Sukses

Kiat Mengatasi Nyeri Luka Operasi Caesar

Melahirkan secara caesar bisa menyebabkan nyeri yang mengganggu. Untungnya, mengatasi nyeri pascaoperasi caesar tidak begitu sulit. Ingin tahu caranya? Cek di sini!

Melahirkan dengan metode caesar sering menyebabkan efek samping berupa rasa nyeri pada luka bekas operasi. Kondisi ini pun cukup mengganggu kenyamanan, baik ketika mengurus bayi maupun melakukan aktivitas sehari-hari.

Kendati demikian, Anda tak perlu khawatir. Luka bekas operasi caesar yang terasa nyeri adalah hal wajar. Pasalnya, banyak sekali lapisan perut dan lemak yang harus dipotong maupun dipisahkan guna mengeluarkan bayi dari kandungan.

Meski luka luar sudah mengering, Anda bisa tetap merasakan nyeri. Sebab, luka yang ada di bawah kulit membutuhkan waktu lebih lama untuk benar-benar sembuh. 

Lantas, adakah upaya yang bisa dilakukan untuk mengatasi nyeri pascaoperasi caesar? Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan sebagai cara menghilangkan rasa sakit bekas operasi caesar:

Artikel Lainnya: Tips Berhubungan Seksual Setelah Melahirkan secara Caesar

1 dari 8 halaman

1. Pakai Korset

Penggunaan korset atau gurita dipercaya bisa membantu mengatasi nyeri pascamelahirkan dengan operasi caesar. Sebab, secara tidak langsung, benda tersebut mampu menyokong otot perut.

Meski membuat nyaman, Anda tetap tidak bisa menggunakan korset sembarangan. Pasalnya, jika digunakan dalam jangka panjang, benda tersebut bisa melemahkan otot perut. 

Jika Anda ingin memakai alat bantu untuk jangka panjang agar terus-menerus merasa, cobalah kompresi. 

Cara lain yang bisa Anda coba adalah dengan menyangga perut ketika tertawa, bersin, atau batuk. Dengan begitu, rasa nyeri bisa berkurang.

2 dari 8 halaman

2. Hindari Mengejan

Mengejan bisa membuat Anda merasa nyeri. Maka dari itu, sebisa mungkin hindarilah aktivitas tersebut, salah satunya dengan mencegah sembelit alias susah buang air besar.

Sembelit bisa dicegah dengan mengonsumsi makanan atau minuman yang tinggi serat, memenuhi kebutuhan cairan tubuh setiap hari, dan serta memiliki pola BAB rutin.

Jika dibutuhkan, Anda pun bisa berkonsultasi kepada dokter guna mengetahui obat pencahar yang aman dikonsumsi setelah melahirkan. 

3 dari 8 halaman

3. Menghirup Aromaterapi

Menghirup aromaterapi, misalnya lavender, bisa mengurangi rasa nyeri akibat luka bekas operasi caesar.

Di samping itu, Anda juga bisa melakukan pijatan ringan pada beberapa bagian tubuh agar terasa lebih relaks. Hindari bagian sekitar luka, agar keluhan Anda tidak semakin parah.

Artikel Lainnya: Perbedaan Gentle Cesarean dengan Operasi Caesar Biasa

4 dari 8 halaman

4. Gunakan Pakaian yang Longgar dan Nyaman

Pakaian yang ketat bisa memberikan tekanan berlebih, tak terkecuali pada bagian luka bekas operasi caesar. Tentu saja, hal ini bisa membuat keluhan Anda semakin parah.

Selain itu, pakaian yang ketat dapat membuat kulit tubuh lebih berkeringat. Jika dibiarkan, hal tersebut akan memicu iritasi di sekitar luka bekas operasi.

Karenanya, akan lebih baik jika Anda menggunakan pakaian yang longgar dan mudah menyerap keringat. Apabila pakaian sudah lembap atau basah karena keringat, jangan tunda untuk segera menggantinya, ya.

5 dari 8 halaman

5. Konsumsi Obat Antinyeri dari Dokter

Untuk membantu mengatasi rasa nyeri, dokter kandungan biasanya akan meresepkan obat antinyeri untuk Anda konsumsi. 

Obat tersebut aman dikonsumsi setelah melahirkan, asal sesuai dengan resep yang diberikan dokter. Pada kebanyakan kasus, obat antinyeri perlu dikonsumsi selama 7‒10 hari untuk membantu mengurangi keluhan.

Namun, jika Anda masih merasakan nyeri setelah rentang waktu tersebut, jangan ragu untuk kembali berobat ke dokter. Jika perlu, Anda juga bisa mendiskusikan seputar konsumsi obat antinyeri untuk jangka waktu yang lebih lama.

Artikel Lainnya: Benarkah Tidak Boleh Tidur Setelah Operasi Caesar?

6 dari 8 halaman

6. Mandi Air Hangat

Cobalah untuk mandi atau berendam di air hangat (suam-suam kuku). Aktivitas ini bisa memberikan rasa nyaman, relaks, dan tenang pada ibu hamil, sehingga membantu meredakan nyeri akibat luka bekas operasi caesar.

Hindari berendam terlalu lama, karena malah bisa menyebabkan kulit kering. Bukan tak mungkin, luka luar Anda juga bisa terkelupas lantaran terlalu lama berkontak dengan air.

7 dari 8 halaman

7. Senam Kegel

Senam kegel adalah latihan otot dasar panggul, yang dapat membantu mengurangi rasa sakit setelah operasi caesar.

Latihan sederhana ini dapat meningkatkan aliran darah ke area-area yang terdampak operasi caesar, sehingga turut mempercepat penyembuhannya. 

Dengan cara di atas, diharapkan rasa nyeri setelah operasi caesar yang Anda rasakan bisa terus berkurang seiring waktu. Apabila Anda menemukan kendala dalam penyembuhan, jangan tunda untuk berkonsultasi kepada dokter melalui LiveChat 24 jam atau aplikasi KlikDokter.

(NB/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar