Sukses

Benda di Tempat Umum yang Menjadi Sarang Kuman Penyakit

Kuman ada di mana-mana. Mikroorganisme penyebab penyakit ini bahkan bisa ditemukan pada benda yang mungkin tidak Anda duga!

Klikdokter.com, Jakarta Sadar atau tidak, di sekeliling Anda terdapat ribuan bahkan jutaan kuman. Ada yang tidak berbahaya dan membantu manusia, ada juga yang berbahaya dan menyebabkan berbagai penyakit mengerikan.

Ya, kuman memang tidak dapat dilihat dengan mata telanjang. Namun makhluk berukuran sangat kecil ini dapat bersarang di mana saja. Bahkan, benda-benda di bawah ini juga tak lepas dari kemungkinan untuk dijadikan sebagai sarang oleh kuman:

1. Handuk pengering tangan

Banyak tempat umum yang menyediakan handuk di tempat mencuci tangan, untuk mengeringkan tangan yang kotor atau basah. Hal seperti ini membuat handuk tersebut menjadi benda yang dapat dipenuhi oleh kuman penyebab penyakit. Faktanya, dengan menyentuh handuk pengering tangan yang sudah menjadi sarang kuman, Anda lebih berisiko untuk mengalami diare dan common cold.

Jadi, jika Anda tak ingin mengalami hal tersebut, sediakanlah tisu ketika bepergian. Sehingga, jika tempat yang dikunjungi hanya menyediakan handuk pengering tangan untuk digunakan bersamaan, Anda dapat menggunakan tisu untuk mengeringkan tangan sendiri.

2. Trolley belanja

Jika pergi ke  supermarket, apakah Anda pernah memperhatikan bahwa trolley belanja merupakan benda yang tidak pernah dibersihkan? Padahal, benda tersebut sering dipegang oleh banyak tangan dan digunakan untuk membawa belanjaan yang masih mentah. Dengan demikian, trolley belanja dapat membawa kuman-kuman yang membahayakan kesehatan Anda.

3. Buku menu restoran

Setiap kali berkunjung ke restoran, Anda akan disodori buku menu untuk memilih makanan. Sayangnya, buku menu ini juga termasuk sebagai benda yang hampir tidak pernah dibersihkan, bahkan terkesan dianggap remeh tentang kebersihannya. Tak heran, benda yang satu ini kerap digemari kuman untuk dijadikan sebagai sarang.

4. Mesin ATM

ATM memiliki tombol-tombol yang mungkin saja sudah ditekan oleh ribuan tangan. Banyaknya kuman yang ada pada tombol ATM mungkin serupa dengan jumlah uang yang dikeluarkan oleh mesin itu sendiri. Hal ini disebabkan karena tombol tersebut jarang dibersihkan, dan sering berkontak dengan tangan yang belum tentu bersih.

Kuman-kuman pada tombol ATM tersebut dapat berpindah ke tangan orang yang menggunakannya. Jika kuman tersebut termasuk berbahaya, seperti virus common cold atau kuman yang menyebabkan diare, maka orang yang terakhir menggunakan ATM bisa sakit.

5. Tombol lift

Serupa dengan tombol pada mesin ATM, tombol lift merupakan benda yang setiap waktu ditekan oleh banyak tangan. Ada banyak sekali kuman yang dapat ditemukan pada tombol tersebut jika Anda melihatnya menggunakan mikroskop.

Kuman yang ditemukan pada benda-benda di atas dapat berpindah, masuk ke dalam tubuh dan menyebabkan penyakit melalui tangan. Oleh karena itu, agar Anda tidak menjadi salah satu keganasan kuman, perhatikanlah kebersihan tangan dengan saksama.

Anda dianjurkan untuk mencuci tangan menggunakan sabun dan air bersih yang mengalir secara berkala, khususnya setelah dari toilet dan sebelum makan. Bila ini dilakukan dan diterapkan sebagai sebuah kebiasaan, kuman tidak akan menyebabkan penyakit pada diri Anda.

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar