Sukses

Ternyata Warna Makanan Bisa Pengaruhi Nafsu Makan

Apakah warna makanan tertentu bisa meningkatkan atau menurunkan nafsu makan? Simak penjelasannya di sini.

Klikdokter.com, Jakarta Coba pikirkan sejenak warna makanan yang Anda konsumsi sehari-hari. Tentu ada banyak warna yang terlintas di benak dan membangkitkan nafsu makan Anda. Misalnya warna hijau daun dari sayuran, merah dan oranye dari buah-buahan, cokelat dari roti atau sereal, atau putih dari produk susu. Namun, bagaimana dengan warna biru?

Secara umum, biru bukanlah warna yang umum ditemui pada makanan. Walau tubuh manusia tidak mengalami respons nafsu makan negatif secara otomatis terhadap warna tersebut, insting primer tubuh manusia akan cenderung mendorong seseorang untuk menghindari makanan berwarna biru.

Makanan warna gelap dianggap berbahaya

 J. L. Morton, seorang profesor yang mempelajari bidang warna, berpendapat tentang hal ini. Saat leluhur manusia pertama kali mencari dan mengumpulkan makanan, warna biru, ungu, dan hitam merupakan warna yang dianggap berbahaya pada makanan karena berpotensi mengandung racun.

Para peneliti di bidang makanan menyetujuinya. Mereka mengemukakan bahwa warna-warna tersebut - kecuali pada sebagian jenis makanan seperti buah dan sayur - dapat menurunkan nafsu makan.

Para pakar juga mendukung konsep bahwa beberapa warna dapat menurunkan nafsu makan, dan sebaliknya, sebagian warna lainnya dapat meningkatkannya. Gary Blumenthal, seorang pakar di bidang makanan dari International Food Strategies, mengemukakan bahwa warna dan daya tarik dari makanan merupakan dua hal yang sangat berhubungan. Hanya dengan melihat tampilan makanan saja, sel saraf di hipotalamus, salah satu bagian dari otak, dapat mengalami peningkatan aktivitas.

Blumenthal menambahkan, warna makanan tertentu, seperti hijau, cokelat, merah, kuning, dapat meningkatkan nafsu makan. Namun, penting untuk diingat bahwa hal ini juga bergantung pada berbagai faktor lainnya. Hal-hal tersebut, seperti kondisi sedang lapar atau tidak, preferensi pribadi, budaya yang berlaku di lingkungan, serta pengalaman mengonsumsi makanan dengan warna tersebut sebelumnya.

Sejumlah penelitian yang dilakukan di University of Washington juga mempelajari apakah persepsi rasa dipengaruhi oleh warna dari suatu makanan. Dari penelitian yang dilakukan, ditemukan bahwa individu mempelajari dan menjadi familiar dengan kombinasi rasa dan warna tertentu. Asosiasi yang dipelajari tersebut tertanam di otak dan dapat mengubah persepsi seseorang. Selain itu juga menimbulkan ekspektasi terkait bagaimana rasa dan penampilan dari makanan jenis tertentu.

Warna-warna yang menstimulasi nafsu makan

Walaupun biru dianggap sebagai salah satu warna yang dapat cenderung menekan nafsu makan, para peneliti sering mengasosiasikan beberapa warna hangat sebagai contoh yang dapat menstimulasi nafsu makan. Menurut para pakar dari Rohm and Haas Paint Quality Institute, merah merupakan salah satu warna yang dapat meningkatkan tekanan darah dan frekuensi denyut jantung. Warna tersebut dikaitkan dengan perasaan intim, energi, semangat, dan sebagainya. Selain itu, warna merah juga dianggap dapat menstimulasi nafsu makan, dan sering digunakan sebagai warna pilihan di restoran dan ruang makan di rumah.

Selain merah, kuning juga merupakan salah satu warna yang dapat menstimulasi nafsu makan, dan merupakan pilihan yang tepat untuk interior ruang makan di rumah. Warna kuning juga dikaitkan dengan energi dan kebahagiaan. Hal ini dapat menjadi salah satu alasan mengapa banyak desainer merekomendasikan warna yang hangat untuk dapur di rumah atau restoran.

Tidak hanya meningkatkan nafsu makan, warna-warna hangat juga diketahui dapat meningkatkan kecepatan seseorang mengonsumsi makanan. Sebaliknya, warna biru jarang direkomendasikan, karena dipercaya dapat membuat seseorang mengalami relaksasi dan cenderung mengantuk.

Nah, pemilihan warna makanan ternyata bisa jadi salah satu faktor penting penentu selera makan Anda ya. Oleh karena itu, jangan ragu untuk memilih warna-warna hangat untuk menaikkan selera makan Anda. Sebaliknya, kalau Anda sedang berencana untuk menurunkan berat badan, pilih warna-warna biru, ungu, dan hitam agar menekan nafsu makan.

[HNS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar