Sukses

Diet Juga Bisa Bikin Anda Tidak Bahagia

Diet seharusnya dijalankan dengan menyenangkan. Tapi nyatanya, diet juga bisa membuat Anda menjadi tidak bahagia.

Klikdokter.com, Jakarta Bagi Anda yang saat ini sedang berusaha mendapat berat badan ideal dengan melakukan diet, hati-hati! Sebab, diet juga bisa membuat Anda tidak bahagia. Uniknya, keadaan ini paling sering terjadi pada wanita.

Asisten profesor studi kesehatan dan kebugaran di Binghamton University, Lina Begdache, PhD., baru-baru ini memimpin penelitian terhadap 563 peserta untuk menyelidiki dampak kekurangan nutrisi akibat diet pada kesehatan mental.

Begdache dan rekan penelitiannya menemukan bahwa pria mungkin lebih berisiko mengalami gangguan kesehatan mental akibat makanan yang kurang sehat. Sementara wanita lebih mungkin mengalami gangguan mental akibat diet yang tidak seimbang dan gaya hidup yang tidak sehat.

Terkait temuan itu, Begdache kemudian mengutip penelitian yang sebelumnya mendapati bahwa wanita dua kali lebih mungkin mengalami kecemasan dan depresi, dengan risiko kambuh yang lebih tinggi.

Apa yang harus dilakukan?

Rata-rata penelitian yang telah menghubungkan diet dan gejolak suasana hati memberikan saran bahwa setiap orang lebih baik mengonsumsi berbagai makanan sehat dan menjalani gaya hidup aktif.

"Keragaman dan moderasi adalah kunci. Olahraga sepertinya menjadi komponen yang juga kuat," jelas Begdache.

Di sisi lain, ahli gizi asal Amerika Serikat, Miranda Willetts mengatakan bahwa untuk menjaga kesehatan mental dibutuhkan sejumlah nutrisi khusus.

"Saya membahas hubungan antara suasana hati dan diet dengan setiap klien. Tetapi saya harus benar-benar memberikan perhatian lebih, apalagi klien saya memiliki riwayat gangguan mood seperti depresi, kecemasan, gangguan afektif musiman, atau gangguan bipolar," katanya kepada Healthline.

Ketika ditanya jenis makanan yang lebih spesifik, dia merekomendasikan wanita untuk mengonsumsi:

  • Asam lemak omega-3, yang berasal dari ikan, kacang-kacangan, biji-bijian, minyak zaitun.
  • Vitamin B, yang berasal dari daging, telur, makanan laut, sayuran berdaun hijau, kacang polong, dan biji-bijian utuh.
  • Selenium, yang berasal dari ikan cod, kacang Brasil, walnut, dan daging unggas.
  • Triptofan, yang berasal dari kalkun, daging sapi, telur, dan sayuran berdaun hijau gelap.

Selain itu, Willetts juga merekomendasikan agar wanita selalu memenuhi kebutuhan vitamin D harian. Vitamin ini bisa didapatkan dari paparan sinar matahari, ikan salmon, minyak ikan, dan telur.

“Kekurangan vitamin D dikaitkan dengan depresi dan gangguan suasana hati lainnya,” ujarnya.

Mulai saat ini, berhentilah menjalani diet yang terkesan menyiksa diri. Akan lebih baik bila Anda mengubah metode diet yang dijalani agar benar-benar sesuai dengan keinginan dan tujuan yang ingin Anda raih.

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar