Pencernaan

Catat, Ini 8 Pantangan Makanan dan Minuman untuk Pengidap Ambeien (Wasir)

Siti Putri Nurmayani, 12 Sep 2023

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Ambeien atau wasir bisa kambuh karena makanan atau minuman yang dikonsumsi. Ini beberapa pantangan ambeien yang perlu dihindari agar wasir tidak semakin parah.

Catat, Ini 8 Pantangan Makanan dan Minuman untuk Pengidap Ambeien (Wasir)

Ambeien atau yang sering disebut wasir (hemoroid) merupakan masalah kesehatan yang sangat mengganggu. Pasalnya, ambeien bisa terasa menyakitkan dan menyiksa. 

Menurut dr. Fiona Amelia, MPH, hemoroid merupakan peradangan dan pembengkakan yang terjadi pada pembuluh darah balik (vena) di daerah rektum atau anus. 

Terdapat sejumlah hal yang bisa menyebabkan ambeien, mulai dari kehamilan, obesitas, duduk dalam waktu yang lama, masalah pencernaan kronis, serta diet rendah serat. 

Meski wasir bisa hilang dengan sendirinya, namun ada beberapa makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari. Berikut sejumlah pantangan ambeien yang perlu kamu perhatikan:

1. Makanan Olahan

Dijelaskan dr. Citra Roseno, makanan olahan seperti junk food atau beberapa jenis makanan kaleng memiliki kandungan serat yang rendah. 

“Mengonsumsi makanan dengan serat yang rendah bisa mengakibatkan sembelit atau konstipasi,” tuturnya. 

Ketika seseorang mengalami sembelit yang berulang, ini dapat memicu terjadinya ambeien

2. Gorengan

Salah satu makanan penyebab ambeien adalah gorengan. Selain itu, aneka makanan yang digoreng juga bisa memperparah gejala wasir. 

Gorengan merupakan makanan yang sulit untuk dicerna, sehingga dapat memperlambat sistem pencernaan secara keseluruhan. Hal ini bisa menyebabkan seseorang kesulitan untuk buang air besar. 

Tak berhenti sampai di situ, makanan yang digoreng umumnya dimasak dengan minyak berbahan nabati, seperti jagung, kedelai, dan lobak, di mana ketiganya dapat menyebabkan kerusakan pada dinding usus. 

Artikel Lainnya: Apakah Ambeien Bisa Sembuh Sendiri?

3. Keripik dan Makanan Asin

Meski tubuh membutuhkan asupan garam, namun tidak dianjurkan untuk mengonsumsinya dalam jumlah berlebih. Untuk itu, kamu perlu mengurangi konsumsi keripik dan makanan asin. 

Terlalu banyak garam bisa memperlambat sistem pencernaan dan membuat pergerakan usus lebih menyakitkan. 

Selain itu, penumpukan garam dalam darah juga dapat menyebabkan perut kembung. Kondisi ini bisa memicu terbentuknya wasir yang bengkak dan lebih sensitif. 

4. Makanan Pedas

Contoh makanan penyebab ambeien kambuh salah satunya adalah makanan pedas. Hampir semua makanan pedas dapat memicu naiknya asam lambung dan menimbulkan rasa tidak nyaman di saluran pencernaan. 

Oleh karenanya, ketika wasir bengkak, dianjurkan untuk tidak mengonsumsi makanan pedas selama beberapa hari sampai nyeri wasir berkurang. 

5. Alkohol

Minum alkohol secara berlebihan bisa mengganggu keseimbangan organ pencernaan. Untuk mengatasi rasa sakit saat wasir kambuh, dianjurkan untuk membatasi konsumsi minuman beralkohol. 

Akan lebih baik lagi apabila kamu berhenti mengonsumsi alkohol, terutama saat wasir kambuh. 

6. Keju

Dikutip dari National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Disease (NIDDK), keju merupakan salah satu pantangan bagi penderita ambeien. Produk susu ini mengandung laktosa tinggi yang bisa mengiritasi kulit area anus. 

Saat produk susu dikonsumsi, beberapa reaksi kimia bisa memperburuk wasir atau menjadi makanan penyebab wasir. 

Bila kamu telah didiagnosis intoleransi laktosa, sebaiknya hindari semua produk susu selama 2 minggu setelah gejala mereda. 

Artikel Lainnya: Awas, Ambeien yang Tak Diobati Bisa Picu Komplikasi!

7. Buah Sitrus

Sejumlah buah sitrus, seperti jeruk, lemon, dan jeruk bali merupakan sejumlah buah yang tidak boleh dimakan penderita ambeien.

Jenis buah-buahan ini mengandung asam yang tinggi, sehingga dapat mengiritasi wasir. 

Selain itu, buah pantangan ambeien ini juga dapat menyebabkan diare yang nantinya akan memperburuk gejala wasir. 

8. Daging Olahan

Penderita wasir juga sebaiknya menghindari daging olahan, seperti dendeng. Makanan yang satu ini mengandung natrium dan pengawet yang bisa memperparah gejala wasir. 

Asupan natrium yang berlebihan bisa memperburuk gejala ambeien. Oleh karenanya, tidak dianjurkan untuk emngonsumsi natrium dalam jumlah banyak. 

Nah, itu dia daftar makanan dan minuman yang harus dihindari oleh penderita wasir. Apabila penyakit ambeien ini mulai mengganggu aktivitas sehari-hari, segera kunjungi dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. 

Kamu juga bisa konsultasi secara online dengan menggunakan layanan Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter. Yuk, #JagaSehatmu dengan memerhatikan asupan makanan dan minuman supaya gejala wasir tidak semakin parah. 

(NM)

HemoroidWasir Kambuhambeien

Konsultasi Dokter Terkait