Sukses

7 Kiat Pulihkan Diri Usai Olahraga

Alokasikan waktu untuk memulihkan diri usai berolahraga, agar aktivitas fisik yang Anda lakukan akan semakin maksimal hasilnya.

Klikdokter.com, Jakarta Pemulihan merupakan bagian penting dari olahraga. Istirahat usai latihan fisik yang intensif akan berdampak positif terhadap kondisi fisik dan psikis seseorang. Secara fisiologis, hal ini berguna bagi otot Anda untuk kembali memperbaiki dan membangun, dirinya. Sementara dari segi psikologis, istirahat usai olahraga dapat membantu Anda untuk memulihkan dan menjaga keseimbangan diri.

Dilansir Very Well Fit mengalokasikan waktu untuk pemulihan ke dalam program olahraga, memungkinkan tubuh untuk mengisi kembali penyimpanan energi dan memperbaiki jaringan yang rusak. Olahraga menyebabkan sejumlah perubahan dalam tubuh, seperti kerusakan jaringan otot dan menipisnya penyimpanan energi serta kehilangan cairan. Tanpa waktu istirahat yang cukup, tubuh akan terus rusak akibat latihan yang intensif.

Terlalu banyak melakukan latihan intensitas tinggi tanpa cukup istirahat akan meningkatkan peradangan dalam tubuh dan justru melemahkan sistem kekebalan. Kurangnya waktu pemulihan juga dapat memicu sindrom overtraining. Tanda-tanda overtraining adalah rasa tidak enak badan, penurunan kinerja olahraga, peningkatan risiko cedera, hingga depresi.

Untuk mencegah serangan flu dan beragam penyakit lain karena kurang istirahat, lakukan kiat-kiat pemulihan usai olahraga seperti di bawah ini:

  1. Penuhi kebutuhan cairan

Selama berolahraga, Anda akan kehilangan banyak cairan melalui keringat. Anda harus menggantinya dengan minum cukup air setelahnya. Air akan mendukung setiap fungsi metabolisme dan transfer nutrisi, sehingga minum cukup air akan meningkatkan setiap fungsi tubuh.

  1. Makan makanan sehat

Setelah energi habis karena berolahraga, Anda perlu mengisi tubuh dengan makanan sehat agar cepat pulih dan siap menghadapi tantangan berikutnya. Idealnya, Anda harus mengonsumsi makanan sehat 60 menit setelah olahraga. Pastikan pula untuk memasukkan beberapa protein berkualitas tinggi serta karbohidrat kompleks.

  1. Bersantai sejenak

Ambillah waktu untuk rileks sejenak setelah latihan fisik yang keras. Hal ini akan memungkinkan jaringan tubuh yang rusak karena olahraga untuk kembali ke sedia kala.

  1. Peregangan

Setelah olahraga keras, coba lakukan peregangan ringan. Ini merupakan cara yang simpel dan cepat untuk membantu memulihkan otot-otot.

  1. Tidur

Bagi Anda yang rutin berolahraga, memiliki tidur yang berkualitas sangatlah penting. Saat tidur, tubuh menghasilkan Growth Hormone (GH) yang bertanggung jawab untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan.

  1. Pijat

Tak hanya terasa nyaman, pijat juga dapat memperbaiki sirkulasi darah sekaligus memungkinkan Anda untuk benar-benar rileks. Anda dapat mencoba pijat sendiri dengan foam roller exercise untuk mengurangi otot-otot yang sakit.

  1. Cegah overtraining

Salah satu cara sederhana untuk pemulihan lebih cepat adalah dengan merancang program olahraga yang baik dan bijak. Latihan fisik yang berlebihan atau kurangnya waktu istirahat malah akan mengurangi manfaat olahraga yang sebelumnya Anda lakukan.

Mengalokasikan waktu untuk memulihkan diri usai berolahraga sangat bermanfaat  untuk fisik dan psikis Anda. Namun demikian, waktu pemulihan bukan berarti “tidak melakukan apa-apa”. Anda harus tetap bisa aktif secara fisik, misalnya dengan  melakukan yoga ringan.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar