Sukses

Jangan Sepelekan Manfaat Talas Bagi Kesehatan

Talas menjadi salah satu umbi-umbian yang digemari masyarakat. Apa manfaat talas bagi kesehatan? Mari ketahui khasiat talas di sini.

Belakangan, popularitas talas semakin menanjak. Tak lagi hanya direbus atau dijadikan gorengan, beberapa produsen makanan menggunakan tanaman bernama Latin Colocasia esculenta itu menjadi aneka kudapan kekinian. Sebut saja, milk tea, es krim, dan cake.  

Nah, tak hanya enak, ada banyak manfaat talas yang penting bagi kesehatan. Beberapa di antaranya bahkan sudah dibuktikan oleh jurnal kesehatan.

Beberapa manfaat talas bagi kesehatan tersebut adalah sebagai berikut:

1 dari 4 halaman

1. Menjaga Kesehatan Pencernaan dan Mencegah Konstipasi

Talas tergolong sebagai makanan yang mangandung serat dalam jumlah yang tinggi. Dalam 1 cangkir (132 gram) talas, terkandung hingga 6,7 gram serat.

Serat akan mencegah buang air besar menjadi keras, dengan begitu mencegah terjadinya konstipasi. Pencernaan juga akan menjadi lebih lancar pada menu makanan yang cukup kandungan serat. 

2. Menjaga Kadar Gula Darah

Manfaat talas berikutnya adalah menjaga kadar gula darah. Tak heran, talas tergolong sebagai karbohidrat kompleks. Setelah mengonsumsi talas yang kaya serat, gula darah tidak akan melonjak terlalu tinggi. 

Hal tersebut karena penyerapan gula dari talas berlangsung secara perlahan. Turunnya gula darah juga akan terjadi dalam waktu yang relatif lama. Umbi-umbian ini mengandung pati resisten yang lebih sulit dicerna.

Artikel lainnya: Tips Memilih Sumber Karbohidrat yang Sehat 

3. Potensi Antikanker

Manfaat talas bagi kesehatan ini dikaitkan dengan kandungan polifenol, yang berjenis quercetin, di dalamnya. Polifenol adalah jenis antioksidan yang kuat.

Meskipun butuh penelitian lebih lanjut, sudah ada penelitian yang menemukan efek talas untuk memperlambat pertumbuhan dan mematikan sel kanker payudara dan prostat.

2 dari 4 halaman

4. Baik untuk Kesehatan Jantung dan Pembuluh Darah

Konsumsi serat rutin baik untuk kesehatan jantung. Serat juga mampu menurunkan penyerapan kolesterol di usus. Riset menyatakan, orang yang mengonsumsi serat lebih banyak berkaitan dengan angka kejadian penyakit jantung yang lebih rendah.

Talas dapat diandalkan sebagai sumber serat, mengingat kandungan dan jenis serat yang terkandung di dalamnya.

Anda dapat memasukkan talas dalam menu sehari-hari untuk meyakinkan kecukupan asupan serat harian Anda. Kebutuhan serat orang dewasa direkomendasikan berjumlah sekitar 30 mg per hari.

5. Mencegah Defisiensi Seng (Zn)

Mineral seng (Zn) memiliki peran yang sangat penting untuk tubuh. Sejak ditemukan kaitan kekurangan unsur tersebut dengan stunting, mulai banyak masyarakat yang menyadari pentingnya seng. Faktanya, defisiensi (kekurangan) seng banyak terjadi di masyarakat.

Seng lebih banyak terdapat pada sumber makanan hewani. Namun, talas menjadi satu dari sedikit sumber nabati yang kaya akan mineral ini.

Artikel lainnya: Bosan Makan Nasi? Ganti dengan Karbohidrat Ini

6. Kaya Akan Beta-karoten

Manfaat talas lain terkait dengan kandungan beta-karoten di dalamnya. Beta karoten adalah prekursor vitamin A di dalam tubuh.

Beta karoten juga berkhasiat sebagai antioksidan sehingga mampu menangkal radikal bebas. Itu sebabnya, senyawa ini banyak dikaitkan sebagai anti-penuaan, antikanker, dan peningkatan imunitas tubuh.

3 dari 4 halaman

7. Mengandung Tarin dalam Jumlah yang Cukup Tinggi

Talas mengandung banyak flavonoid (seperti polifenol), mineral, serta tarin. Tarin adalah zat yang telah dikenal aktivitasnya dalam menangkal virus, memiliki potensi manfaat antitumor, dan mungkin bermanfaat sebagai imunomodulator (memengaruhi sistem imun untuk meningkatkan fungsinya).

Dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan di Pubmed, Pereira et al meneliti efek tarin dalam talas. Hasilnya, ditemukan potensi efek tarin menjadi imunomodulator serta mencegah COX, enzim yang berkaitan dengan peradangan.

Tarin dalam talas juga mampu memberikan efek pada sel-sel yang bertugas untuk memproduksi sel kekebalan tubuh.

8. Membantu Menurunkan Berat Badan

Talas merupakan jenis karbohidrat kompleks. Dengan begitu, konsumsi talas akan memberikan rasa kenyang yang lebih lama. Anda akan terhindar dari rasa lapar terus-menerus yang bisa meningkatkan asupan kalori Anda.

Manfaat talas ternyata sangat beragam dan baik untuk kesehatan. Akan sangat baik bila Anda sesekali memasukkan talas sebagai variasi menu harian. Namun, jangan lupa untuk memasaknya secara sempurna untuk menetralkan senyawa yang bersifat anti-nutrisi di dalamnya.

Jika Anda mau berkonsultasi lebih lanjut terkait manfaat talas bagi kesehatan, jangan ragu tanyakan melalui fitur Live Chat di aplikasi KlikDokter.

[HNS/JKT]

0 Komentar

Belum ada komentar