Sukses

Susu Kambing dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Kalah populer dibandingkan susu sapi, nyatanya susu kambing juga menawarkan manfaat untuk kesehatan. Apa saja khasiatnya? Yuk, cek di sini.

Selama ini konsumsi susu memang masih didominasi oleh susu sapi. Padahal, susu kambing juga sama-sama memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh, lho!

Susu kambing bisa menjadi alternatif bagi Anda yang bosan atau alergi dengan susu sapi. Minuman ini juga menyehatkan pencernaan dan menjaga imunitas tubuh.

Berikut 12 manfaat susu kambing yang sayang dilewatkan:

1. Alternatif bagi Penderita Alergi Susu Sapi dan Intoleransi Laktosa

Dibandingkan susu sapi, kandungan protein kasein di dalam susu kambing diketahui lebih mudah dicerna oleh usus manusia.

Susu kambing memiliki kandungan laktosa paling rendah dibandingkan jenis susu lainnya. Namun, walaupun lebih sedikit, susu kambing tetap mengandung laktosa dan bisa memicu gejala bagi orang yang menderita intoleransi laktosa.

2. Menjaga Fungsi Usus

Selain mudah dicerna usus, khasiat susu kambing juga dapat membantu menjaga fungsi usus. Kandungan enzim oligosakarida di dalam susu kambing dapat menjaga keseimbangan flora normal di usus. Enzim ini membantu mencegah infeksi di usus.

Susu kambing juga dipercaya bermanfaat dalam terapi penyakit irritable bowel syndrome (IBS) karena dapat mengurangi reaksi peradangan di dalam usus.

3. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Tidak hanya pada usus, secara luas kandungan susu kambing juga bermanfaat meningkatkan kekebalan tubuh. Mineral selenium di dalam susu kambing berperan menjaga fungsi imun tubuh.

Jika susu kambing dikonsumsi rutin dan sesuai anjuran, maka tubuh akan terlindungi dari berbagai ancaman infeksi dan penyakit.

Artikel lainnya: Minum Susu Kambing saat Hamil, Adakah Manfaat Sehatnya?

1 dari 3 halaman

4. Membantu Pembentukan Sel Darah Merah

Ada beberapa mineral lain di dalam susu kambing yang lebih mudah dicerna tubuh, seperti zat besi, kalsium, fosfor, dan magnesium. 

Kegunaan susu kambing dapat meningkatkan kemampuan tubuh dalam mengolah zat besi, sehingga berguna dalam pembentukan sel darah merah.

5. Menurunkan Tekanan Darah, Kolesterol, dan Trigliserida

Susu kambing mengandung asam lemak linoleat yang baik untuk menurunkan kadar kolesterol darah total dan trigliserida.

Kadar kolesterol yang terjaga dapat membantu mencegah berbagai masalah kesehatan, seperti aterosklerosisserangan jantungstroke, dan masalah lain yang berkaitan dengan pembuluh darah.

6. Baik untuk Kesehatan Kulit

Tak hanya bermanfaat untuk organ-organ tubuh, kandungan susu kambing juga dilengkapi nutrisi yang baik untuk kesehatan kulit. Trigliserida dan asam lemak di dalamnya juga berkontribusi menjaga kelembapan kulit, sehingga lebih sehat dan tampak cerah.

Vitamin A di dalam susu kambing turut berperan dalam proses perbaikan sel-sel kulit. Sementara, asam laktat berkontribusi membantu membersihkan sel-sel lama pada kulit. 

Jadi, jangan heran jika Anda sering mendapati produk perawatan kecantikan berbahan susu kambing, seperti sabun dan masker.

Artikel lainnya: Manfaat Susu Kambing untuk Kulit, Bikin Awet Muda!

2 dari 3 halaman

7. Meningkatkan Penyerapan Zat Gizi

Manfaat susu kambing yang ini sangatlah penting. Beberapa penelitian mengatakan susu kambing dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap nutrisi penting dari makanan lain.

Sebaliknya, susu sapi diketahui mengganggu penyerapan mineral utama seperti besi dan tembaga ketika dikonsumsi pada waktu yang sama.

8. Tinggi Kalsium 

Tiga gelas susu kambing dapat memenuhi kebutuhan kalsium harian orang dewasa. 

Selain itu, kalsium di dalam susu kambing lebih mudah diserap dan sangat baik untuk digunakan oleh tubuh, contohnya dalam fungsi otot, pembekuan darah, dan pembentukan energi.

9. Baik untuk Masa Pertumbuhan 

Susu kambing mengandung zat gizi lengkap yang baik dikonsumsi dalam masa pertumbuhan. Minum susu ini secara teratur dapat menghasilkan energi yang maksimal.

10. Membantu Penyembuhan Penyakit 

Khasiat susu kambing yang tak kalah istimewa ialah menunjang penyembuhan tubuh. Ternyata, susu kambing memicu perbaikan jumlah trombosit yang berperan dalam perlawanan tubuh melawan virus. 

11. Mencegah Kecemasan

Menurut penelitian, lemak yang terkandung di dalam susu kambing berpotensi mengurangi stres oksidatif yang berhubungan dengan gangguan kecemasan

Artikel lainnya: Mengenal Manfaat Sabun Susu Kambing untuk Atasi Eksim 

12. Meningkatkan Produksi ASI

Beberapa penelitian juga menunjukkan, kandungan susu kambing yang kaya gizi dapat memicu kelancaran produksi ASI pada ibu menyusui. 

Jangan lupa, Anda perlu memperhatikan porsi aman konsumsi susu kambing. Walaupun kandungan gizinya lengkap, bukan berarti Anda dapat minum susu ini secara berlebihan atau hanya minum susu kambing dalam pola makan sehari-hari.

Untuk memenuhi kebutuhan gizi harian, minumlah 1-2 cangkir (250 cc) susu kambing per hari. 

Susu hanyalah salah satu asupan yang dapat Anda pilih untuk memenuhi kebutuhan gizi. Penting untuk memperhatikan variasi makanan yang lain guna memenuhi kecukupan nutrisi.

Dapatkan info seputar makanan sehat lainnya di aplikasi KlikDokter. Anda bisa konsultasi dengan dokter mengenai gizi via Live Chat.

(FR/JKT)

Referensi:

  • Healthline. Diakses 2022. Goat’s Milk: Is This the Right Milk for You?
  • Indonesian Journal of Medicine. Diakses 2022. The Effectiveness of Goat Milk to Increase the Volume of Breast Milk and Protein Content among Lactating Women: Randomized Controlled Trial Evidence.

0 Komentar

Belum ada komentar