Sukses

Cerahkan Kulit Anda dengan 6 Makanan Ini

Solusi kulit cerah tak harus melulu dengan skincare. Anda juga bisa cerahkan kulit dari dalam dengan mengonsumsi enam makanan ini!

Klikdokter.com, Jakarta Memiliki kulit cerah tak harus selalu dengan memakai produk perawatan kecantikan kulit yang mahal, lho! Mencerahkan kulit juga bisa dilakukan dari dalam, yaitu dengan rajin mengonsumsi makanan-makanan tertentu.

Kulit yang sehat adalah kulit yang halus, tidak memiliki benjolan seperti jerawat ataupun keriput, dengan warna yang rata tanpa ada bintik gelap, tidak kering karena terhidrasi dengan cukup, serta memiliki sensasi dan sensitivitas normal. Selain itu, satu hal penting lainnya adalah kulit sehat harus cerah serta tampak segar.

Menjaga kesehatan kulit sangat penting, karena ini bersinggungan langsung dengan penampilan Anda. Inilah kenapa tak ada orang yang ingin wajahnya tampak kusam sehingga terlihat tidak sehat.

“Kulit wajah yang kusam dan kasar dapat disebabkan oleh berbagai macam hal. Misalnya cara pembersihan wajah yang tidak tepat dan tidak sesuai dengan jenis kulit, perawatan kulit yang tidak tepat paparan radikal bebas seperti sinar matahari, polusi, dan asap rokok dapat mempercepat proses tersebut terjadi,” kata dr. Dyah Novita Anggraini dari KlikDokter.

Perlu diingat, setiap orang terlahir dengan jenis dan warna kulit yang berbeda karena adanya faktor genetik. Meski demikian, kulit cerah tak hanya bisa dimiliki mereka yang berkulit putih, tapi semua jenis dan warna kulit!

1 dari 2 halaman

Makanan ini ampuh untuk cerahkan kulit

Anda sudah menggunakan produk perawatan kulit demi memperoleh kulit sehat dan cerah, optimalkan upaya ini dari dalam. Konsumsilah makanan-makanan di bawah ini untuk mendapatkan kulit yang cerah.

  1. Stroberi

Stroberi kaya akan vitamin C sehingga dapat membantu menjaga jaringan ikat di bawah kulit tetap kencang, kuat, dan sehat. Stroberi juga tinggi akan folat (vitamin B), serat, dan susunan fitokimia yang dapat membantu mencegah kerusakan kulit akibat paparan radikal bebas. Anda bisa mengonsumsi buah ini dengan Greek yogurt atau oatmeal untuk sarapan sehat.

  1. Tiram

Tiram bagus untuk kulit karena mengandung kandungan zink yang tinggi. Konsumsi tiga tiram setiap hari akan memenuhi kebutuhan zink (seng) harian Anda. Tiram juga memberi muatan protein signifikan yang juga baik untuk kulit.

  1. Jeruk

Jeruk kaya akan vitamin C yang dibutuhkan untuk pembentukan kolagen dan menjaga kulit tetap kencang. Jeruk juga kaya vitamin A yang diperlukan untuk pertumbuhan normal dan diferensiasi sel. Tak ada salahnya untuk selalu sedia stok jeruk di kulkas untuk Anda bisa menikmati sambil menonton TV di rumah kala senggang.

  1. Wortel

Wortel diperkaya vitamin A dan beta karoten. Vitamin A dibutuhkan untuk kesehatan kulit. Wortel juga kaya akan potasium dan serat (serta rendah kalori dan hampir bebas lemak!). Cobalah untuk makan wortel dengan saus cocol (dip) rendah kalori, mencampurkan potongan wortel ke mangkuk salad, dan lain-lain.

  1. Salmon

Salmon kaya akan asam lemak omega-3 yang dibutuhkan kulit agar tetap cerah dan sehat. Ikan ini diketahui sebagai sumber protein, selenium, dan seng yang sangat baik. Kalori salmon juga tergolong rendah, sehingga cocok untuk segala jenis diet.

  1. Ubi

Tak disangka-sangka, ubi kaya akan vitamin C yang sempurna untuk membantu kulit dalam kondisi baik. Ubi juga mengandung potasium dan serat yang tinggi. Anda bisa merebus atau memanggang ubi, atau bisa juga mencampurkan potongan ubi yang sudah matang ke dalam mangkuk salad Anda.

Selain dengan mengonsumsi makanan di atas, dr. Dyah juga memberikan beberapa tips lainnya, yaitu:

  • Bersihkan riasan wajah sebelum membersihkan wajah
  • Membersihkan wajah secara teratur
  • Menggunakan pelembap wajah yang sesuai dengan jenis kulit
  • Selalu memakai tabir surya sebelum beraktivitas di luar ruangan
  • Minum air putih yang cukup
  • Hindari makanan pedas, berminyak, berlemak, dan tinggi kalori
  • Terapkan pola hidup sehat, dengan hindari: rokok, alkohol, dan begadang

Perawatan untuk mencerahkan kulit dapat Anda optimalkan, selain dengan perawatan kulit yang tepat, juga dengan mengonsumsi makanan sehat seperti yang dipaparkan di atas. Tentu saja, untuk mendapatkan hasil berupa kulit yang cerah, Anda perlu melakukannya secara rutin.

[RN/ RVS]

1 Komentar