Sukses

6 Terapi Sederhana Pelengkap Pengobatan Kanker Paru

Pengobatan kanker paru bisa dilakukan secara konvensional, seperti kemoterapi. Namun, ada terapi sederhana yang bisa memperlengkapinya.

Klikdokter.com, Jakarta Penanganan bagi para penderita kanker paru berbeda-beda tergantung pada jenis, ukuran, dan stadium. Untuk kanker di tahap awal dan hanya di area kecil, pembedahan mengangkat kanker paru dapat dilakukan. Kalau kondisi kesehatan penderita lemah, radioterapi dapat dilakukan untuk menghancurkan sel kanker. Namun, jika kanker sudah menyebar, kemoterapi biasanya diterapkan pada pasien. Selain tindakan medis, ada juga sejumlah terapi sederhana yang dapat mengurangi rasa sakit sebagai efek samping pengobatan dokter.

Yang perlu Anda ingat, terapi-terapi ini tidak dimaksudkan sebagai pengobatan yang berdiri sendiri. Penderita dapat menjalaninya selama atau setelah menjalani pengobatan kanker secara konvensional, agar merasa lebih baik .

Terapi alternatif bisa membantu

Menurut National Center for Complementary and Integrative Health, ada beberapa bukti ilmiah yang mendukung keamanan dan keefektifan terapi alternatif. Namun, ada banyak pertanyaan yang masih belum terjawab. Misalnya, tentang cara kerja perawatan, terkait keamanan serta kesahihan klaimnya. Lebih baik konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter Anda sebelum mencoba perawatan alternatif.

Berikut ini beberapa terapi sederhana yang bisa dilakukan.

  1. Akupunktur

Teknik pengobatan tradisional Tiongkok ini dilakukan dengan menstimulasi titik-titik tertentu pada tubuh dengan jarum yang sangat tipis. Teknik ini dimaksudkan untuk mengembalikan aliran alami energi di dalam tubuh. Ketidakharmonisan energi dianggap sebagai akar penyebab penyakit.

Hampir semua orang dengan kanker paru menghadapi gejala yang terkait dengan penyakit atau pengobatan mereka. Beberapa gejala umum termasuk kegelisahan, mual, rasa sakit, depresi, dan kesehatan yang buruk. Akupunktur bisa efektif dalam mengelola mual dan muntah yang terkait dengan kemoterapi. Ini juga dapat membantu mengelola rasa sakit setelah operasi.

  1. Aromaterapi

Aromaterapi adalah pengobatan menggunakan minyak esensial untuk merangsang bagian otak yang memengaruhi emosi. The National Cancer Institute melaporkan bahwa penelitian menunjukkan minyak esensial memiliki kemampuan melawan penyakit.

Minyak atsiri juga memiliki kualitas yang menenangkan atau memberikan energi. Penelitian telah menunjukkan bahwa minyak esensial dapat meningkatkan kesehatan mental dan emosional dengan mengurangi beberapa gejala, seperti tertekan, depresi, rasa sakit, dan mual.

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

  1. Suplemen herbal

Di Tiongkok, lebih dari 133 suplemen herbal digunakan untuk mengobati kanker paru-paru, sejak masa lampau. Suplemen ini digunakan bersama perawatan konvensional seperti kemoterapi. Diyakini suplemen tertentu membantu meringankan gejala kanker paru dan efek samping pengobatan. Bahkan, suplemen itu bisa membunuh sel kanker.

Suplemen herbal yang umum digunakan, antara lain:

  • Astragalus: membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, memperlambat pertumbuhan tumor, mencegah tumor menyebar, dan dapat meningkatkan kemanjuran obat kemoterapi.
  • Gan cao (akar licorice): dikenal sebagai ekspektoran yang mempercepat sekresi lendir, biasanya diresepkan untuk meredakan batuk dan sesak napas.
  • Oldenlandia diffusa: dipercaya dapat membunuh sel-sel kanker paru.
  • Akar asparagus: dipercaya dapat membunuh dan mencegah sel kanker paru berkembang

Biasanya suplemen herbal di atas tidak berbahaya untuk dikonsumsi bersamaan dengan pengobatan rutin kanker paru-paru. Namun dalam beberapa kasus, herbal dapat menyebabkan efek samping yang serius atau komplikasi. Oleh karenanya,  penting untuk berkonsultasi ke dokter sebelum mengonsumsi suplemen herbal apa pun.

  1. Pijat

Pijat dapat meringankan rasa sakit dan mendorong relaksasi. Ahli terapi pijat menggunakan tangan atau kaki mereka untuk melakukan tekanan untuk mengendurkan otot-otot yang kencang. Hal ini akan membantu menghilangkan rasa sakit dan ketegangan.

Penderita kanker paru biasanya merasakan nyeri di saraf atau otot di sekitar area dada, leher, punggung atas, dan bahu. Pijatan bisa meredakan rasa sakit itu. Ketika mencari terapis pijat, pilihlah yang memiliki pengalaman mengobati orang dengan kanker. Mereka akan mengetahui teknik pijat yang benar sesuai stadium kanker dan status perawatan Anda.

  1. Meditasi

Meditasi merupakan keadaan refleksi batin yang rileks yang membantu menenangkan pikiran. Metode ini dapat membantu mengurangi stres dan ketegangan yang terkait dengan pengelolaan kanker paru. Meditasi teknik pernapasan dalam juga dapat membantu pasien kanker meningkatkan fungsi paru-paru mereka.

  1. Yoga

Yoga juga telah terbukti mampu membantu meredakan kecemasan, depresi, dan insomnia. Kegiatan ini juga dapat meningkatkan rasa sejahtera, sekaligus membantu penderita kanker paru-paru rileks dan tidur lebih baik.

Keenam metode di atas dapat  digunakan untuk melengkapi pengobatan kanker paru Anda. Namun jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum memulai perawatan terapi tertentu. Pada dasarnya semua perawatan bertujuan baik, tapi Anda harus tahu apa efek sampingnya supaya terapi Anda sejalan dengan perawatan medis dari dokter.

[HNS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar