Sukses

Gaya Hidup Sehat Itu Tidak Mahal

Momentum Hari Kesehatan Nasional kiranya bisa dijadikan batu pijakan untuk segera menerapkan gaya hidup sehat. Dan itu tidak mahal, lho!

Klikdokter.com, Jakarta Pada hari ini, Senin (12/11) diperingati sebagai Hari Kesehatan Nasional. Tidak ada salahnya untuk introspeksi diri terkait bagaimana Anda menjalani gaya hidup selama ini. Apakah gaya hidup Anda sudah sehat atau justru jauh dari itu?

Memang, tidak sedikit orang yang enggan menerapkan gaya hidup sehat. Salah satu alasan yang paling sering dilontarkan adalah karena gaya hidup sehat membutuhkan biaya yang mahal. Padahal, tahukah Anda bahwa sebenarnya tidak demikian?

Ya, gaya hidup sehat bisa diatur agar sesuai dengan bujet yang dimiliki. Untuk hal tersebut, berikut beberapa tips yang bisa Anda terapkan:

1. Daripada ke gym, lebih baik lari

Daripada berolahraga di dalam gym dan harus merogoh kocek agak dalam, lebih baik Anda melakukan olahraga luar ruangan yang mudah lagi murah. Salah satu olahraga yang mudah dan mudah dilakukan adalah lari atau joging.

Menurut dr. Astrid Wulan Kusumoastuti dari KlikDokter, lari adalah olahraga kardio yang baik untuk kesehatan jantung dan kebugaran tubuh secara umum. Olahraga ini bisa Anda lakukan selama 30 menit setiap hari, atau 150 menit seminggu.

Jika lari masih terasa berat, sekadar berjalan kaki keliling rumah juga tidak masalah. Yang pasti, lakukan sekitar 30 menit atau lebih dalam sehari.

2. Meditasi untuk kelola stres

Sering stres dan Anda ingin segera terbebas darinya? Tak perlu mahal-mahal harus keluar kota. Anda bisa meditasi di dalam rumah, tepatnya di kamar yang sunyi dan gelap.

Menurut dr. Nadia Octavia dari KlikDokter, meditasi bisa meningkatkan kualitas hidup Anda. Selain itu, aktivitas yang dilakukan dengan duduk diam, memusatkan pikiran, dan perasaan tersebut juga bisa menurunkan tekanan darah, mengurangi keparahan gejala menopause, mengendalikan gejala cemas. Emosi Anda juga lebih stabil, sehingga stres bisa dikelola dengan baik.

1 dari 3 halaman

Selanjutnya

3. Ganti daging yang Anda konsumsi

Anda mungkin sudah tahu betapa hebatnya manfaat daging bagi kesehatan tubuh. Tapi, tak jarang, harga daging cukup mahal dan itu membuat sebagian orang tak bisa membelinya. Meski begitu, Anda tak perlu terlalu kecewa. Anda bisa mendapatkan manfaat yang kurang lebih sama dengan mengganti daging tersebut dengan ikan.

Tidak perlu membeli ikan yang mahal, sebab ikan kembung dan sarden saja sudah cukup membantu kesehatan Anda. Menurut dr. Dyan Mega Inderawati dari KlikDokter, dua jenis ikan tersebut bisa mencegah stroke karena mengandung omega-3, yakni lemak baik untuk mencegah tumpukan kolesterol jahat di dalam tubuh.

Selain ikan, telur adalah pengganti yang sepadan dari daging, meski dari segi harga berbanding terbalik. Telur mengandung protein, antioksidan, kolin, omega-3, vitamin D, asam amino, zat besi, dan zinc. Menurut dr. Ega, kandungan itu semua bagus untuk kesehatan jantung, kulit, kuku, rambut, mata, dan otak.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

4. Menanam sayur sendiri

Urban farming atau berkebun sayur sendiri merupakan kegiatan berkebun yang dilakukan di perkotaan. Tren ini makin marak, karena masyarakat semakin sadar akan gaya hidup sehat dan ramah lingkungan. Tak butuh lahan besar, balkon dan teras rumah sudah cukup untuk melakukannya.

Menurut dr. Theresia Rina Yunita dari KlikDokter, urban farming sangat bagus dari segi ekonomi dan kesehatan. Sisi ekonominya sangat bagus, karena dengan berkebun Anda tidak perlu repot-repot membeli sayuran di luar. 

Sementara dari segi kesehatan, urban farming bisa membuat Anda mengonsumsi sayuran yang bebas pestisida. Anda tentu tahu, jika kebanyakan sayuran yang dijual bebas kadang mengandung pestisida alias bahan kimia pengusir hama atau serangga. Lebih dari itu, urban farming juga bisa membuat tubuh lebih sehat dan kuat, serta menjauhkan Anda dari stres.

5. Hindari rokok dan alkohol

Rokok dan alkohol merupakan dua hal yang wajib Anda hindari jika ingin memiliki tubuh yang sehat. Menurut dr. Resthie Rachmanta Putri dari KlikDokter, dengan menghirup rokok, sel-sel dalam tubuh akan mengalami perubahan dan sewaktu-waktu bisa menyebabkan penyakit.

Rokok juga terbukti berperan pada kejadian kanker paru, penyakit paru obstruktif kronik (PPOK), jantung koroner dan stroke, serta gangguan kesuburan.

Sedangkan alkohol, zat yang satu itu bisa merusak ginjal, hati, gigi, wajah, dan jantung. Menurut sebuah studi, alkohol bahkan tidak memberikan manfaat apapun untuk tubuh, malah meningkatkan risiko kematian.

6. Rutin cek kesehatan

Untuk mendapatkan pembaruan informasi tentang kondisi kesehatan, tidak ada salahnya jika Anda rutin melakukan cek kesehatan. Menurut dr. Irma Rismayanty, dengan melakukan tes kesehatan, Anda dapat mendeteksi lebih dini penyakit dan mengendalikan kelainan atau masalah lebih awal. Tindakan preventif ini terhitung lebih murah daripada tindakan pengobatan akibat terlambat memonitor kesehatan Anda.

Lebih lanjut, dr. Irma menyarankan agar Anda melakukan cek kesehatan rutin setiap dua tahun sekali. Dengan catatan, tubuh Anda tidak ada masalah kesehatan yang berarti. Jika hasil tes tersebut menunjukan ada yang perlu diwaspadai, Anda bisa melakukannya setahun sekali.

Nah, itu adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mulai menerapkan gaya hidup sehat. Tidak mahal, bukan? Yuk, terapkan mulai sekarang dan seterusnya, sebagai upaya untuk berpastisipasi menyukseskan Hari Kesehatan Nasional!

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar