Sukses

Susu Kambing dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Kalah populer dibandingkan dengan susu sapi, nyatanya susu kambing menawarkan manfaat untuk kesehatan yang tak kalah banyak.

Klikdokter.com, Jakarta Susu dikenal luas memiliki serangkaian nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan. Salah satu kandungan susu, yaitu kalsium, dapat membantu menguatkan jaringan tulang. Nah, selama ini konsumsi susu memang masih didominasi oleh susu sapi. Padahal, susu kambing juga sama-sama memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh, lho!

Faktanya, susu kambing memiliki manfaat kesehatan yang tak kalah besar, bahkan beberapa tidak dimiliki oleh susu sapi. Apa saja? Simak selengkapnya di bawah ini.

1. Alternatif bagi penderita alergi susu sapi dan intoleransi laktosa

Susu kambing merupakan alternatif bagi orang-orang yang alergi susu sapi. Dibandingkan dengan susu sapi, kandungan protein kasein dalam susu kambing diketahui lebih mudah dicerna oleh usus manusia. Selain itu, susu kambing memiliki kandungan laktosa paling rendah dibandingkan dengan jenis susu lainnya. Dengan demikian, susu kambing juga bisa menjadi pilihan bagi Anda yang memiliki kondisi intoleransi laktosa.

2. Menjaga fungsi usus

Selain mudah dicerna usus, susu kambing juga dapat membantu menjaga fungsi usus. Kandungan enzim oligosakarida dalam susu kambing dapat menjaga keseimbangan flora normal di usus. Adanya enzim ini dapat membantu mencegah terjadinya infeksi di dalam usus.

Selain itu, susu kambing juga dipercaya bermanfaat dalam terapi penyakit inflammatory bowel disease (IBD) karena dapat mengurangi reaksi peradangan di dalam usus.

3. Meningkatkan kekebalan tubuh

Tidak hanya pada usus, secara luas ternyata susu kambing juga bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Kandungan mineral selenium dalam susu kambing berperan dalam menjaga fungsi kekebalan tubuh. Jika dikonsumsi secara rutin dan sesuai anjuran, maka tubuh Anda akan terlindungi dari berbagai ancaman infeksi dan penyakit.

4. Membantu pembentukan sel darah merah

Adapun beberapa mineral lain dalam susu kambing yang lebih mudah dicerna tubuh, seperti zat besi, kalsium, fosfor, dan magnesium. Konsumsi susu kambing dapat meningkatkan kemampuan tubuh dalam mengolah zat besi, sehingga berguna dalam pembentukan sel darah merah.

5. Menurunkan tekanan darah, kolesterol, dan trigliserida

Lebih lanjut lagi, susu kambing juga mengandung asam lemak linoleat yang baik untuk menurunkan kadar kolesterol darah total dan kadar trigliserida (lemak darah). Ini berarti, kadar kolesterol yang terjaga dapat membantu mencegah berbagai masalah kesehatan seperti aterosklerosis (kekakuan pembuluh darah), serangan jantung, stroke, dan masalah lain yang berkaitan dengan pembuluh darah.

Adanya kandungan kalium dalam susu kambing juga bisa menurunkan tekanan darah. Di sisi lain, asam linoleat juga ternyata membawa manfaat untuk perkembangan otak, termasuk menguatkan kemampuan memori.

6. Baik untuk kesehatan kulit

Tak hanya bermanfaat untuk organ-organ dalam tubuh, susu kambing juga dilengkapi nutrisi yang baik untuk kesehatan kulit. Kandungan trigliserida dan asam lemak di dalamnya juga berkontribusi dalam menjaga kelembapan kulit, sehingga kulit pun jadi lebih sehat dan tampak lebih cerah.

Selain itu, kandungan vitamin A dalam susu kambing turut berperan serta dalam proses perbaikan sel-sel kulit. Sementara itu, kandungan asam laktat berkontribusi dalam membantu membersihkan sel-sel lama pada kulit. Jadi, jangan heran jika Anda mendapati produk perawatan kecantikan berbahan susu kambing di toko kecantikan, seperti sabun dan masker.

Meski kalah populer dibandingkan dengan susu sapi, tapi tak ada salahnya untuk mencoba susu kambing karena manfaatnya tak kalah banyak untuk kesehatan tubuh. Bahkan, susu kambing juga direkomendasikan sebagai sumber protein alternatif bagi kelompok orang yang kurang asupan daging dalam menu makannya sehari-hari. Meski pilihan untuk mengonsumsi susu kambing tergantung selera dan kebutuhan, tapi pada dasarnya baik susu kambing maupun susu lainnya sama-sama baik untuk kesehatan.

[RN/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar