Sukses

Kiat Mengatasi Nyeri Luka Operasi Caesar

Keluhan nyeri setelah operasi caesar kerap muncul usai persalinan. Apa yang dapat dilakukan untuk mengatasi nyeri luka ini?

Klikdokter.com, Jakarta Nyeri luka bekas operasi caesar sering kali dikeluhkan setelah persalinan. Keluhan ini sangat wajar mengingat banyaknya lapisan perut yang perlu dipotong untuk mengeluarkan bayi.

Selain kulit, lapisan lemak juga dipotong, pembungkus otot, otot perut (umumnya dipisahkan, bukan dipotong), pembungkus organ dalam perut, dan terakhir rahim. Jadi, walaupun luka pada kulit sudah mengering, bisa saja tetap timbul nyeri karena perlunya waktu untuk penyembuhan berbagai lapisan perut di bawah kulit.

Resep obat antinyeri dari dokter

Untuk membantu mengatasi rasa nyeri, sering kali dokter kandungan Anda akan meresepkan obat antinyeri. Umumnya, obat ini aman dikonsumsi bagi ibu menyusui. Kebanyakan orang akan membutuhkan obat antinyeri selama 7-10 hari setelah persalinan. Namun, jika masih merasakan nyeri yang mengganggu setelahnya, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter Anda, dan diskusikan perlunya konsumsi obat untuk jangka waktu lebih lama.

Untuk hasil yang terbaik, para ahli menyarankan untuk mengonsumsi obat antinyeri ini secara rutin. Jadi, jangan tunggu nyeri muncul baru meminum obat tersebut.

Obat memerlukan waktu agar dapat bekerja secara efektif. Dengan konsumsi obat secara rutin, diharapkan efek antinyeri yang diberikan bertahan sepanjang waktu sehingga Anda lebih merasa nyaman.

Selanjutnya, perlu diperhatikan bahwa setelah melakukan operasi Anda tetap dihadapkan dengan berbagai kegiatan, seperti merawat si Kecil atau mengurus rumah tangga.

Beberapa kegiatan tertentu – misalnya mengangkat beban berat atau menjemur pakaian – dapat menimbulkan keluhan nyeri di area luka operasi Anda. Jika demikian, hindari melakukan kegiatan-kegiatan ini. Jika memungkinkan, mintalah bantuan mengerjakan aktivitas tersebut selama beberapa minggu pertama, atau hingga keluhan nyeri Anda membaik.

1 dari 2 halaman

Tips mengurangi rasa nyeri bekas operasi caesar

Selain obat pereda nyeri, Anda juga dapat mencoba beberapa kiat di bawah ini untuk mengurangi sakit di bekas operasi caesar Anda.

  • Pakai korset

Di Indonesia, salah satu kebiasaan setelah melahirkan adalah memakai korset atau gurita.  Hal ini bisa membantu keluhan nyeri Anda, karena ikatan yang kuat secara tidak langsung akan menyokong otot perut Anda. Anda dapat mencoba pemakaian alat bantu ini jika memang nyaman untuk Anda, dan bisa mengurangi nyeri.

Pertimbangkan juga untuk menghindari pemakaian korset dalam jangka panjang, karena dipercaya dapat melemahkan otot perut. Untuk jangka panjang, Anda dapat mencoba pakaian dalam kompresi.

Selain itu, cobalah untuk menyangga perut ketika melakukan kegiatan tertentu yang dapat menimbulkan nyeri, seperti tertawa, bersin, dan batuk. Menyangga perut dapat membantu mengurangi rasa sakit.

  • Hindari sembelit

Mengejan juga sering kali menimbulkan keluhan nyeri. Oleh karena itu, hindari sembelit dan jaga agar pencernaan Anda tetap lancar. Hal ini bisa dilakukan dengan menjaga konsumsi banyak makanan sumber serat, banyak minum cairan, mengusahakan pola BAB rutin. Jika diperlukan, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter mengenai perlunya konsumsi obat pencahar.

  • Menghirup aromaterapi

Beberapa studi mempelajari alternatif menarik untuk membantu meringankan nyeri pasca operasi. Mereka menemukan, menghirup aromaterapi dengan minyak lavender serta pemijatan pada tangan dan kaki dapat membantu mengurangi nyeri usai operasi caesar.

Pada studi ini, efek tersebut diamati hingga 12 jam sejak kemunculan keluhan. Walaupun belum diketahui efeknya dalam jangka panjang, hal ini bisa menjadi terapi suportif untuk mengurangi keluhan nyeri.

Jadi, nyeri luka setelah operasi caesar adalah hal yang wajar dialami oleh ibu yang baru melahirkan. Namun, bukan berarti Anda harus menderita dalam menjalaninya. Coba terapkan beberapa tips di atas, untuk mengurangi serta mengatasi keluhan nyeri pada bekas operasi Anda.

[HNS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar