Sukses

Bengkoang Juga Bermanfaat untuk Diet Anda

Bengkoang tak asing bagi Anda penikmat rujak. Selain segar, bengkoang punya sejumlah kandungan yang baik bagi tubuh. Apa saja?

Klikdokter.com, Jakarta Bengkoang (Pachyrhizus erosus) sebenarnya merupakan tumbuhan yang berasal dari wilayah Meksiko. Umbi-umbian yang satu ini memiliki rasa segar dan kerap dijadikan bahan makanan sehat seperti rujak.

Bentuk bengkoang membulat agak pipih seperti gasing, dengan kulit tipis berwarna kuning pucat. Bagian dagingnya berwarna putih dengan tekstur renyah yang mengandung cairan segar agak manis. Umbinya mengandung gula dan pati serta fosfor dan kalsium.

Bagi sebagian orang, umbi bengkoang juga dikenal bermanfaat untuk kesehatan kulit. Menurut dr. Dyah Novita Anggraini dari KlikDokter, bengkoang kerap dipakai untuk mencerahkan kulit.

“Kandungan sari pati pada bengkoang dipercaya dapat mengangkat noda hitam dan mengatasi kulit kusam, terutama pada bagian wajah,” ujar dr. Dyah.

Selain bermanfaat untuk kulit, tahukah Anda bahwa bengkoang juga memiliki manfaat sebagai salah satu menu diet?

Segudang khasiat bengkoang untuk diet

Bengkoang memiliki kandungan serat yang cukup tinggi sekaligus vitamin C. Tidak hanya membantu pencernaan, serat juga memberikan banyak manfaat kesehatan lainnya, misalnya menurunkan risiko beberapa jenis kanker, obesitas, penyakit kardiovaskular, dan diabetes.

Kandungan vitamin C di dalam bengkoang juga memiliki manfaat untuk diet. Sebagai salah satu antioksidan, vitamin C juga dapat membantu mencegah atau menunda perkembangan kanker tertentu, penyakit kardiovaskular, dan penyakit lainnya. Meski demikian, penelitian mengenai hal ini masih terus berjalan.

“Vitamin yang satu ini bekerja sebagai antioksidan yang dapat membantu melawan radikal bebas. Selain itu, antioksidan juga membantu tubuh memproduksi kolagen dan elastin sehingga kulit menjadi lebih lembap dan kenyal,” ujar dr. Dyah.

Dilihat dari bobot kandungan nutrisi, bengkoang mengandung sumber vitamin C sebanyak 26 miligram vitamin, atau 44 persen dari kebutuhan harian Anda yang direkomendasikan.

Tubuh kita tidak mensintesis vitamin C secara alami, sehingga konsumsi makanan dengan vitamin C sangat penting untuk struktur tulang, kartilago, otot, dan pembuluh darah yang baik. Vitamin C juga membantu dalam penyerapan zat besi dan meningkatkan penyembuhan luka.

Kandungan vitamin dalam bengkoang

Selain vitamin C, bengkoang juga mengandung sejumlah kecil vitamin E (0,1 miligram atau 3 persen), folat (4 persen), vitamin B6 (3 persen), thiamin, riboflavin, dan asam pantotenat (masing-masing 2 persen).

“Banyak penelitian yang menjelaskan bahwa vitamin E berperan sebagai nutrisi antiaging. Vitamin ini dapat membantu memperlambat penuaan dengan mempercepat proses regenerasi kulit. Kerutan di wajah pun berkurang dan terlihat lebih muda,” tutur dr. Vita.

Bengkoang memberikan dorongan potasium dengan satu porsi yang mengandung 195 miligram, atau sekitar 6 persen dari kebutuhan harian Anda. Mineral lain disediakan adalah zat besi (0,8 miligram atau 4 persen), magnesium (15,6 miligram atau 4 persen), tembaga (3 persen), fosfor (2 persen), kalsium (2 persen), dan seng (1 persen).

Ternyata banyak ya manfaat bengkoang baik untuk kesehatan kulit maupun untuk diet.  Nah, mungkin Anda sudah mulai perlu memasukkan umbi yang satu ini ke dalam menu harian Anda.

[HNS/ RVS]

1 Komentar