Sukses

Awas, 5 Kebiasaan Ini Tingkatkan Risiko Kanker!

Risiko kanker bisa meningkat berlipat ganda akibat kebiasaan yang kelihatan sepele. Tahukah Anda kebiasaan apa saja itu?

Klikdokter.com, Jakarta Kanker menjadi penyakit mematikan yang hingga saat ini masih menjadi gangguan kesehatan yang ditakuti masyarakat. Hal ini karena penyakit tersebut masih belum diketahui betul penyebab pastinya.

Kendati demikian, penyakit kanker sering dihubungkan dengan kebiasaan hidup tidak sehat. Di antara beberapa kebiasaan yang dimaksud, berikut adalah 5 di antaranya:

1. Makan berlebihan sampai obesitas

Makan banyak sampai membuat Anda kelebihan berat badan atau obesitas menjadi salah satu kondisi yang memicu munculnya risiko kanker. Keadaan ini bisa menyebabkan peningkatan kadar estrogen dan hormon lain, yang dapat menstimulasi pertumbuhan sel secara tidak normal (proliferasi).

Tak sekadar itu, obesitas juga sering dikaitkan dengan kejadian penyakit kanker kolon, kanker payudara, dan beberapa jenis kanker lainnya. National Cancer Institute memperkirakan pada tahun 2030, mungkin ada sebanyak 500 ribu kasus kanker yang dikaitkan dengan obesitas.

2. Kebanyakan duduk

Peneliti di Jerman menganalisis 43 penelitian observasional yang mencakup lebih dari 4 juta orang, dan hampir 70.000 kasus kanker. Tim peneliti menemukan bahwa duduk lebih dari 2 jam dalam sehari dikaitkan dengan peningkatan 8 persen risiko kanker kolon, 10 persen risiko kanker endometrium, dan 6 persen risiko kanker paru-paru, sekalipun orang tersebut aktif secara fisik.

Pada penelitian lain, tim peneliti dari American Cancer Society menemukan bahwa wanita yang menghabiskan waktu luang mereka untuk banyak duduk memiliki risiko yang lebih tinggi untuk terkena kanker myeloma, payudara, dan ovarium.

3. Malas jalan kaki

Penelitian telah secara konsisten menunjukkan bahwa orang dewasa yang rutin berjalan kaki mampu mengurangi risiko kanker usus hingga 40 persen.

Sebuah studi yang meneliti kebiasaan olahraga lebih dari 73.600 wanita pasca menopause selama hampir dua dekade menemukan bahwa wanita yang rutin berjalan kaki dengan kecepatan tiga mil per jam selama satu jam sehari memiliki risiko 14 persen terkena kanker lebih rendah.

Sementara itu, wanita yang berjalan kaki hingga 10 jam setiap minggu memiliki risiko 25 persen lebih rendah terkena kanker payudara.

4. Konsumsi minuman alkohol

Alkohol adalah salah satu zat yang berhubungan erat dengan kejadian kanker. Semakin banyak kadar alkohol yang Anda konsumsi, semakin tinggi pula risiko terjadinya kanker, khususnya di kepala, leher, esofagus, hati, dan payudara. Tiga atau lebih minuman beralkohol setiap hari pun sering dikaitkan dengan meningkatnya risiko kanker perut.

5. Hobi makan daging

Studi epidemiologi telah menunjukkan bahwa mengonsumsi secara teratur daging yang dimasak dengan cara apapun, baik digoreng atau dipanggang, dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker kolorektal, pankreas, dan prostat.

Dari beberapa hal di atas, mana yang sekiranya masih Anda lakukan hingga saat ini? Setelah mengetahui fakta tersebut, diharapkan Anda segera mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat lagi. Dengan demikian, Anda akan terlindung dari kanker dan berbagai penyakit berbahaya lainnya.

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar