Sukses

Manfaat Wortel Selain untuk Kesehatan Mata

Selain tersohor sebagai asupan yang baik untuk mata, wortel masih punya banyak manfaat lain bagi bagian tubuh lainnya.

Klikdokter.com, Jakarta Wortel dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan mata. Sayuran berwarna oranye ini terkenal dengan kandungan beta karotennya yang baik untuk kesehatan mata. Selain baik untuk mata, wortel masih punya banyak manfaat lain bagi bagian tubuh lainnya.

Wortel atau dalam bahasa Latin disebut Daucus Carota L adalah sayuran umbi yang dikonsumsi hampir di seluruh dunia. Wortel juga merupakan sumber karotenoid yang penting.

Tidak banyak yang tahu, wortel juga merupakan sumber karbohidrat dan mineral penting, seperti kalsium, zat besi, magnesium, dan fosfat. Sebuah wortel setidaknya mengandung cairan sebanyak 86%, protein 0,9%, lemak 0,2%, karbohidrat 10,6%, dan serat tak larut 1,2%. Selain itu wortel juga mengandung natrium, kalium, magnesium, tembaga, zink, karotenoid, polifenol, tiamin, riboflavin, niasin, dan vitamin C. 

  • Karotenoid

Karotenoid yang berasal dari wortel, merupakan cikal bakal vitamin A. Di dalam tubuh, karotenoid akan mengalami metabolisme oleh hati untuk membentuk zat warna di retina mata. Zat ini akan berperan untuk penglihatan dalam kondisi gelap. Itulah sebabnya, khasiat wortel untuk kesehatan mata sangat tersohor.

Selain untuk mata, karotenoid juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menurunkan risiko penyakit. Misalnya, kanker, stroke, jantung dan pembuluh, osteoporosis, dan katarak. Bahkan ada penelitian yang mengungkapkan karotenoid dapat menghambat terjadinya Alzheimer atau penyakit pikun yang sering terjadi pada lansia.

  • Polifenol

Fenolik atau polifenol bersifat sebagai antioksidan, antimutasi, dan antitumor. Polifenol memiliki kemampuan untuk melawan radikal bebas yang berbahaya untuk tubuh. Radikal bebas dapat mencetuskan adanya peradangan, mutasi, dan perkembangan abnormal dari sel. Bila tidak ada penangkalnya, yaitu antioksidan, mekanisme itu akan berlanjut dan menjadi penyakit.

Menurut penelitian dalam Nutrition Journal, konsumsi jus wortel 475 mililiter atau sekitar 2 gelas per hari selama 3 bulan, secara signifikan meningkatkan kadar antioksidan dan menurunkan produksi radikal bebas. Hal ini semakin menguatkan bukti bahwa wortel dapat meningkatkan antioksidan dan mencegah penyakit.

  • Serat

Wortel mengandung sebagian besar serat tidak larut dan sisanya serat larut. Serat tidak larut di dalam wortel misalnya hemiselulosa  (9,14%), selulosa (80,94%), dan lignin (2,48%), serta serat larut seperti pektin (7,41%). Serat memiliki peran penting dalam pencegahan banyak penyakit, seperti jantung dan pembuluh darah, kolesterol tinggi, diabetes, kanker, dan divertikulosis.

Konsumsi serat membantu mengatur kadar gula darah supaya tidak melonjak tinggi. Konsumsi serat juga baik untuk sistem saluran cerna. Misalnya, mencegah sembelit atau konstipasi serta dapat mengurangi risiko divertikulosis dan kanker usus besar. Divertikulosis merupakan penonjolan abnormal dinding saluran cerna. Itulah sebabnya konsumsi serat yang cukup sangat dianjurkan dikonsumsi setiap hari.

Ternyata banyak sekali manfaat wortel untuk tubuh manusia, bukan hanya mata. Di Indonesia, umumnya wortel masih terbatas disajikan, seperti untuk campuran sup atau isian kudapan. Ada pula yang mengonsumsi wortel dalam bentuk jus. Setelah Anda tahu beragam manfaat umbi yang satu, mulailah rutin memasukkan wortel ke dalam menu harian Anda.

[HNS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar