Sukses

Kenali Manfaat Astragalus untuk Kesehatan

Apa saja manfaat dari tanaman astragalus untuk kesehatan? Simak fakta medisnya di sini.

Klikdokter.com, Jakarta Beberapa bahan makanan dipercaya memiliki manfaat kesehatan yang signifikan untuk tubuh Anda. Salah satu dari sekian banyak yang diyakini baik dan memiliki khasiat adalah astragalus. Tanaman yang memiliki nama Latin Astragalus membranaceus ini masuk ke dalam keluarga Fabaceae, dari subfamili Faboideae. Genus ini berasal dari daerah beriklim dari belahan bumi utara.

Astragalus bisa mencapai tinggi sekitar 15-50 cm. Tanaman tersebut memiliki batang bercabang dengan daun berbentuk oval.  Astragalus sering dipakai dalam pengobatan Tiongkok, bahkan dipercaya lebih mujarab ketimbang ginseng.

Dilansir dari Healthline.com, meskipun ada lebih dari 2.000 spesies astragalus, hanya dua yang terutama digunakan dalam suplemen. Selain Astragalus membranaceus, masih ada Astragalus mongholicus.

Secara khusus, akar tanaman dibuat menjadi berbagai bentuk suplemen, termasuk ekstrak cair, kapsul, bubuk, dan teh. Tak sedikit juga yang diproses menjadi cairan suntikan untuk keperluan rumah sakit. Meski demikian produk ini masih jarang.

Akar astragalus mengandung banyak senyawa tanaman aktif, yang diyakini mengandung beragam manfaat dan potensi. Misalnya, senyawa aktif tanaman ini dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mengurangi peradangan.

Perlu dilakukan penelitian mendalam guna menemukan manfaat dari sejumput tanaman ini lebih spesifik. Secara garis besar, manfaat Astragalus bagi kesehatan adalah sebagai berikut.

  1. Meningkatkan sistem ketahanan tubuh

Astragalus mengandung senyawa tanaman yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Beberapa bukti menunjukkan bahwa astragalus dapat meningkatkan produksi sel darah putih yang berfungsi untuk mencegah penyakit.

Pada penelitian yang dilakukan terhadap tikus yang terinfeksi, akar astragalus terbukti membantu membunuh bakteri dan virus dengan infeksi. Meski penelitiannya terbatas, efek yang sama ditemukan pada manusia, yakni membantu mengatasi pilek dan infeksi hati. Walau studi ini menjanjikan, namun masih diperlukan lebih banyak penelitian untuk menentukan efektivitas astragalus dalam mencegah dan mengobati infeksi.

  1. Bermanfaat untuk fungsi jantung

Astragalus dapat membantu meningkatkan fungsi jantung pada mereka dengan kondisi tertentu. Hal ini diperkirakan akan memperlebar pembuluh darah Anda dan meningkatkan jumlah darah yang dipompa dari jantung.

Pada sebuah studi klinis, pasien dengan gagal jantung diberikan 2,25 gram astragalus dua kali sehari selama dua minggu, bersama dengan pengobatan konvensional. Mereka mengalami peningkatan yang lebih besar dalam fungsi jantung dibandingkan dengan mereka yang menerima perawatan standar saja.

Kemudian dalam studi lain, pasien dengan gagal jantung menerima 60 gram per hari astragalus bersama dengan pengobatan konvensional. Mereka juga mengalami perbaikan gejala yang lebih signifikan daripada yang hanya menerima perawatan standar.

Selain itu, beberapa penelitian menunjukkan bahwa astragalus dapat mengurangi gejala miokarditis, suatu kondisi peradangan pada jantung. Namun, temuan ini beragam dan tidak bisa disamakan secara keseluruhan.

  1. Mengurangi efek samping kemoterapi

Kemoterapi memiliki banyak efek samping negatif. Namun berdasarkan sejumlah penelitian, astragalus dapat membantu meringankan kondisi tersebut. Sebagai contoh, satu studi klinis pada orang yang menjalani kemoterapi menemukan bahwa astragalus mengurangi rasa mual sebesar 36 persen, muntah 50 persen, dan diare 59 persen.

Selain itu, satu studi klinis menunjukkan bahwa mengonsumsi 500 mg astragalus tiga kali seminggu dapat menurunkan kelelahan ekstrem yang terkait dengan kemoterapi. Hal ini masih diuji coba oleh penelitian guna mendapatkan temuan yang lebih akurat.

Selain tiga manfaat tersebut, masih ada sederet manfaat kesehatan lainnya dari astragalus. Misalnya, menstabilkan gula darah, meningkatkan fungsi ginjal, serta sebagai antikanker dan antialergi.

[HNS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar