Sukses

Sering Tremor? Mungkin Ini Sebabnya

Tangan sering gemetar tanpa sebab? Mungkin Anda mengalami tremor akibat salah satu dari beberapa penyebab ini.

Klikdokter.com, Jakarta Pernahkah Anda merasakan tangan gemetar secara tiba-tiba? Bisa jadi yang Anda alami adalah tremor. Meski banyak penyebab yang tidak berbahaya, namun kondisi ini bukan sesuatu yang dapat Anda sepelekan begitu saja, lho!

Tremor diartikan sebagai pergerakan atau kontraksi otot yang menimbulkan osilasi atau getaran ritmis tanpa ada unsur kesengajaan. Keadaan ini sering terjadi di bagian tangan, meski tak menutup kemungkinan untuk juga terjadi di berbagai bagian tubuh lainnya seperti lengan, kepala, wajah, kaki, bahkan suara.

Tremor berbeda dengan menggigil, meski keduanya terlihat mirip. Pada sebagian orang, tremor dapat muncul sebagai efek samping dari penggunaan obat-obatan tertentu. Keadaan ini juga banyak ditemukan pada orang dalam kondisi sehat, sehingga sering dianggap sebagai suatu keadaan yang tidak berbahaya atau mengancam nyawa. Namun, bagaimanapun, tremor dapat memengaruhi bahkan menyebabkan gangguan dalam melaksanakan aktivitas sehari-hari.

Kenali tipe-tipe tremor

Ada beberapa tipe tremor, di antaranya:

  • Tremor istirahat (resting tremor)

Resting tremor adalah keadaan yang terjadi saat otot sedang dalam keadaan relaksasi, misalnya saat tangan diletakkan di atas meja.

  • Tremor aksi (action tremor)

Action tremor terjadi saat ada pergerakan otot dari bagian tubuh terkait. Tremor jenis ini terbagi lagi menjadi beberapa subtipe, misalnya:

o   Tremor postural, terjadi saat seseorang berusaha mempertahankan postur tubuh melawan gravitasi

o   Tremor kinetis, terjadi saat seseorang berusaha menggerakkan anggota tubuh seperti mengangkat langan

o   Tremor intensional, muncul saat pasien diminta untuk berusaha menyentuh suatu target

o   Tremor spesifik, terjadi hanya pada aktivitas tertentu seperti saat menulis atau berbicara.

Apa penyebab tremor?

Secara umum, tremor terjadi akibat adanya gangguan pada bagian otak yang mengatur gerak tubuh dan otot. Pada banyak kasus, penyebab tremor tidak diketahui dengan pasti. Keadaan itu dapat muncul bersama dengan gangguan saraf, atau juga berdiri sebagai gejala tunggal akibat kondisi-kondisi lain.

Beberapa kondisi yang berhubungan dengan kejadian tremor, antara lain:

  • Multipel sklerosis
  • Stroke
  • Cedera kepala
  • Penyakit saraf degeneratif, misalnya parkinson
  • Penggunaan obat-obatan tertentu, seperti obat asma, kortikosteroid, kafein
  • Penyalahgunaan konsumsi alkohol
  • Keracunan merkuri
  • Gangguan tiroid
  • Gagal hati dan/atau ginjal
  • Gangguan cemas atau panik

Selain kondisi medis seperti di atas, kebiasaan dan gaya hidup tidak sehat seperti membiarkan perut kosong (lapar dan terlambat makan), merokok, terlalu banyak minum kopi, serta kurang istirahat juga bisa menyebabkan tremor.

Jika Anda mengalami tremor hingga aktivitas terganggu atau semakin parah seiring waktu, jangan sungkan untuk berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter umum atau dokter spesialis saraf. Dengan demikian, penyebab tremor yang Anda alami bisa diketahui dan pengobatan yang tepat dapat segera diterapkan.

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar