

Urusan jerawat tak melulu harus diatasi dengan obat-obatan. Cobalah untuk mengatasi jerawat dengan beberapa resep rumahan dengan menggunakan bahan-bahan yang bisa dengan mudah Anda temukan di rumah. Namun, jika jerawat justru makin banyak dan mengganggu, segera konsultasikan ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

[RN/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar