Sukses

7 Manfaat Cuka Apel untuk Kesehatan Kulit Anda

Belakangan ini cuka apel cukup populer dalam bidang kecantikan. Apa saja manfaat produk yang satu ini untuk kesehatan kulit?

Klikdokter.com, Jakarta Apel merupakan buah yang telah umum dikonsumsi oleh masyarakat banyak, karena memiliki berbagai manfaat sehat. Tak cuma itu, apel ternyata juga dapat bermanfaat dalam menjaga kesehatan kulit dalam rupa cuka apel.

Faktanya, apel mengandung kadar vitamin C yang tinggi (asam askorbat) yang membantu tubuh memproduksi kolagen. Buah ini juga mengandung banyak nutrisi lain, seperti tembaga untuk melindungi kulit dari ultraviolet (UV) dan vitamin A untuk fungsi kulit secara menyeluruh.

Manfaat cuka apel untuk kulit

Manfaat dari apel tidak hanya didapat dari memakannya saja. Ya, seperti telah disinggung sebelumnya, manfaat dari buah ini juga bisa didapatkan jika diolah menjadi cuka apel.

Cuka apel terbuat dari cairan yang keluar dari hasil penghancuran dan remasan apel, yang kemudian ditambahkan bakteri dan jamur hingga terfermentasi. Proses ini mengubah gula dan pemanis dalam apel menjadi alkohol. Proses fermentasi kedua mengubah alkohol menjadi cuka.

Cuka apel biasanya digunakan sebagai bahan dapur, seperti untuk dressing salad dan bumbu-bumbu. Selain itu cuka apel ternyata juga dapat berfungsi sebagai produk kecantikan yang efisien dan terjangkau. Cuka apel mengandung enzim, bakteri, pektin dan mineral bermanfaat yang sangat baik untuk rambut dan kulit.

Manfaat cuka apel untuk kulit adalah sebagai berikut:

  1. Menenangkan kulit yang bermasalah

Cuka apel mengandung zat antiinflamasi atau antiperadangan yang berperan dalam “menenangkan” kulit yang bermasalah. Selain itu, cuka apel juga mengandung asam asetat yang berperan dalam melembutkan kulit.

  1. Eksfoliator dan mengurangi bercak penuaan

Cuka apel dapat berperan mengelupas kulit, karena mengandung asam hidroksi alfa (AHA) yang merupakan eksfoliator kimia. Ini membuatnya dapat menghilangkan sel kulit mati yang menumpuk dan memperlihatkan sel-sel kulit baru yang sehat. Dengan melakukan perawatan rutin menggunakan cuka apel, perbedaan pada bercak penuaan akan terlihat.

  1. Mengatasi ketombe

Cuka apel juga dapat bermanfaat untuk kesehatan rambut, berupa mengatasi ketombe. Fungsi cuka apel dalam hal ini, yaitu menurunkan jumlah jamur yang tumbuh di kulit kepala sehingga melawan ketombe.

  1. Melawan jerawat

Cuka apel memiliki peran sebagai antibakteri, antijamur dan antivirus yang kuat, sehingga mampu mengurangi bakteri penyebab jerawat dari kulit. Fungsi ini beserta dengan fungsi mengelupas sel-sel kulit mati dari permukaan kulit berperan dalam melawan jerawat. Cuka apel juga dapat membantu mengobati dan mencegah noda.

  1. Membersihkan kulit berminyak

Cuka apel bekerja sebagai zat alami, menghilangkan kotoran, minyak dan debu dengan penggunaan kapas. Kulit akan terasa lebih halus dan dapat membantu mengurangi garis-garis halus. Cuka apel juga membantu menyerap minyak berlebih pada kulit.

  1. Menetralisir bau

Asam dalam cuka apel akan mengubah tingkat keasaman atau pH kulit, yang melawan bakteri dan menetralisir bau. Sifat antiseptik dari produk ini juga dapat mencegah bau kaki dan telah diketahui membantu kaki atlet.

  1. Meredakan luka bakar akibat matahari

Dengan mengembalikan tingkat keasaman kulit, cuka apel membantu memperbaiki kerusakan akibat paparan sinar matahari yang berlebihan.

Itu dia beberapa manfaat yang bisa kulit Anda dapatkan dari cuka apel. Tertarik untuk mencoba dan merasakan sendiri manfaatnya untuk kesehatan kulit Anda?

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar