Sukses

Manfaat Cuka Apel untuk Kecantikan Kulit Anda

Cuka apel memiliki beragam manfaat bagi kecantikan kulit dan wajah. Apa saja? Ketahui manfaat cuka apel untuk kecantikan kulit di sini.

Tak hanya baik saat dimakan dalam bentuk daging buah, apel ternyata juga bermanfaat dalam rupa cuka apel. Produk turunan apel ini merupakan hasil penghancuran serta remasan apel, lalu ditambah bakteri dan jamur sampai terfermentasi.

Proses tersebut mengubah kandungan gula dan pemanis di dalam apel menjadi alkohol. Selanjutnya, proses fermentasi yang kedua mengubah alkohol jadi cuka.

Cuka apel diketahui mengandung enzim, pektin, bakteri, dan mineral yang bermanfaat sangat baik untuk rambut dan kulit. Tak heran, cuka apel ternyata banyak dimanfaatkan sebagai produk kecantikan yang efisien dan terjangkau.

Berikut deretan manfaat cuka apel untuk kulit: 

1 dari 4 halaman

1. Menenangkan Kulit yang Bermasalah

Cuka apel mengandung zat antiinflamasi atau antiperadangan yang berperan dalam “menenangkan” kulit bermasalah. Selain itu, cuka apel juga mengandung asam asetat yang berperan dalam melembutkan kulit.

2. Eksfoliator dan Mengurangi Bercak Penuaan

Cuka apel mengandung asam hidroksi alfa (AHA) yang merupakan eksfoliator kimia. Kandungan ini membuat cuka apel dapat berperan dalam menghilangkan sel kulit mati dan memperlihatkan sel-sel kulit baru yang sehat.

Dengan melakukan perawatan rutin menggunakan cuka apel, perbedaan pada bercak penuaan akan terlihat.

Artikel lainnya: Cara Mengobati Radang Tenggorokan dengan Cuka Apel

3. Mengatasi Ketombe

Cuka apel juga dapat bermanfaat untuk kesehatan rambut, yakni mengatasi ketombe. Produk turunan apel tersebut berperan dalam menurunkan jumlah jamur yang tumbuh di kulit kepala sehingga mencegah munculnya ketombe.

4. Melawan Jerawat

Cuka apel adalah antibakteri, antijamur, dan antivirus yang kuat. Itu sebabnya, bahan ini mampu mengurangi bakteri penyebab jerawat dari kulit.

Sifat ini beserta dengan fungsi pengelupasan sel-sel kulit mati berperan dalam melawan jerawat. Cuka apel juga dapat membantu mengobati dan mencegah noda di wajah.

2 dari 4 halaman

5. Membersihkan Kulit Berminyak

Cuka apel bekerja sebagai zat alami, menghilangkan kotoran, minyak, dan debu dengan penggunaan kapas. Manfaat cuka apel untuk kecantikan yang didapat adalah kulit akan terasa lebih halus serta dapat membantu mengurangi garis-garis halus. Cuka apel juga membantu menyerap minyak berlebih pada kulit.

6. Menetralkan Bau

Asam dalam cuka apel akan mengubah tingkat keasaman atau pH kulit, yang melawan bakteri dan menetralkan bau. Sifat antiseptik dari produk ini juga dapat mencegah bau kaki dan telah diketahui membantu penyakit jamur kaki.

Artikel lainnya: Apakah Cuka Apel Ampuh dan Aman untuk Menghilangkan Panu

7. Meredakan Luka Bakar Akibat Matahari

Manfaat cuka apel untuk kulit selanjutnya adalah meredakan luka bakar akibat sunburn. Dengan mengembalikan tingkat keasaman kulit, cuka apel membantu memperbaiki kerusakan akibat paparan sinar matahari yang berlebihan.

8. Mengurangi Keriput

Seiring dengan bertambahnya usia, elastisitas kulit akan berkurang dan menjadi muncul banyak kerutan. Cuka apel dapat digunakan dalam perawatan kulit untuk membantu mengencangkan kulit dan mencegah terbentuk kerutan.

3 dari 4 halaman

9. Menyeimbangkan pH Kulit

Cuka apel dapat membantu menyeimbangkan pH kulit. Cuka apel bersifat asam sehingga dapat memulihkan tingkat keasaman kulit dan melindunginya dari infeksi bakteri. 

10. Merawat kulit tubuh

Manfaat cuka apel untuk kulit secara keseluruhan juga bisa Anda dapatkan. Caranya, tambahkan sedikit cuka apel ke dalam bak mandi yang berisi air hangat.

Anda ingin mendapatkan manfaat cuka apel untuk kulit ini? Berendamlah selama 30 menit. Hasilnya, kulit tubuh akan terasa lebih lembut dan halus. 

Terdapat banyak sekali manfaat cuka apel untuk kulit. Namun ingat, cuka apel memiliki kadar asam yang tinggi. Jika digunakan secara berlebihan, bahan ini berpotensi menimbulkan luka bakar. 

Konsultasikan juga kepada Dokter sebelum menggunakannya sebagai alternatif pengobatan untuk penyakit kulit tertentu. 

Gunakan cuka apel untuk kulit setelah Anda mengencerkannya terlebih dahulu dengan air. Jika setelah menggunakannya timbul reaksi kulit yang tidak diinginkan sebaiknya tunda pemakaian.

Anda masih ingin bertanya lebih lanjut seputar kegunaan cuka apel untuk wajah dan kesehatan secara keseluruhan? Manfaatkan fitur Live Chat dari aplikasi Klikdokter.

[HNS/JKT]

0 Komentar

Belum ada komentar