Sukses

4 Kebiasaan Ini Bikin Kulit Anda Kering

Penyebab kulit kering bisa terjadi karena empat kebiasaan ini. Simak selengkapnya.

Klikdokter.com, Jakarta Kulit kering terjadi dengan ciri kulit berwarna kemerahan, terasa tegang, serta mudah muncul rasa gatal atau perih saat terjadi gesekan ringan maupun temperatur udara dingin. Kulit yang kering mudah sekali terjadi iritasi dan membutuhkan perawatan khusus.

Kulit kering biasanya tidak tampak adanya pori-pori, tapi kulit cenderung kasar, kadang kemerahan, banyak garis kerutan di area wajah saat kulit ditarik. Selain itu, tampak garis putih saat terjadi goresan pelan pada kulit.

Para pemilik kulit kering mungkin cenderung “jauh” dari masalah jerawat. Itu karena produksi minyak wajah mereka tidak berlebihan. Namun di sisi lain, mereka justru berisiko mengalami penuaan kulit dini, seperti timbulnya garis-garis kerutan di wajah.

“Kulit kering dapat mengganggu penampilan dan kesehatan Anda. Jika tidak dirawat sejak dini, pada kulit kering akan mudah timbul garis halus dan keriput. Akibatnya, Anda jadi kurang percaya diri dalam menjalani aktivitas sehari-hari,” ujar dr. Karin Wiradarma dari KlikDokter.

Hindari empat kebiasaan di bawah ini untuk mencegah kulit kering.

  1. Terlalu lama mandi air panas

Kebiasaan mandi air panas dalam waktu yang lama dapat menyebabkan kulit kering. Paparan yang berlebihan air bersuhu hangat, dapat membuat kulit mengelupas. Tak cuma itu, paparan air panas/ hangat yang berlebihan akan mengganggu produksi minyak alami. Usahakan agar kulit tidak terlalu lama terkena air hangat, yakni sekitar 10 menit.

  1. Memakai sabun berbahan kimia keras

Sabun batang tradisional umumnya menggunakan bahan pembersih bersifat keras yang disebut surfaktan dengan pH basa berkadar signifikan. Produk ini dapat mengganggu lapisan kulit luar dan mencegah kulit melindungi diri dengan baik. Hal inilah yang lantas menyebabkan kulit menjadi kering serta iritasi. Mulai sekarang, Anda dapat lebih selektif untuk memilih sabun mandi.

  1. Menggunakan krim pelembap yang salah

Jika kulit kering, mungkin Anda berpikir bahwa mengoleskan losion pelembap adalah solusinya. Namun, losion berbahan dasar air dengan kandungan minyak rendah, dapat mengeringkan kulit Anda dan membuat lapisan minyak terkunci.

Oleh karena itu, pilihlah losion mengandung minyak alami dan moisturizer, serta tanpa pewangi.  Untuk penggunaan terbaik, oleskan krim pelembap langsung setelah mandi. Tepuk-tepuk kulit Anda untuk memastikan bahwa krim telah meresap dengan sempurna.

  1. Kurang minum air putih

Kurangnya konsumsi air putih akan berpengaruh pada kulit juga. Untuk itu, cukupilah kebutuhan tubuh akan air putih sehingga kulit Anda tetap terhidrasi dengan baik. Coba juga untuk meningkatkan asupan air Anda setiap hari dan lihat efeknya pada kulit.

Menurut dr. Karin, kulit kering ditandai dengan kondisi spesifik sebagai berikut:

  • Kulit terasa kaku dan kencang, terutama setelah mandi, mencuci muka, atau berenang
  • Kulit terasa kasar ketika disentuh
  • Kulit terasa gatal
  • Kulit bersisik dan pecah-pecah
  • Mulai terdapat garis halus
  • Dapat timbul kemerahan pada kulit
  • Jika sudah parah, kulit dapat retak dan berdarah

Kulit yang cerah dan sehat adalah dambaan setiap orang. Untuk itu, ubahlah kebiasaan penyebab kulit kering yang mungkin masih Anda lakukan hinga saat ini. Jika Anda memiliki jenis kulit kering, konsultasikan pada dokter bagaimana perawatan yang tepat untuk menjaga kesehatan kulit kering.

[HNS/ RVS]

2 Komentar