Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Adakah Pengaruh Warna terhadap Nafsu Makan? Ini Faktanya

Adakah Pengaruh Warna terhadap Nafsu Makan? Ini Faktanya

Warna makanan dipercaya dapat memengaruhi nafsu makan Anda. Apa benar? Jika ya, warna apa saja yang berpengaruh? Ini penjelasan pengaruh warna terhadap nafsu makan.

Coba pikirkan sejenak warna makanan yang Anda konsumsi sehari-hari. Tentu ada banyak warna yang terlintas di benak Anda. Beberapa warna dipercaya dapat menambah sekaligus mengurangi nafsu makan. Ya, sejumlah peneliti bahkan telah mempelajari tentang pengaruh warna terhadap nafsu makan. 

Mari simak penjelasan lengkapnya pada artikel ini.

1 dari 3 halaman

Pengaruh Warna terhadap Nafsu Makan

Sejumlah studi yang dilakukan di University of Washington mempelajari mengenai pengaruh warna terhadap nafsu makan. Para peneliti ingin tahu apakah persepsi rasa dipengaruhi oleh warna suatu makanan. 

Dari penelitian tersebut ditemukan bahwa seseorang dapat mempelajari dan menjadi familiar terhadap kombinasi rasa dan warna tertentu.

Artikel Lainnya: Tingkatkan Nafsu Makan Anda dengan Cara Ini

Asosiasi yang dipelajari kemudian tertanam di otak dan dapat mengubah persepsi seseorang terkait makanan. Selain itu, hal tersebut menimbulkan ekspektasi terkait bagaimana rasa dan penampilan dari jenis makanan tertentu.

Warna penggugah selera makan biasanya warna-warna hangat, seperti hijau, kuning, merah, dan oranye. Tidak hanya meningkatkan nafsu makan, warna-warna hangat juga diketahui dapat meningkatkan kecepatan seseorang dalam mengonsumsi makanan.

Sementara itu, warna biru jarang direkomendasikan karena dipercaya dapat membuat seseorang relaks dan cenderung mengantuk.

Makanan Berwarna Gelap Dianggap Berbahaya 

Seorang profesor bernama J. L. Morton yang mempelajari bidang warna berpendapat, ketika leluhur manusia pertama kali mencari dan mengumpulkan makanan, warna biru, ungu, dan hitam merupakan warna yang dianggap berbahaya.  

Para leluhur percaya bahwa warna-warna tersebut berpotensi mengandung racun dan identik dengan kematian. 

Artikel Lainnya: 7 Alasan yang Membuat Anda Kehilangan Selera Makan

Para peneliti di bidang makanan juga menyetujuinya. Mereka mengemukakan bahwa warna-warna tersebut dapat menurunkan nafsu makan, kecuali pada sebagian jenis makanan seperti buah dan sayur.

2 dari 3 halaman

Warna-Warna yang Menstimulasi Nafsu Makan

Gary Blumenthal, seorang pakar di bidang makanan dari International Food Strategies, mengemukakan bahwa warna berhubungan dengan daya tarik suatu makanan.

Hanya dengan melihat tampilan makanan saja, sel saraf di hipotalamus dapat mengalami peningkatan aktivitas.

Warna-warna penggugah selera makan terdapat pada warna hijau daun dari sayuran, merah dan oranye dari buah-buahan, cokelat dari roti atau sereal, atau putih dari produk susu. 

Artikel Lainnya: Mengapa Wanita Lebih Mudah Kehilangan Nafsu Makan?

Sementara biru bukanlah warna yang umum ditemui pada makanan. Berbeda dengan warna hijau kebiruan (tosca), warna biru dianggap akan menurunkan nafsu makan.

Walau tubuh manusia tidak mengalami respons nafsu makan negatif secara otomatis terhadap warna tersebut, insting primer akan cenderung mendorong seseorang untuk menghindari makanan berwarna biru.

Berikut penjelasan lengkap mengenai warna-warna yang menstimulasi nafsu makan: 

  • Hijau 

Hijau dianggap sebagai warna penambah nafsu makan. Hal ini dikarenakan hijau identik dengan warna alam, bersifat menenangkan dan santai sehingga dapat meningkatkan nafsu makan. 

  • Oranye 

Warna oranye menghasilkan efek menyegarkan, menstimulasi aktivitas otak, dan dikaitkan dengan makanan sehat sehingga membuat orang merasa nyaman. Warna ini juga dapat merangsang nafsu makan. 

  • Merah 

Warna merah dapat meningkatkan tekanan darah, frekuensi jantung, dan dikaitkan dengan perasaan intim, semangat, dan kaya energi. Karena itu, warna merah dianggap mampu meningkatkan nafsu makan.

  • Kuning 

Warna kuning identik dengan kehangatan dan kebahagiaan sehingga mampu meningkatkan nafsu makan.

Setelah mengetahui psikologi warna pada makanan, Anda jadi tahu bahwa ternyata warna makanan dapat menjadi salah satu faktor penting penentu selera makan Anda.

Namun, penting untuk diingat bahwa hal ini juga bergantung pada berbagai faktor lainnya. Faktor-faktor ini meliputi apakah Anda sedang lapar atau tidak, preferensi pribadi, budaya yang berlaku di lingkungan, serta pengalaman mengonsumsi makanan dengan warna tersebut sebelumnya.

Apabila Anda berencana menurunkan berat badan, Anda dapat mengonsumsi makanan berwarna gelap seperti biru, ungu, dan hitam. Sebaiknya, jika ingin menambah selera makan, jangan ragu untuk memilih warna-warna hangat seperti hijau, oranye, merah, dan kuning. 

Sekarang Anda sudah tahu mengenai apa saja warna penambah nafsu makan dan warna yang tidak membuat nafsu makan. Jika memiliki pertanyaan lain seputar pengaruh warna terhadap nafsu makan, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter kami. Gunakan layanan Live Chat dengan mengunduh aplikasi KlikDokter. 

(WA/ RS)

0 Komentar

Belum ada komentar