Sukses

Ini Dia 7 Tips Sederhana Atasi Wasir

Wasir kelihatannya sepele, tapi memang membuat kondisi tidak nyaman. Cari tahu tips sederhana untuk mengatasi wasir atau ambeien.

Klikdokter.com, Jakarta Anda merasa tidak nyaman saat duduk? Bisa jadi Anda mengalami wasir. Kondisi ini biasa disebut juga dengan ambeien. Ada beberapa tips sederhana yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi wasir.

Wasir atau dalam bahasa medisnya disebut hemoroid, merupakan suatu kondisi terjadinya pelebaran pembuluh darah yang berlokasi di sekitar anus. Pembuluh darah anus yang melebar ini sering kali teregang hebat, menipis, dan teriritasi.

Kondisi tersebut terutama terjadi bila faktor-faktor risiko terus berulang, salah satu contohnya adalah sering mengalami buang air besar yang keras. Inilah yang berujung pada terjadinya komplikasi wasir, yaitu kondisi anemia hingga syok. Kondisi ini adalah terjadinya pendarahan yang begitu banyak dari pembuluh darah yang teriritasi tersebut.

Wasir memang terlihat sepele, tapi sangat tidak nyaman dan bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Menurut dr. Jessica Florencia dari KlikDokter, bagi beberapa orang, wasir bisa menyebabkan rasa risih, dan nyeri. Biasanya rasa tidak nyaman dan nyeri ini muncul ketika penderita wasir sedang duduk atau buang air besar. Wasir  yang parah sangat sulit untuk disembuhkan dan harus ditangani dengan tindakan operasi. Tindakan ini tentunya memerlukan biaya tak sedikit.

1 dari 3 halaman

Kenali jenis dan gejala wasir

Wasit terbagi atas dua jenis, yakni interna dan eksterna. Untuk interna, wasir ini terbentuk berlokasi cukup dalam. Akibatnya penderita sulit untuk melihat atau merasakan pelebaran pembuluh darah yang terjadi.

Sedangkan, wasir eksterna merupakan kebalikan dari interna. Biasanya, saat mengeluarkan tinja, wasir sering timbul keluar sehingga mudah dilihat dan dirasakan penderitanya. Ini yang bisa menyebabkan duduk Anda menjadi tak nyaman akibat mudahnya pembuluh darah teriritasi dan menimbulkan rasa nyeri.

Sementara itu, gejala wasir yang bisa Anda kenali adalah:

  • Munculnya darah segar menetes dari anus saat buang air besar.
  • Gatal pada anus.
  • Rasa nyeri akibat teriritasinya wasir akibat bergesekan dengan pakaian atau saat duduk. Nyeri hebat juga dapat timbul bila terdapat pembekuan darah pada wasir.
  • Tampak benjolan lembap di area anus yang berwarna merah muda (lebih terang) dari area sekitarnya.
  • Muncul benjolan keluar dari anus setelah buang air besar, benjolan dapat masuk sendiri atau harus didorong terlebih dahulu.
  • Pucat, mudah lemas, tidak mudah konsentrasi, bila telah terjadi komplikasi anemia akibat pendarahan yang berlebihan.
2 dari 3 halaman

Bagaimana mengatasi wasir?

Untuk mengatasi wasir, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan. Tidak harus dengan cara yang sulit, tapi bisa dengan beberapa cara sederhana berikut.

1. Pastikan asupan serat

Bagaimana cara mengobati wasir? Mulai penyembuhan dengan diet tinggi serat, yang dapat mengurangi pendarahan dan rasa sakit dari wasir. Isi piring Anda dengan buah-buahan dan sayuran kaya serat, beras merah, gandum utuh, dan kacang-kacangan untuk bantuan mengatasi ambeien. Minum banyak air juga bisa mencegah sembelit.

2. Hindari duduk terlalu lama

Jika pekerjaan Anda mengharuskan Anda selalu duduk, berjalanlah selama 5 menit setiap satu jam sekali untuk mengurangi tekanan rektal yang menyebabkan wasir. Saat di gym, hindari sepeda statis dan alat squat, keduanya dapat menerapkan tekanan yang sama. Sebaliknya, cobalah berjalan cepat selama 20-30 menit untuk mendorong fungsi usus.

3. Berendam dengan air hangat

Air hangat meningkatkan aliran darah untuk membantu mengecilkan vena yang bengkak. Untuk mendapatkan manfaatnya, isi ember besar atau bak mandi Anda dengan air hangat. Kemudian, duduklah di ember berisi air hangat itu dengan lutut terangkat untuk mendapatkan eksposur maksimum ke daerah yang terkena. Larutkan segenggam garam dalam ember mandi sebelum Anda mulai berendam akan membantu menyempitkan wasir lebih banyak lagi.

4. Kompres dengan es

Pembuluh darah bisa membengkak akibat wasir, tetapi kedinginan dapat mengecilkan wasir dan memberi kelegaan besar. Isi tas atau plastik dengan es, bungkus kain tipis di sekitarnya, dan duduk di atasnya selama sekitar 20 menit untuk menghilangkan ambeien. Ulangi seperlunya, tetapi tunggu setidaknya 10 menit di antara Anda mau melakukannya.

5. Jaga agar tetap bersih

Aktivitas mandi adalah kunci menjaga daerah anus tetap bersih, tapi Anda bisa diselingi dengan berendam di bathtub atau ember besar. Pastikan juga daerah anus Anda selalu bersih. Jangan menggunakan tisu basah, alkohol, atau bahan yang wangi-wangian, yang bisa membuat wasir memburuk. Saat Anda keluar dari bak mandi, gunakan pengering rambut untuk mengeringkan area anus dengan lembut.

6. Berbaring

Bagaimana cara mengobati wasir tanpa gel atau krim? Cobalah untuk berbaring tapi kurangi beban di area anal yang sakit dengan menekuk  kaki Anda selama setengah jam. Hal ini juga akan meningkatkan sirkulasi ke daerah belakang Anda.

7. Gunakan kertas toilet

Basahi kertas toilet polos, putih, tidak beraroma lalu usap dengan lembut ke area wasir. Kemudian, gunakan handuk basah saat Anda menyekanya. Anda kemudian bisa memberikan pelembab tanpa wewangian dengan tisu wajah.

Nah, itu adalah beberapa cara sederhana mengatasi wasir atau ambeien. Akan tetapi, jika cara-cara di atas sudah dilakukan dan wasir Anda masih belum sembuh juga, lebih baik Anda segera periksa ke dokter.

[HNS/ RVS]

1 Komentar

  • Inung Suratman

    Terkena Ambein/Wasir stadium lanjut? berbagai cara telah di coba masih gagal juga? Jangan panik Javanica plus tuntaskan ambein/wasir tepat sasaran hingga normal kembali, Minat? Serius? Hub Wa 082318506211