Sukses

Cerahkan Kulit Anda dengan Makanan Ini

Tahukah Anda, kulit cerah bisa didapatkan lewat asupan makanan, lho! Apa saja makanan yang bisa mencerahkan kulit? Simak daftarnya di sini.

Memiliki kulit cerah tak melulu dengan cara memakai produk perawatan kecantikan kulit yang mahal. Mencerahkan kulit juga bisa dilakukan dari dalam, yaitu dengan mengubah menu makanan. Ya, ada beberapa jenis makanan yang bermanfaat untuk mencerahkan kulit Anda!

Asupan tertentu kaya kandungan vitamin dan mineral, termasuk antioksidan, yang baik untuk melawan kulit kering, mencegah peradangan, dan tanda penuaan. Anda penasaran apa saja jenis makanan yang bisa cerahkan kulit? Simak daftarnya di bawah ini.

1 dari 5 halaman

1. Stroberi

Stroberi, bersama jenis buah beri lainnya, sangat kaya akan vitamin C. Vitamin C dapat menjaga jaringan ikat di bawah kulit sehingga tetap kencang, kuat, dan sehat. 

Stroberi juga tinggi akan folat (vitamin B), serat, dan susunan fitokimia yang dapat membantu mencegah kerusakan kulit akibat paparan radikal bebas. 

2. Tiram

Tiram bagus untuk kulit karena mengandung kandungan zink yang tinggi. Konsumsi tiga tiram setiap hari akan memenuhi kebutuhan zink (seng) harian Anda. Tiram juga memberi muatan protein signifikan yang juga baik untuk kulit.

Zink merupakan zat yang sangat berperan untuk kesehatan kulit secara umum dan pembentukan sel kulit baru. Selain itu, zink juga bermanfaat untuk mencegah inflamasi (peradangan). Manfaat ini penting untuk meredakan kondisi-kondisi iritasi yang mungkin bisa terjadi di kulit.

Artikel lainnya: Benarkah Jeruk Nipis Campur Kunyit Bisa Memutihkan Kulit?

3. Jeruk

Makanan yang dapat membuat kulit cerah berikutnya adalah jeruk. Buah berasa manis asam ini kaya akan vitamin C yang dibutuhkan untuk pembentukan kolagen dan menjaga kulit tetap kencang.

Jeruk juga mengandung vitamin A yang diperlukan untuk pertumbuhan normal dan diferensiasi sel. 

Tak ada salahnya untuk selalu sedia stok jeruk di kulkas agar Anda bisa menikmatinya sambil menonton TV di rumah kala senggang. Selain menyegarkan, Anda memperoleh manfaatnya sebagai makanan untuk cerahkan kulit.

2 dari 5 halaman

4. Wortel

Wortel kaya akan beta karoten. Prekursor vitamin A dalam tubuh ini sangat dibutuhkan untuk kesehatan kulit. Wortel juga kaya akan potasium dan serat (serta rendah kalori dan hampir bebas lemak!). 

Wortel dapat dinikmati dalam berbagai sajian, tidak melulu dalam bentuk jus. Cobalah untuk makan wortel dengan saus cocol (dip) rendah kalori, mencampurkan potongan wortel ke mangkuk salad, dan lain-lain.

5. Ikan Berlemak

Ikan berlemak seperti salmon, tuna, maupun hering sangat kaya akan asam lemak omega 3. Asam lemak ini penting untuk menjaga kesehatan kulit. Kekurangan asam lemak omega 3 dapat menyebabkan kulit yang kering.

Selain itu, ikan berlemak juga kaya akan koenzim Q-10. Koenzim Q-10 atau CoQ10 merupakan substansi menyerupai vitamin yang ditemukan secara alamiah di tubuh. Perananannya adalah untuk membantu pertumbuhan sel dan melawan radikal bebas yang merusak kulit. 

Salmon, selain kaya akan omega 3, diketahui sebagai sumber vitamin E, protein, selenium, dan seng yang sangat baik. Kalori salmon juga tergolong rendah, sehingga cocok untuk segala jenis diet.

Artikel lainnya: Bahan Dapur untuk Kulit Glowing dan Cantik

6. Ubi

Tak disangka-sangka, ubi kaya akan vitamin C yang sempurna untuk membantu kulit dalam kondisi baik. Ubi juga mengandung potasium dan serat yang tinggi. 

Beberapa jenis ubi yang berwarna jingga terang juga merupakan sumber beta karoten yang sangat baik. Seperti yang telah disebutkan di atas, beta karoten akan diubah menjadi vitamin A di dalam tubuh.

Anda bisa merebus atau memanggang ubi, atau mencampurkan potongan ubi yang sudah matang ke dalam semangkuk salad.

3 dari 5 halaman

7. Alpukat

Siapa yang meragukan alpukat sebagai makanan untuk mencerahkan kulit? Alpukat kaya akan vitamin E, jenis antioksidan yang sangat penting untuk menjaga agar kulit tetap sehat dan awet muda.

Dalam takaran saji alpukat, kira-kira setengah buah alpukat, tersedia 14 persen kebutuhan harian vitamin E Anda.

Kandungan vitamin C dari alpukat juga sangat tinggi. Yaitu mencapai 11 persen dari kebutuhan harian vitamin C.

Artikel lainnya: Apakah Air Beras Bisa Bikin Kulit Putih dan Lembut?

8. Paprika

Meskipun ada cita rasa pedas, ternyata paprika tergolong sebagai makanan untuk cerahkan kulit. Paprika kaya akan beta karoten.

Selain itu paprika juga kaya akan vitamin C yang dapat membantu produksi kolagen. Kolagen dapat menjaga agar kulit Anda tetap kenyal, kuat, dan cerah.

9. Brokoli

Sayuran berwarna hijau ini kaya akan berbagai vitamin dan mineral yang bisa menjaga kesehatan kulit. Beberapa diantaranya adalah zink, vitamin A, dan vitamin C. 

4 dari 5 halaman

10. Kiwi

Kiwi merupakan buah yang memiliki lebih banyak vitamin C dibandingkan jeruk. Vitamin C merupakan antioksidan kuat yang menjaga kulit dari serangan radikal bebas.

Selain enak dimakan langsung, kiwi juga cocok dijadikan taburan (topping) di atas berbagai kudapan, misalnya yoghurt rendah lemak. 

Ternyata, tersedia banyak makanan untuk cerahkan kulit. Anda bisa memasukkannya ke dalam menu daftar makanan harian, sehingga manfaatnya lebih pasti didapatkan. 

Maksimalkan juga usaha Anda dengan perawatan kulit dari luar. Seperti rajin membersihkan wajah, memakai tabir surya, menggunakan pelembab sesuai jenis kulit, tidak merokok, dan minum air putih yang cukup.

Jangan ketinggalan berita menarik lainnya seputar kesehatan kulit dan kecantikan, hanya di aplikasi KlikDokter.

[HNS/JKT]

1 Komentar