Sukses

Jangan Abaikan 5 Aroma Tubuh Ini

Hati-hati, beberapa aroma tubuh ternyata menandakan gangguan kesehatan tertentu. Cek penjelasannya di bawah ini.

Klikdokter.com, Jakarta Nyatanya, aroma tubuh bisa menjadi penanda atas kondisi kesehatan Anda. Aroma atau bau tersebut tak hanya dirasakan oleh Anda sendiri, melainkan orang lain. Maka dari itu, memperhatikan aroma tubuh sendiri sangatlah penting.

Bagi orang Indonesia, mandi merupakan kegiatan yang sangat penting dan tidak boleh dilewatkan. Sebab, mandi dan membersihkan diri dianggap sebagai solusi atas aroma tubuh yang kurang mengenakkan. Pasalnya, udara yang panas dengan kelembapan yang tinggi dapat membuat tubuh cepat berkeringat, lalu menciptakan bau tak sedap.

Berkaitan dengan hal ini, dr. Rio Aditya kepada KlikDokter menjelaskan apa yang terjadi saat Anda mencium aroma tertentu. “Pada dasarnya, indra penciuman Anda berhubungan langsung dengan pusat emosi di otak. Sehingga, hanya dengan sekali mencium aroma atau bau, Anda akan merasakan sesuatu” ujar dr. Rio.

Setiap manusia tanpa disadari memiliki aroma alami tubuh. Namun, hal tersebut perlu diwaspadai jika bau yang tercium tak sedap dan menusuk hidung. Berikut ini adalah aroma tubuh yang perlu Anda waspadai.

  1. Bau badan tidak sedap

Jika mandi tidak bisa menghilangkan bau badan tidak sedap, tandanya Anda kekurangan magnesium. Kandungan mineral yang satu ini berperan sebagai penghilang bau pada organ internal dan juga membantu mengelola bau badan.

Ketika Anda mengonsumsi terlalu banyak kafein, gula dan makanan olahan, level magnesium akan terkuras. Jadi, aturlah pola makan sehat untuk menghindari bau badan tak sedap.

Jika aroma tubuh yang tercium tidak sedap disertai gejala lain seperti kram otot, otot berkedut atau mati rasa dan kesemutan, konsultasikan kepada dokter. Biasanya, Anda disarankan melakukan tes darah sederhana untuk memeriksa kadar magnesium.

  1. Napas berbau

Bakteri umum yang disebut H. pylori dapat berdiam diri dalam sistem pencernaan pada waktu yang cukup lama. Bagi beberapa orang, bakteri ini tidak menyebabkan gejala yang nyata. Namun untuk orang lain, kondisi tersebut bisa begitu sensitif dan menyebabkan GERD, penyakit celiac, sakit mag, dan bahkan kanker lambung.

  1. Hidung yang bau

Bau hidung terjadi untuk berbagai kondisi kesehatan, seperti tetesan postnasal, batu amandel, gigi yang membusuk, infeksi sinus, dan polip hidung. Bila kondisi ini terjadi, saatnya Anda memeriksakan diri ke dokter untuk mencari penyebabnya.

  1. Aroma telinga tidak enak

Jika Anda memiliki kotoran telinga yang sangat bau dan tidak menempel, kemungkinan besar Anda menderita infeksi jenis tertentu, dan itulah yang menyebabkan aroma tajam.

Contoh lain dari hal ini adalah ketika Anda memiliki rambut yang tumbuh ke dalam atau kista. Bagian yang teriritasi atau infeksi tersebut jika pecah dapat memunculkan bau busuk.

  1. Bau kaki

Menurut American Podiatric Medical Association, keringat berlebihan pada kaki sepanjang hari, setiap hari, musim panas dan musim dingin bisa menjadi kondisi langka yang disebut hiperhidrosis. Bagi beberapa orang, bau keringat ini sangat kuat, sehingga kaki mereka benar-benar dibasahi keringat.

Jika kaki Anda selalu berkeringat dan sepasang kaus kaki justru makin memperparah bau tersebut, segera atasi dengan penanganan medis yang tepat.

Atasi bau badan tak sedap dengan cara ini

Aroma tubuh atau bau badan tak sedap dapat mengganggu kenyamanan orang-orang di sekitar Anda juga. Oleh sebab, itu, kondisi ini harus segera diatasi. Sebagai saran, dr. Adeline Jaclyn dari KlikDokter memberikan kiat mengatasi aroma tubuh bermasalah dengan cara berikut:

  1. Mandi yang teratur setiap hari dengan menggunakan sabun antiseptik.
  2. Jika makanan memengaruhi bau badan Anda, hindari konsumsi makanan-makanan dengan aroma yang kuat dan beberapa bahan makanan seperti bawang, bawang putih, makanan berlemak, minyak, dan alkohol.
  3. Mencukur ketiak dapat mengurangi keringat dan bau badan.
  4. Gunakan pakaian berbahan alami seperti katun dan sutera yang tidak menghambat penguapan keringat tubuh.
  5. Gunakan sepatu dan kaos kaki dari bahan alami agar tidak menghambat penguapan keringat tubuh. Pastikan Anda mengganti kaos kaki setiap hari.

Aroma tubuh yang tidak sedap harus segera Anda cari penyebabnya. Karena selain dapat mengganggu orang lain, bau tak sedap juga bisa menjadi tanda adanya gangguan kesehatan yang berbahaya. Ikuti berbagai kiat bebas bau badan di atas agar tubuh Anda senantiasa sehat dan segar.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar